Diperbaharui pada Rabu, 23 Maret 2022 | 12:25

realme Buds Air 3 vs Apple AirPods Pro, Saat Harga Tak Lagi Berbicara

realme Buds Air 3 vs Apple AirPods Pro

Berbicara TWS dengan ANC, tentunya tidak akan bisa lepas dari Apple Airpods dan kini realme Buds Air 3 sang penerus generasi Buds Air terbaru juga memiliki fitur ANC.

Kedua produsen ini cukup dikenal aktif dalam menelurkan produk TWS beberapa tahun terakhir. Dan pada kesempatan kali ini, kebetulan berkesempatan langsung untuk menengok dan mencoba kedua unit ini sekaligus.

Ada beberapa hal yang membuat kami cukup tercengang dengan hasil yang kami dapat, baik melalui data yang kami kumpulkan ataupun lewat pengujian yang kami lakukan.

Duel Rasa TWS Premium

realme Buds Air 3 vs Apple AirPods Pro

Secara desain keduanya hadir dengan model In-Ear Headphones yang dilengkapi beberapa pilihan eartips berbeda ukuran.

Tapi jika bicara tentang karakter In-Ear Earbuds Fittings yang dimiliki, realme Buds Air 3 lebih nyaman. Ukuran eartips yang diberikan juga sangat pas dan tidak membuat otot penopang di area telinga kelelahan selama penggunaan dalam waktu yang lama.

Mata kami tertuju pada desain transparan dengan logo realme yang cukup menarik. Desain ini tentunya tidak dimiliki oleh Apple AirPods Pro, hanya saja di sisi ini Apple terlihat unik dengan menghadirkan sebuah sistem mikrofon yang menghadap keluar. Tapi tetap saja, tampilan TWS realme ini bisa dibilang unggul dalam hal memanjakan mata.

Masih berada di seputar desain, Apple AirPods Pro hadir dengan karakter membulat serta lekukan yang tegas. Di sisi lain, realme Buds Air 3 memiliki desain in-ear yang lebih terkesan pipih, dan ini cukup membuat sekitaran lubang telinga lebih nyaman dibandingkan model bulat penuh saat penggunaan.

Berlanjut ke urusan software atau aplikasi pendukung, Apple AirPods Pro dibekali sebuah DSP yang dikenal dengan sebutan Adaptive EQ. Dengan keberadaan DSP ini, pengguna dapat mengatur setiap karakter suara yang diinginkan. 

Sayangnya, pengaturan DSP ini tidak bisa dinikmati saat menggunakan Android.

realme Buds Air 3 vs Apple AirPods Pro

Lain hal dengan realme, keberadaan DSP Buds Air 3 dihadirkan dalam bentuk aplikasi realme Link yang kompatible di Android dan Apple serta bisa di dapatkan di Play Store maupun AppStore.

Dengan realme Link, pengguna bisa dengan mudah mengontrol dan memaksimalkan TWS realme melalui aplikasi.

Buds Air 3 menyediakan tiga preset equalizer yang bisa dipilih di aplikasi realme Link, yaitu Bass Boost+, Balanced, dan Bright. Mode Bass Boost+ lebih dominan bass, lalu mode Balanced lebih seimbang antara suara bass, treble, dan mid.

Urusan kontrol dan memaksimalkan pasti tidak akan mudah jika TWS tidak memiliki Noise Cancelling yang baik. Beruntungnya, keduanya diberkahi dengan fitur anti bising tersebut.

Klaim Apple menyatakan AirPods Pro mampu meredam kebisngan 200x lebih baik dalam 1 detik, tapi realme Buds Air 3 memiliki teknologi ANC (Active Noise Cancellation) 42dB-, dan ini jadi yang tertinggi di industri TWS saat ini.

realme juga memperkuat keberadaan Active Noise Cancellation yang dimiliki Buds Air 3 dengan dual mic noise cancellation dan sertifikasi TUV Rheinland lewat 10 skenario pengujian untuk melihat kehebatan anti bisingnya.

realme Jedag-Jedug, Apple Garing!

realme Buds Air 3 vs Apple AirPods Pro

Dari data, yang kami rasanya belum lengkap jika tidak mengatakan hasil pengujian atau coba-mencoba yang kami lakukan terhadap keduanya.

Dimulai dengan Apple AirPods Pro, menurut telinga kami profile suara yang dihasilkan clear, crispy dan balanced, ini juga dibantu dengan Digital Signal Processing yang Apple sebut Adaptive EQ. Tapi ini cukup membuat nuansa jadi garing, dan mengingatkan kami pada jenis TWS pada umumnya.

Terlepas dari itu, mode pengaturan noise canceling nya cukup beragam, itupun jika Anda adalah seorang pengguna iPhone. Tapi jika digunakan untuk Android, agak sulit melakukan mode pengaturan tersebut meski pairing berjalan dengan baik dan bisa tersambung untuk musik dan juga telepon.

