Diperbaharui pada Selasa, 21 Juni 2022 | 17:06

Samsung Galaxy S22 Ultra VS iPhone 13 Pro Max, Menang Tipis!

Samsung Galaxy S22 Ultra VS iPhone 13 Pro Max

Samsung Galaxy S22 Ultra vs iPhone 13 Pro Max adalah pertarungan antara dua hp terbaik dan terbesar di jajaran masing-masing merek.

Samsung memproduksi tiga versi jajaran Galaxy S andalannya, yang terbaru adalah S22, S22+ dan S22 Ultra. Apple, di sisi lain, memproduksi empat iPhone, iPhone standar, iPhone mini, iPhone Pro dan Pro Max.

Dalam perbandingan ini kami akan membandingkan anggota terbesar dari setiap keluarga: Samsung Galaxy S22 Ultra vs iPhone 13 Pro Max.

Dalam kasus Samsung, Galaxy S22 Ultra menawarkan lebih dari sekadar ukuran untuk membedakannya dari saudara terdekatnya, S22+. Ini adalah hp yang sangat berbeda, dengan beberapa fitur tambahan dan kamera yang sama sekali berbeda.

Dalam kasus Apple, iPhone 13 Pro Max lebih sederhana dari versi yang lebih besar dari 13 Pro. Ini hampir identik dengan rekannya yang lebih kecil, meskipun baterai yang lebih besar memang menawarkan masa pakai baterai yang sedikit lebih baik.

Tapi mana yang menang dalam pertarungan Samsung Galaxy S22 Ultra vs iPhone 13 Pro Max? Samsung telah menutup celah di Apple dan kali ini mungkin menjadi yang paling dekat yang pernah Kami lihat.

Kami akan membandingkan dua raksasa di bawah ini pada desain, kinerja, tampilan, kamera, dan harga untuk membantu Anda memutuskan mana yang terbaik untuk Anda.

Satu area yang mungkin paling Anda minati untuk membandingkan kedua hp flagship ini adalah kamera mereka, dan kami akan membahasnya di bawah, tetapi pastikan Anda juga melihat panduan kami untuk hp kamera terbaik.

Desain

Samsung Galaxy S22 Ultra VS iPhone 13 Pro Max

Karena Samsung Galaxy S22 Ultra dan iPhone 13 Pro Max berada di puncak setiap merek, tidak mengherankan jika keduanya sama-sama luar biasa dalam hal desain. Ukurannya hampir sama, S22 Ultra sedikit lebih tinggi tetapi 10g lebih ringan dari Pro Max.

Berukuran 6,4 x 3,1 x 0,4 inci dan berat 8,1 ons, Galaxy S22 Ultra lebih tinggi tetapi lebih ringan dari iPhone 13 Pro Max yang hadir dengan ukuran 6,3 x 3,1 x 0,3 inci dan 8,5 ons.

iPhone 13 Pro Max hadir dengan sudut melengkung tetapi layar tetap datar, sedangkan S22 Ultra hadir dengan desain curve di tepiannya dan membuat tampilan serta nuansanya lebih mencolok juga elegan.

Samsung Galaxy S22 Ultra hanya terlihat dan terasa lebih ramping daripada iPhone 13 Pro Max. Susunan kamera pada Samsung Galaxy S22 Ultra juga terlihat lebih rata dengan desain yang lebih selaras, sementara lensa kamera iPhone diatur dalam blok yang lebih tebal di bagian belakang perangkat.

Samsung Galaxy S22 Ultra VS iPhone 13 Pro Max

Hal lain yang menguntungkan Samsung adalah tidak memiliki lekukan pada layarnya. Ya, poni iPhone 13 Pro Max memang lebih kecil dari sebelumnya, tetapi masih lebih mengganggu daripada lubang punch di Galaxy S22 Ultra.

Model Curve dari S22 Ultra jadi sedikit kelemahan kecil buat monster Android ini, terkadang membuat mengetik dan memindahkan kursor sedikit lebih sulit. Di sisi lain, tepi datar yang dimiliki iPhone 13 Pro Max membuatnya lebih mudah dipegang dan lebih nyaman saat mengetik dan memindahkan kursor. 

Mungkin keputusan yang kontroversial, tetapi kami memberikan putaran pertama dalam pertempuran antara Samsung Galaxy S22 Ultra vs iPhone 13 Pro Max ini kepada Samsung dari beberapa sudut pandang kemudahan penggunaan dan juga keuntungan dalam tampilan.

