Diperbaharui pada Senin, 4 Mei 2020 | 15:51

Cara Menggunakan Aplikasi 10 Rumah Aman untuk Cegah Covid 19

aplikasi 10 rumah aman
Kantor Staf Presiden (KSP) bersama Kementerian Kominfo kini telah berhasil membuat aplikasi yang bernama aplikasi 10 Rumah Aman Kominfo. Aplikasi yang berbasis komunitas ini bisa dipakai oleh seluruh masyarakat di Indonesia untuk menghadapi virus Corona yang saat ini kian merebak penularannya. 

Pemerintah mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama dalam menghadapi wabah Covid 19 Indonesia. Sesuai dengan jiwa bangsa Indonesia yakni saling bergotong royong dan juga berbagi. Seperti itulah tujuan dari dibuatnya aplikasi ini. 

Tentang Aplikasi 10 Rumah Aman

Seperti yang Kita ketahui, update Corona sendiri kian meningkat setiap harinya. Pasien Corona pun sudah semakin banyak. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini bisa menciptakan efek berantai dalam memutus penyebaran tentang virus Corona tersebut.

Dimulai dengan cara yang sederhana yakni pendekatan berbasis komunitas yang dimulai dari rumah Kita sendiri-sendiri. Kemudian berlanjut ke yang terdekat dari rumah Kita yakni rumah depan, belakang, kanan, dan kiri.

Aplikasi 10 Rumah Aman Kominfo sendiri sudah memakai teknologi AI atau Artificial Intelligence yang dapat menghubungkan data berbasis peta dan juga lingkungan sekitar. Data tersebut nantinya dihubungkan lewat perangkat smartphone atau tablet yang terhubung dengan platform media sosial.

Dengan adanya teknologi Artificial Intelligence pada aplikasi 10 Rumah Aman Kominfo tersebut dapat membantu masyarakat dalam memeriksa secara mandiri memakai alat diagnosis kecerdasan buatan. Aplikasi ini juga bisa menampilkan peta guna menghindarkan diri dari paparan virus Corona.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa Anda gunakan untuk memastikan masyarakat agar tetap berada di dalam rumah. Baik itu dalam melakukan berbagai aktivitas seperti bekerja, beribadah, maupun belajar. Anda bisa saling mengingatkan dan menjaga supaya senantiasa dalam keadaan sehat dengan menerapkan jarak aman. 

Cara Menggunakan Aplikasi 10 Rumah Aman Kominfo

cara menggunakan aplikasi 10 rumah aman
Melalui hadirnya aplikasi 10 Rumah Aman, tentu pemerintah mengharapkan apreasiasi dan respon baik dari masyarakat ditengah-tengah mewabahnya virus Corona. Dengan begitu, Anda perlu selalu siap dan waspada agar tidak ikut tertular virus tersebut.

Terlebih Pemerintah Pusat sudah memberikan himpauan kepada masyarakat untuk melakukan sosial dan psysical distancing. Bagi mereka para pekerja pun sangat dianjurkan untuk bekerja dari rumah, begitu pula dengan para pelajar. Untuk itu, cukup penting keseharian Anda ditemani dengan aplikasi 10 Rumah Aman Kominfo.

Aplikasi ini hadir dengan versi 2.0.0 dan kapasitas sebesar 10 MB yang saat ini sudah terinstal tak kurang dari 1000 kali. Aplikasi ini juga sudah mendukung penggunaan perangkat Android dengan versi 4.4 ataupun versi di atasnya. Untuk menggunakan aplikasi tersebut Anda bisa menggunakan beberapa cara berikut:

1. Unduh aplikasi terlebih dahulu

Langkah pertama untuk memakai aplikasi ini adalah dengan mengunduhnya terlebih dahulu. Untuk mengunduhnya, Anda bisa mengunjungi web atau situs yang menyediakan aplikasi tersebut. Namun, Anda juga bisa menemukannya di Google Play Store.

Jika sudah, Anda bisa mulai melakukan penginstalan dan tunggu hingga penginstalan berhasil dilakukan. Aplikasi ini sendiri hanya tersedia bagi perangkat Android.

