Diperbaharui pada Rabu, 27 April 2022 | 14:38

Fitur Kamera Samsung Galaxy S22 Ultra 5G untuk Para Vlogger dan Youtuber

Fitur Kamera Samsung Galaxy S22 Ultra 5G

Samsung Galaxy S22 Ultra 5G telah menerima peningkatan yang signifikan di departemen kamera, terutama dalam hal stabilisasi dan sinematografi. Terbukti dari beberapa pengguna yang mengkreasikan kameranya untuk membuat video.

Banyak penggemar yang menyukai fitur Samsung Galaxy S22 Ultra 5G untuk dijadikan kamera utama dalam pengambilan scene film. Apalagi Samsung juga telah membuat web series yang direkam menggunakan smartphone tersebut, bertajuk My New Rules of Journey.

Bicara soal film atau video, dengan kestabilan yang dimiliki Samsung Galaxy S22 Ultra 5G ini cukup ampuh jika dijadikan senjata utama para Travel Vlogger. Mengacu dari fungsi utama sebagai Smartphone, Galaxy S22 Ultra 5G juga dibekali sistem kamera terbaik.

Samsung Galaxy S22 Ultra 5G 5G ini memiliki empat kamera yang jadi andalan, yakni lensa Wide 108MP, lensa Ultra-Wide 12MP, lensa Telephoto 10MP dengan 3x Optical Zoom, dan lensa periskop 10MP dengan 10x Optical Zoom. Sedangkan di bagian depan terdapat lensa 40MP dengan sudut penglihatan mencapai 80 derajat.

Menariknya, kamera utama 108MP sudah dibekali ISOCELL HM3, sebuah sensor yang dilengkapi dengan OIS atau Optical Image Stabilization. OIS tidak hanya ada di kamera utama, tapi juga di lensa telephoto dan periskop.

Fitur Samsung Galaxy S22 Ultra 5G Bikin Video Vlogger Lebih Smooth

fitur kamera samsung galaxy s22 ultra 5g

Fitur Samsung Galaxy S22 Ultra 5G juga cukup lengkap, yakni Video Pro, Super Steady, dan Video Portrait. Selain fitur-fitur tersebut ada beberapa fitur yang sangat penting perannya jika Anda adalah seorang travel vlogger ataupun food vlogger dengan variasi video di Youtube, mulai dari Director's View, Food Mode, hingga Cinematic Movement.

Director's View

fitur director view kamera samsung galaxy s22 ultra 5g

Mode Director's View memungkinkan Anda merekam dari beberapa lensa kamera secara bersamaan.

Fitur ini tak asing di hp flagship Samsung Galaxy S22 Ultra 5G karena memang sudah pernah dihadirkan pada seri Samsung Galaxy S21 sebelumnya, hanya saja faktor kualitas gambar lebih baik yang menjadikan pembeda.

Fungsinya yang mampu membuat Galaxy S22 Ulta merekam dengan kamera depan dan belakang secara bersamaan ini menjadikan Anda mampu untuk mengubah layout layar saat kamera berjalan.

Keuntungan bagi para vlogger dengan perekaman ganda adalah selain mendapatkan video yang berkualitas, gaya pengambilan juga lebih menarik dan lebih detail.

Anda bisa secara langsung memunculkan wajah sang creator atau vlogger dengan setiap orang yang diajak berinteraksi tanpa membutuhkan dua kamera dengan sistem editing.

Food Mode

fitur food mode kamera samsung galaxy s22 ultra 5g

Food Mode atau Mode Makanan adalah fitur yang membantu Anda mengambil gambar hidangan favorit menjadi lebih baik. Food Mode ini akan secara otomatis menyesuaikan pewarnaan untuk membuat hidangan Anda terlihat lebih lezat.

Food Mode ini tentunya sangat berguna, tidak hanya food vlogger, bahkan Gen Z atau para milenial yang gemar memamerkan beragam jenis makanan mereka sebelum disantap untuk ditampilkan di Instagram, pastinya akan sangat menyukai keberadaan mode ini.