Layar

Samsung Galaxy S22 Ultra VS iPhone 13 Pro Max

Seperti yang telah Kami lihat, ini adalah hp berukuran sangat mirip, S22 Ultra memiliki layar 6,7 inci (3080 x 1440) dan iPhone 13 Pro Max 6.1 inci (2778 x 1284). Layar Dynamic AMOLED 6,8 inci hanya mengalahkan layar Super Retina OLED 6,7 inci iPhone 13 Pro Max.

Layar S22 Ultra hanya sedikit lebih terang dan mencakup lebih banyak gamut warna sRGB dan ruang warna DCI-P3. Namun, panel Apple tampaknya menawarkan warna yang lebih akurat, dengan skor Delta-E mendekati 0.

S22 Ultra memiliki kecepatan refresh yang maksimal pada 120Hz, tetapi juga dapat diturunkan hingga 1Hz. Skalabilitas dinamis itu membuat kemampuan beradaptasi tanpa batas tergantung pada konten apa yang ada di layar.

Samsung Galaxy S22 Ultra juga memiliki kecepatan refresh yang lebih tinggi untuk game, olahraga, dan konten bergerak cepat lainnya, kemudian kecepatan refresh yang jauh lebih rendah untuk konten statis seperti tampilan teks dan email.

Tambahkan Vision Booster yang mengoptimalkan ketajaman warna terlepas dari tingkat kecerahan, Eye Comfort Shield dan kecerahan puncak 1750 nits mampu menjadikannya layar S22 Ultra paling terang dibandingkan hp Samsung Galaxy S lain.

Samsung Galaxy S22 Ultra VS iPhone 13 Pro Max

Dalam hal spesifikasi murni, iPhone 13 Pro Max tidak dapat bersaing di atas kertas. Layar ProMotion-nya juga memiliki kecepatan refresh maksimum 120Hz , dan dapat diperkecil tetapi hanya serendah 10Hz.

OLEDnya lebih terang dari pendahulunya, tetapi masih belum mengimbangi Samsung. Apple hanya memberi peningkatan kecerahan rata-rata dari 800 nits pada 12 Pro Max menjadi 1000 nits pada versi 13 Pro Max, sedikit lebih rendah dari 1750 nits S22 Ultra.

Bagaimanapun, Galaxy S22 Ultra memang menawarkan opsi untuk memilih antara profil Natural atau Vivid. Jika Anda menonton video, Anda mungkin lebih suka nanti, sementara mungkin akan lebih baik menggunakan Natural jika Anda mengedit foto atau visual lainnya.

Lagi-lagi, secara kualitas tampilan kecerahan dan ketajaman layar, Samsung Galaxy S22 Ultra Kami anggap sedikit lebih baik. Tapi jika Anda ingin yang lebih adem tampilannya, mungkin iPhone 13 Pro Max bisa tetap jadi pilihan.

Kamera

Samsung Galaxy S22 Ultra VS iPhone 13 Pro Max

Galaxy S22 Ultra memasuki pertarungan ini dengan kamera utama 108MP dengan sensor yang lebih besar daripada S21 Ultra yang dirancang untuk membiarkan lebih banyak cahaya. Dilengkapi dengan lensa ultrawide 12MP dan lensa telefoto 10MP ganda yang memberikan Anda hingga 10x optical zoom dan 100x Space Zoom.

IPhone 13 Pro Max mengemas trio lensa 12MP yang mencakup penembak utama, ultrawide, dan telefoto. Apple juga meningkatkan ukuran sensor utama untuk membiarkan lebih banyak cahaya masuk. IPhone 13 Pro Max hanya mendukung 3x optical zoom.

Dalam hal pemotretan mode Malam, Galaxy S22 Ultra menghadirkan gambar yang lebih cerah dan tajam di sini daripada iPhone 13 Pro Max.

IPhone 13 Pro Max memiliki kekuatan bidikan yang baik saat di dalam ruangan, terutama dalam pengambilan gambar close up, di sini Galaxy S22 Ultra terlihat sedikit kualahan dari segi detail dan ketajaman yang dihasilkan.

Galaxy S22 Ultra menawarkan peningkatan potret dengan fitur AI Stereo Depth Map yang memisahkan subjek dari latar belakang dengan lebih baik, tetapi kualitas gambar keseluruhan dalam bidikan ini tidak sebagus iPhone 13 Pro Max, lagi-lagi dalam hal kecerahan serta ketajaman.