2. Lakukan registrasi atau pendaftaran

Langkah selanjutnya untuk menggunakan aplikasi ini adalah dengan melakukan registrasi atau pendaftaran. Setelah membuka aplikasi tersebut maka pilih Daftar Sekarang dan lakukan proses pendaftarannya.

Anda bisa melakukan pengisian data pribadi yang diperlukan. Seperti nama, nomor hp, alamat atau lokasi, serta data-data yang dibutuhkan lainnya. Apabila Anda telah berhasil melakukan pengisian maka Anda bisa pilih Register. 

Anda sebagai pengguna aplikasi tersebut akan diberi nama sebagai Pejuang Aman, yang mana secara bersamaan melindungi keluarga maupun lingkungan sekitar dari potensi menyebarnya virus Corona di Indonesia.

3. Lakukan pengisian email dan kata sandi

Jika proses registrasi berhasil Anda lakukan, maka aplikasi akan secara otomatis menampilkan laman selanjutnya. Dengan begitu, Anda akan menuju laman yang memungkinkan untuk melakukan pengisian data email dan juga kata sandi seperti sebelumnya yang sudah Anda daftarkan. Langkah selanjutnya, Anda bisa menekan tombol Login.

4. Mulai gunakan aplikasi

Untuk mulai menggunakannya, Anda bisa menekan ikon tiga garis vertikal di pojok kiri atas. Di sana ada banyak fitur yang tersedia untuk Anda pakai. Terdapat pula berbagai langkah yang perlu Anda terapkan saat memakai aplikasi tersebut.

Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan tersebut yaitu dengan mengecek suhu tubuh, baik itu dengan ataupun tanpa thermometer. Kemudian gerakan masak, makan dirumah, dan berbagi.

Kelebihan Memakai Aplikasi 10 Rumah Aman

Aplikasi 10 Rumah Aman memiliki beberapa kelebihan, diantaranya, Anda dapat melakukan pemeriksaan mandiri serta memantau peta persebaran bagi mereka yang memiliki suhu tubuh normal maupun suhu tubuh di atas normal.

Melalui aplikasi ini juga, Anda bisa memantau mereka yang sedang menjalani isolasi mandiri maupun masa perawatan virus Corona. Dengan begitu Anda bisa memperoleh upaya perlindungan diri yang dimulai dari lokasi terdekat Kita. Mulai dari rumah sendiri kemudian samping kanan, samping kiri, rumah depan, hingga rumah belakang.

Aplikasi 10 Rumah Aman Kominfo juga menyediakan informasi terkini yang bisa Anda akses dengan mudah. Dengan begitu, maka setiap orang dapat merasakan kenyamanan meski mereka harus menjalani banyak aktivitas di rumah saja. Aplikasi 10 Rumah Aman menyediakan toko daring/ dalam jaringan yang menjajakan berbagai kebutuhan sehari-hari.

Anda juga bisa mendapatkan berbagai kebutuhan yang Anda perlukan tersebut dengan harga resmi tanpa adanya permainan harga yang dilakukan. Contohnya saja bahan makanan yang dijual dari beberapa petani seperti TaniHub, Sayur Box, hingga8Villages.

Aplikasi 10 Rumah Aman juga menyediakan fitur donasi bersama Wahid Foundation, konsultasi kesehatan dari Prixa, obat obatan serta alat kesehatan dari Mediv-Kimia Farma, Kimia Farma, DAV, Alfamind, Alfa Group. Terdapat pula konten kolaborator anak negeri yakni Kennedy Voice Berliner, DISRUPTO, Compro, dan juga WIR Group.

Lebih dari itu, melalui aplikasi ini juga akan memudahkan Anda karena aplikasi ini sudah terintegrasi dengan sejumlah aplikasi yang lainnya seperti Alodokter, Halodoc, Good Doctor, SehatQ, Sahabatdokter, Sehatpedia, KlikDokter, PeduliLindungi, hingga ChatBot covid19.go.id.

Dengan berbagai fitur dan juga kelebihan dari aplikasi 10 Rumah Aman Kominfo yang dibuat oleh Kantor Staf Presiden (KSP) bersama Kementerian Kominfo tersebut, tentu sangat bermanfaat sekali bagi kita. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dan jangan keluar rumah bila tidak ada kebutuhan mendesak, ya.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1496 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.