Di luar ruangan, penggunaan masih berada pada posisi aman, tapi sedikit tidak terkontrol ketika digunakan untuk berkendara, meski tidak disarankan.

Tingkat garing makin terlihat ketika kami merasa seperti kehilangan sentuhan bass pada AirPods Pro, dan ini sangat mengubah moment terutama ketika mendengar musik dan menonton film, terkesan flat.

Berpindah dengan menggunakan realme Buds Air 3, kami bisa ucapkan selamat tinggal Garing dan selamat datang jedag-jedug.

realme Buds Air 3 vs Apple AirPods Pro

Dynamic basss yang dijanjikan sangat terasa, kemampuan dolby yang dimiliki juga menyeliputi telinga dengan apik. Pengaturan audio sangat mudah di segala platform, baik Android dan juga Apple.

Ketebalan suaranya lebih nonjok menurut kami, ini mungkin karena super low latency 88ms yang dimiliki. Uniknya, Buds Air 3 ini bisa dikoneksikan ke dua device sekaligus.

Dan itu sudah kami coba langsung ke hp dan laptop sekaligus. Kalau AirPods Pro kami coba gunakan berkendara, maka sama dengan Buds Air 3 yang juga kami gunakan untuk berkendara.

Hasilnya berbeda dengan AirPods Pro yang terkesan memecah, dengan anti-wind technology yang dimiliki, Buds Air 3 dari realme ini masih nyaman untuk berkendara.

Sekali lagi, meski dilarang, kami mencoba keduanya baik AirPods Pro dan juga Buds Air 3 mengendarai motor dengan dan tanpa helm. Tapi pengujian ini tidak kami lakukan dalam jarak yang jauh, hanya berada di sekitar kantor Pricebook.

Sebagai catatan, kedua produk ini memiliki tigkatan noise canceling yang sangat baik dalam ruangan dan juga di dalam mobil.

realme Buds Air 3 vs Apple AirPods Pro

Jika Apple AirPods hanya bisa dikendalikan dengan device Apple, lain hal dengan Buds Air 3 yang bisa di kontrol dan dikendalikan di berbagai device. Terlebih, Buds Air 3 juga mendukung audio AAC berkualitas tinggi.

AAC atau Advanced Audio Coding merupakan standar kompresi audio digital yang  memiliki kualitas suara lebih baik dari MP3. AAC sendiri banyak digunakan pada perangkat Apple.

Jadi, pengguna produk Apple yang menggunakan Buds Air 3 tetap mendapatkan audio berkualitas karena sudah mendukung codec AAC, bahkan jauh lebih berkualitas dengan karakter yang diusung Buds Air 3.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk Buds Air 3
Type Earbuds
Sensitivity 42 dB
Cable Length -
Weight -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kami menggunakan keduanya dalam kurun waktu yang cukup, total daya full masing-masing bisa digunakan dalam selisih waktu yang sedikit. Apple AirPods bertahan selama 4 jam 30 menit, sedangkan realme Buds Air 3 bertahan hingga 4 jam 32 menit dalam mode active noise cancellation on.

Sedangkan dalam mode transparancy, realme mampu bertahan 2 jam lebih lama dibandingkan Apple AirPods Pro. Apple memiliki daya total pemutar hingga 24 jam atau 20 jam dalam kemampuan uji kami. Di sisi lain, realme memiliki total daya 30 jam yang mengembang menjadi di atas 30 jam penggunaan jika menggunakan transparancy.

Kedua perhitungan total daya tersebut sudah termasuk baterai yang terdapat di dalam case.

Kesimpulan

realme Buds Air 3 vs Apple AirPods Pro

Penawaran fitur yang hampir serupa dari kedua produk Apple AirPods Pro dan realme Buds Air 3 ini sangat memanjakan pengguna.

Jika dibandingkan dari segi harga realme Buds Air 3 yang hanya Rp 600 ribuan, dan Apple AirPods Pro berada di level harga yang cukup tinggi yakni Rp 4 jutaan, jelas membeli realme Buds Air 3 menjadi sangat menguntungkan.

Dari segi suara, mungkin beberapa dari kalian memiliki kecintaan terhadap suara jernih yang garing khas AirPods Pro bisa menjadikannya sebagai pilihan.

Tapi bagi kalian yang berjiwa semangat dengan karakter musik beragam, karakter suara nonjok yang dihasilkan realme Buds Air 3 cukup bisa dijadikan rekomendasi.

Dari pengujian yang kami lakukan sepertinya sedikit terjawab kenapa realme menyebut produknya sebagai New Flagship Killer ANC TWS. Bagi kalian yang ingin memilikinya bisa langsung kunjungi Shopee.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1172 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.