Samsung Galaxy S22 Ultra VS iPhone 13 Pro Max

Untuk selfie, kamera 40MP milik Galaxy S22 Ultra punya ciri yang lebih merata di hasil jepretannya, berbeda dengan iPhone 13 Pro Max yang cenderung menghasilkan gambar lebih cerah.

Dari poin to poin di atas, beberapa riset yang kami temukan di kolom reviewer seperti tomsguide, whathifi, nanoreview, hingga android central memberikan penilaian sedikit lebih baik pada iPhone 13 Pro Max.

Meski demikian, keduanya cukup tangguh jika harus dijadikan sebagai alternatif kamera profesional.

Samsung Galaxy S22 Ultra mampu merekam video hingga 8K pada 24fps, sedangkan iPhone 13 Pro Max maksimal pada 4K dan 60 fps. Namun, hanya iPhone yang menawarkan mode Sinematik untuk video.

Galaxy S22 Ultra memiliki mode video potret dengan Fitur Auto Framing memungkinkan hp Samsung melacak hingga 10 orang, menjaga mereka tetap fokus. Samsung Galaxy S22 Ultra memungkinkan Anda memperbesar gambar hingga 10x, sedangkan iPhone 13 Pro Max terbatas hingga 3x.

Ada sedikit kekurangan pada iPhone 13 Pro Max yang cukup jadi sorotan para reviewers tersebut, yakni distorsi yang dihasilkan saat melakukan panning cepat dengan iPhone dibandingkan dengan S22 Ultra.

Samsung Galaxy S22 Ultra VS iPhone 13 Pro Max

IPhone 13 Pro Max memimpin dalam hal warna, mempertahankan warna alami dan warna yang akurat. Ini terlihat dalam bidikan potret, dan meskipun S22 Ultra juga melakukan pekerjaan yang baik, itu tidak cukup pada level yang sama. Demikian pula, iPhone 13 Pro Max terus memimpin dalam hal perekaman video, memberi Anda kemampuan untuk merekam secara native di Dolby Vision. 

Galaxy S22 Ultra adalah hp yang harus dikalahkan jika Anda menginginkan kamera serbaguna. Lensa sudut lebar sama bagusnya di kedua hp, tetapi berkat lensa zoom sekunder, S22 Ultra mengambil bidikan yang lumayan hingga faktor zoom 30x, yang tidak mungkin dilakukan pada iPhone 13 Pro Max. 

Secara keseluruhan dua kamera hp terbaik yang akan Anda temukan hari ini. Kedua perangkat memiliki sensor resolusi tinggi yang mengambil foto brilian dalam situasi yang menuntut, dan tidak ada pemenang langsung di sini. 

Performa

Samsung Galaxy S22 Ultra VS iPhone 13 Pro Max

Galaxy S22 Ultra mengemas prosesor Snapdragon 8 Gen 1 terbaru, yang memberikan peningkatan kinerja yang mencolok, terutama dalam hal grafis. Prosesor 4nm ini jadi prosesor tercepat yang pernah ada di perangkat Galaxy.

Menurut Samsung, kecepatan operasi S22 hingga dua kali lebih cepat dari S21. Tapi itu masih selangkah di belakang iPhone 13 Pro Max dan chip A15 Bionic pada berbagai tes.

Mengutip dari Tomsguide dari sisi pengujian, Geekbench 5, Geekbench ML Tensor Flow Lite (CPU,GPU,NPU), Adobe Premiere Rush, 3DMark Wild Lite Unlimited, dan 3DMark Wild Life Extreme keduanya memiliki skor yang saling mengejar. Beberapa dimenangkan oleh S22 Ultra, beberapa dimenangkan oleh 13 Pro Max.

Samsung Galaxy S22 Ultra VS iPhone 13 Pro Max

Pada benchmark sintetis seperti Geekbench 5, Galaxy S22 Ultra membuntuti iPhone 13 Pro Max baik dalam pengujian single-core maupun multi-core. Pada 3DMark Wild Life, Galaxy S22 Ultra menghasilkan 59,8 frame per detik yang mulus, yang merupakan lompatan besar dari 34 fps pada S21 Ultra, tapi iPhone 13 Pro Max menghasilkan skor yang lebih tinggi.

Galaxy S22 Ultra membutuhkan waktu 47 detik untuk mentranskode klip 4K ke 1080p, yang sekali lagi merupakan peningkatan dari S21 Ultra tetapi masih lebih lambat dari tanda 25 detik dari iPhone 13 Pro Max.

