Diperbaharui pada Kamis, 16 April 2020 | 21:31

7 Podcast Terbaik Indonesia, dari Curhat, Komedi, Horor Juga!

podcast terbaik indonesia

Mungkin sekarang ini masih ada yang awam dengan sebutan podcast, podcast sendiri adalah rekaman audio yang bisa didengarkan oleh khayalak banyak dengan tujuan hiburan sampai edukasi.

Isinya padat banyak informasi yang sangat bervariasi, membuat podcast bisa dikonsumsi oleh seluruh kalangan baik muda hingga dewasa sebab bisa menambah ilmu pengetahuan.

Di Indonesia sendiri ada jenis podscast terbaik yang biasa ya dijadikan wadah menuangkan kreatifitas yang sering didengarkan oleh khalayak. Banyak orang yang mengira bahwa podcast sama dengan radio, namun nyatanya berbeda podcast lebih ke rekaman dan tidak ada iklan yang menjedanya, juga tidak ada selingan lagi yang panjang.

Bahkan anda sendiri bisa memilih tema sesuai yang anda inginkan di waktu itu, jadi tidak perlu menunggu jadwal seperti di radio-radio.

Kelebihan Dalam Membaca podcast Terbaik 2020

kelebihan podcast

Membaca podcast terbaik di tahun 2020 memang cukup membawa kelebihan, sebab podcast mempunyai kelebihan di bandingkan dengan radio atau dengan rekaman audio MP3.

Banyak Lagu Pilihan

Banyak menyediakan berbagai pilihan podcast yang bisa dipilih sesuai keinginan pendengar, sebab ada ratusan kategori dalam puluhan atau ratusan ribu podcast yang bisa dipilih dengan hobi serta minat anda.

Minim Iklan

Iklan hampir tidak ada, meskipun ada tidak berlebihan layaknya radio, bahkan di radio hampir kita dengarkan 10 menit sekali iklan bahkan ada selingan lagu yang membuat pendengar menunggu dan bosan.

Jadwal Mendengarkan Bebas

Podcast bisa anda dengar sesuai dengan waktu anda, jadi jika anda ingin mendengarkan podcast bis di dengarkan kapan saja, misala jam 5 anda ingin jogging, anda sudah bisa mendengarkan podcast yang disukai, beda kalau di radio jam 5 yang anda dengar instrumennya saja.

Update Episode Baru

Bisa secara otomatis mengetahui episode baru di smsrtphone anda, andaikan anda telah berlanggan pada podcast tertentu, sudah akan ada pemberitahuan bahwa episode yang baru sudah tayang dan secara langsung sudah di download juga siap untuk di dengarkan.

Hapus Otomatis

Podcast yang telah anda dengarkan, bisa dihapus secara otomasi. Disini anda tidap perlu mengeluh akan kehabisn ruang memori anda, sebab menggunakan podcast setelah di baca bisa langsung di hapus, jadi spacememor di smartphone anda akan tetap aman.

Daftar Podcast Terbaik Indonesia 2020

daftar podcast terbaik indonesia

Fenomena adanya podcast di Indonesia sendiri muncul belum lama, sebab awalnya memang podcast booming di luar negeri. Masyarakat Indonesia banyak yang menganggap bahwa podcast semacam radio sebab sama-sama berisikan konten dengan bentuk audio.

Padahal andaikan di pahami lagi, podcast beda dengan radio. Ada banyak jenis podcast yang bisa didengarkan, mulai seputar keuangan, kesehatan, hingga podcast horror sekarang sudah lengkap bisa diakses oleh masyarakat.

1. Rintik Sedu

rintik serindu

Podcast Rintik Sedu merupakan nama pena dari gadis kelahiran Jakarta, 4 Mei 1998 yang sekarang berusia 21 tahun. Dia seorang selebriti internet juga penulis yang bernama asli Nadhifa Allya Tsana, bahkan dia telah berhasil membuat 10 karya dalam bentuk buku serta dikenal aktif dalam membuat podcast yang ditayangkan pada Spotify.

Karyanya lebih tentang kehidupan sehari-hari dengan kemasan yang apik dan menarik. Bahkan Podcast Rindik sedu telah mampu merajai Top Podcast Spotify Indonesia, saking menariknya konten yang disediakan.