Terlebih Food Vlogger dan juga Food Photography sedang ramai saat ini. Apalagi, berbagai studi menunjukkan, memotret makanan dapat membuat orang lebih menikmati makanan tersebut ketimbang langsung menyantapnya tanpa mengabadikannya terlebih dahulu.

Dengan Food Mode, Anda bisa mengatur color temperature dari foto untuk memberikan ambience tertentu sesuai keinginan Anda. Anda juga bisa memberikan efek blur di sekeliling makanan untuk menghasilkan foto yang lebih menarik dan menggugah selera.

Anda juga bisa memanfaatkan pengambilan Macro untuk mendapatkan kualitas gambar yang super tajam, meski kami rasa penggunaan food mode untuk memotret makanan sangat lebih dari sekedar mengesankan.

Cinematic Camera Movement

fitur cinematic camera samsung galaxy s22 ultra 5g

Cinematic Camera Movement Galaxy S22 Ultra 5G 5G menghasilkan rekaman yang begitu smooth dan minim getaran. Anda juga dapat mengatur sendiri tools yang ada di mode Pro ini untuk menciptakan video sinematik.

Pro Mode bisa membuat video jadi lebih terang atau gelap dengan pengaturan ISO dan shutter speed, atur white balance agar hasilnya lebih warm atau cool, sampai atur fokus secara manual.

Pengguna dapat dengan mudah mengikuti pergerakan karakter maupun merekam sambil bergerak dengan begitu stabil. Dengan Samsung Galaxy S22 Ultra 5G ini, Anda bisa leluasa melakukan berbagai macam manuver, selain zoom in dan zoom out yang terkesan monoton.

Dengan begitu, pengguna dapat berkreasi dengan rekaman adegan video yang bikin alur cerita lebih hidup. Berbeda dari seri terdahulu, Samsung Galaxy S22 Ultra 5G 5G dirancang untuk menghasilkan konten video memukau dengan efek yang lebih sinematik berkat fitur Auto FPS.

Dengan fitur ini, sistem kamera akan menyesuaikan frame rate video secara otomatis tergantung intensitas cahaya yang ditangkap oleh sensor kamera. Secara default, Auto Framerate video akan direkam pada kecepatan 60 FPS apabila cahaya yang diterima terbilang terang.

Keberadaan fitur Super Steady yang memadukan hardware (OIS) dan software (EIS) memberika hasil rekaman mulus, bahkan saat pengguna berjalan cepat atau berlari dalam melakukan pengambilan gambar, ini sering terjadi pada beberapa video Travel Vlogger atau reality show.

Lalu, kemampuan Nightography memastikan hasil rekaman begitu vivid dan terang di kondisi low light. Samsung Galaxy S22 Ultra 5G juga bisa merekam dengan format HDR10+ dan melihatnya dengan kualitas terbaik seutuhnya di layar Dynamic AMOLED 2X.

Fakta Kamera Samsung Galaxy S22 Ultra 5G

fitur kamera samsung galaxy s22 ultra 5g

Keberadaan Qualcomm Spectra terbaru pada prosesor Snapdragon 8 Gen 1 yang didukung teknologi Snapdragon Sight sekaligus menjadi ISP 18-bit pertama dari Qualcomm, mampu membuat kamera Samsung Galaxy S22 Ultra 5G 5G dapat merekam gambar dengan detail yang menakjubkan, serta cakupan warna lebih dari 1 miliar pada pengambilan video HDR 8K.

Lebih lanjut terungkap bahwa Galaxy S22 Ultra 5G lebih baik dalam menstabilkan video, tepatnya 58%. Fitur Wide Shift OIS yang dikombinasikan dengan beragam AI cukup membantu secara efektif mengurangi guncangan kamera sebanyak 4 kali jika dibandingkan dengan S21 Ultra.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1655 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.