Diperbaharui pada Selasa, 21 Juni 2022 | 15:45

Hp dengan Snapdragon 8+ Gen 1, Siapa yang Pertama Rilis?

Hp dengan Snapdragon 8+ Gen 1, Siapa yang Pertama Rilis?Prosesor Snapdragon 8+ Gen 1, Foto: Qualcomm

Banyaknya keluhan mengenai panas berlebih di Snapdragon 8 Gen 1, membuat Qualcomm bergerak cepat. Kini munculah Snapdragon 8+ Gen 1 yang kabarnya sudah siap digunakan beberapa hp terbaru.

Snapdragon 8 Gen 1 merupakan salah satu prosesor flagship yang memiliki performa kuat. Namun tak lama setelah dirilis banyak keluhan mengenai munculnya panas yang berlebih saat penggunaan.

Snapdragon 8 Gen 1 sendiri dipabrikasi oleh Samsung, lalu Qualcomm memilih TSMC untuk membuat lini chipset baru dari Snapdragon 8 Gen 1.

Sampai akhirnya pertengahan tahun ini Qualcomm memperkenalkan generasi terbaru yang diberi nama Snapdragon 8+ Gen 1 (bukan Snapdragon 8 Gen 1+). Salah satu fokus utama selain peningkatan performa adalah dalam hal efisiensi energi.

Pasalnya, performa yang kuat di Snapdragon 8 Gen 1 tidak diimbangi penggunaan daya dan panas yang optimal. Dan Snapdragon 8+ Gen 1 telah memperbaiki masalah tersebut.

Hp dengan Snapdragon 8+ Gen 1, Siapa yang Pertama Rilis?
Untuk performanya meningkat hingga 10 persen dengan efisiensi daya 30 persen lebih baik. Kecepatan tertinggi kini mencapai 3.2 GHz dibanding 3.0 GHz di Snapdragon 8 Gen 1.

Prosesor Snapdragon 8+ Gen 1 juga mendukung RAM LPDDR4 hingga 16 GB dan penyimpanan UFS 3.1. Mampu mendukung layar QHD+ hingga refresh rate 144 Hz dan 4K di 60 Hz, serta proses rendering 10-bit dan HDR 10+.

Artinya, hp yang sudah menggunakan prosesor Snapdragon 8+ Gen 1 akan memiliki performa lebih powerful namun tetap efisiensi daya dan bisa mengurangi panas berlebih.

Bahkan beberapa brand sedang menyiapkan hp dengan Snapdragon 8+ Gen 1. Masing-masing saling mengklaim menjadi hp pertama yang menggunakan chipset terkuat tersebut. Apa saja hp yang akan menggunakan Snapdragon 8+ Gen 1?

Hp dengan Snapdragon 8+ Gen 1

Berikut beberapa hp yang kabarnya akan ditenagai Snapdragon 8+ Gen 1 :

ROG Phone 6

Tidak lama setelah Qualcomm mengumumkan perilisan chipset terbaru, ASUS langsung bergerak cepat dengan mengklaim siap menghadirkan ROG Phone 6 yang akan menjadi hp gaming pertama yang memakai Snapdragon 8+ Gen 11.

realme GT 2 Master Explorer Edition

realme GT 2 Master Explorer Edition juga kabarnya akan menjadi salah satu hp dengan prosesor Snapdragon 8+ Gen 1. Beberapa bocoran spesifikasi dari hp realme ini menggunakan layar QHD+ AMOLED 6,7 inci, refresh rate 120Hz dan kecerahan 1,400 nits.

iQOO 9T

iQOO juga ikut meramaikan hp yang menggunakan prosesor Snapdragon 8+ Gen 1 melalui seri iQOO 9T. iQOO merupakan sub brand dari vivo yang lebih menyasar pada segmen high-end.

Xiaomi 12 Ultra

Berdasarkan bocoran dari blogger Digital Chat Station, Xiaomi siap memperkenalkan Xiaomi 12 Ultra yang menggunakan Snapdragon 8+ Gen 1. Xiaomi 12 Ultra sendiri akan menjadi hp Xiaomi yang mempunyai kamera flagship setelah berkolaborasi dengan Leica.

Xiaomi 12S Pro

Xiaomi 12S Pro yang memiliki codename ‘Unicorn’ ini akan menjadi suksesor dari Xiaomi 12 Pro. Hp ini juga siap ditenagai prosesor Snapdragon 8+ Gen 1. Spesifikasinya berlayar 6.73 inci Full HD+, berjenis AMOLED dengan refresh rate 120Hz dan 480Hz touch sampling rate.

Itulah beberapa hp yang kabarnya akan ditenagai prosesor Snapdragon 8+ Gen 1. Bahkan di dunia maya sudah banyak daftar hp yang akan menggunakan prosesor terkuat tersebut.

Sayangnya belum ada informasi lebih detail mengenai spesifikasi lengkap dan juga jadwal perilisannya. Jadi kita tunggu saja informasi berikutnya.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2007 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.