Namun, Galaxy S22 Ultra adalah hp yang kuat, dan sebenarnya terasa sedikit lebih cepat saat beralih antara aplikasi dan menutup aplikasi.

Fitur

Samsung Galaxy S22 Ultra VS iPhone 13 Pro Max

S22 Ultra menjalankan One UI 4.1 berbasis Android 12, dan meskipun tidak ada banyak perubahan visual pada One UI 3.1, Anda akan menemukan semua fitur yang diperkenalkan Google di Android 12, termasuk indikator perekaman, dasbor privasi, tweak di bawah kap, dan banyak lagi. Samsung memiliki versi sendiri dari fitur pemilih warna Android 12, dan berfungsi dengan baik.

IPhone 13 Pro Max diluncurkan dengan iOS 15 dan sekarang beralih ke iOS 15.4. Di antara tambahannya adalah kemampuan untuk menggunakan ID Wajah dengan topeng, sebuah fitur yang telah bekerja selama hampir dua tahun. iOS 15.4 memiliki banyak hal untuk ditawarkan, dan dari sudut pandang fitur, ini setara dengan apa yang Anda dapatkan dengan Android.

Bahkan menurut kami, jika ada satu hp yang hampir memenuhi dominasi iPhone dalam pembaruan perangkat lunak jangka panjang, itu adalah Galaxy S22 Ultra. Dukungan Stylus S-pen juga menjadi pembeda bagi perang kedua hp monster brand besar ini.

Samsung memiliki keunggulan dengan keberadaan S-pen sebagai kunci pengoperasian. Perangkat keras S Pen sendiri telah disesuaikan untuk mengurangi latensi saat Anda menulis di layar S22 Ultra, dari 9ms (biasa pada note dan tablet) menjadi 2,8ms. Menulis terasa jauh lebih halus dan lebih alami, dan itu karena peningkatan komponen tulisan tangan Wacom, yang disempurnakan oleh teknologi prediksi koordinat berbasis AI.

Ketahanan Baterai

Samsung Galaxy S22 Ultra VS iPhone 13 Pro Max

Baterai 5.000 mAh Galaxy S22 Ultra tidak bertahan selama yang kami harapkan dalam pengujian kami. Pada tes baterai yang dihasilkan beberapa reviewers, melibatkan penjelajahan web terus menerus pada kecerahan layar 150 nits, hasil terbaik rata-rata S22 Ultra adalah 10 jam dan 18 menit, dan itu dengan kecepatan refresh adaptif hp dimatikan.

IPhone 13 Pro Max bertahan rata-rata hampir 2 jam lebih lama pada 12:16, yang menempatkannya di daftar hp flagship dengan daya tahan baterai terbaik saat ini.

Namun, Galaxy S22 Ultra menawarkan pengisian daya 45W yang lebih cepat, dibandingkan dengan 20W untuk iPhone 13 Pro Max. Ini adalah perbedaan antara mencapai kapasitas 50% dalam 20 menit vs. 30 menit.

Mana yang Harus Dibeli?

Samsung Galaxy S22 Ultra VS iPhone 13 Pro Max

Aman untuk mengatakan bahwa baik iPhone 13 Pro atau Samsung S22 Ultra bukanlah hp murah, tetapi itu tidak berarti mereka tidak mewakili nilai uang jika Anda menginginkan yang terbaik dari yang terbaik.

Berdasarkan perbandingan ini saya akan mengatakan iPhone 13 Pro Max memiliki keunggulan karena daya tahan baterainya yang jauh lebih lama, kinerja yang lebih cepat, dan kualitas gambar yang lebih baik dalam sejumlah perbandingan. Kamera Samsung menjadi lebih baik, tetapi mereka bukan pemukul iPhone.

Namun, Samsung memiliki keunggulan dalam hal desain, kualitas tampilan, dan keserbagunaan kameranya, terutama kinerja cahaya rendah dan zoom yang lebih kuat. Galaxy S22 Ultra juga dilengkapi dengan S Pen, jika itu adalah keuntungan yang Anda temukan berguna.

Secara keseluruhan, iPhone 13 Pro Max memenangkan kontes ini dengan tipis, tetapi Galaxy S22 Ultra adalah ponsel Android premium terbaik yang dapat dibeli dengan uang karena suatu alasan. 

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1096 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.