Sedangkan buku yang dihasilkannya adalah:

a. Geez & Ann di tahun 2107.

b. Geez & Ann #2 di tahun 2017.

c. Buku Rahasia Geez, di tahun 2018.

d. Kata, di tahun 2018.

e. Buku Minta Dibanting, di tahun 2020.

f. Masih Ingatkah Kau Jalan Pulang, di tahun 2020.

2. Do You See What I see?

do you see what i see

Podcast terbaik selanjutnya di tahun 2020 ini adalah Do You See What I see? Atau singkatan DYSWIS Yang merupakan podcast horror yang ditayangkan oleh Spotify. 

Kumpulan Cerita Horor True Story, bio inilah yang tertulis pada podcast buatan dari laki-laki dengan nama Rizky Ardi Nugroho dan lebih dikenal dengan @mizter.popo. Podcast terbaik yang diunggah pada November 2018 lalu sudah menarik perhatian banyak pendengar podcast di Indonesia.

Bahkan Podcast ini mampu menduduki peringkat perama dalam chart di Spotify dan sudah di dengarkan lebih dari 7,8 juta oraang di spotify. Boomingnya kisah horror di tahun-tahun kemarin semakin membuat sukses podcast horror ini merajai penikmat podcast.

3. Mencekam

podcast mencekam

Melihat namanya saja sudah jelas bahwa ini adalah podcast horror yang banyak didengar oleh khalayak ramai. Temanya lebih kea rah kejadian yang mencekam sehingga bisa membuat para pendengarnya bergidik merinding.

Mencekam sendiri merupakan podcasat dengan drama bergenre horror dengan cerita yang diangkat langsung pada thread story di Kaskus. Podcast ini tayang di Spotify.

4. Pecinta Shalawat

podcast pecinta shalawat

Berbicara tentang podcast terbaik selanjutnya bagi yang agamis bisa mendengarkan podcasat islami dengan nama Pecinta Shalawat. Podcast ini lebih ke pembahasan keagamaan dan tayang di spotify. 

Pecinta shalawat sendiri lebih ke publisg atau postingan yang erat kaitannya dengan kisah parah nabi berserta bacaan-bacaan do’a juga shalawat terhadap Nabi Muhammad SAW. Atau Anda bisa menengok ke dalam artikel Pricebook Rekomendasi Podcast Untuk Temani Ibadah Puasa Ramadan

5. Teman Tidur

podcast teman tidur

Podcast terbaik selanjutnya adalah Teman Tidur dari Dera Firmansyah dengan bio yang dituliskan “teman tidur dengan segudag cerita yang mengantarkan kamu ke dunia mimpi”. Penanyangannya ada di Channel Youtube INDO ID.

6. Makna Talks

podcast makna talks

Podcast terbaik ini digagas oleh anak muda pada perusahaan Makna Creative dan menjadi salah satu podcast lokal yang banyak peminatnya. Perbedaanya dengan podcast yang lainnya adalah podcast ini cenderung terfokus dengan pengalaman penyiaran, bahkan setiap episode di Makna Talkas selaly menghadiran banyak tamu dari berbagai kalangan.

Tema yang dijadikan pembahasan pada podcast ini juga beda dengan podcast lain, mulai dari tema tentang tekanan mental. Kerja keras, juga bisnis kreatif.

7. Podcast Raditya Dika

podcast raditya dika

Berbicara dengan komika yang satu ini pasti sudah bisa dibayangkan bagaimana karya- karya yang dihasilkan dari segi buku bahkan film. Berkaitan tentang hal ini Raditya Dika terjun menuju dunia podcast, bahkan pada podcast paling atas di Spotify nama Raditya Dika tetap bertengger disana.

Sebelum memutuskan terjun di dunia Podcast Raditya Dika dikenal sebagai public figure dengan karya-karya yang sudah di angkat dalam film, sehingga mendorong mereka untuk terus mengembangkan karyanya dan salah satunya dengan menjalankan podcast.

Podcast Raditya Dika memakai nama PORD, dengan informasi yang disediakan berhubungan dengan banyak hal, sebab Radit menghadirkan banyak nasarumber dalam berdialog di berbagai kalangan.

Pemilihan judul juga bermacam-macam, mulai dari keuangan pembahasan dengan Ligwina Hananto, tipsnya yang tidak takut menjalani persalinan, hingga cerita berkaitan tentang Kpoper lamaran dari Alphi Sugoi.

Itulah beberapa podcast terbaik yang bisa anda dengarkan dengan berbagai pembahasan, sehingga bisa memotivasi anda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari bahkan podcast bisa di dengarkan tanpa menunggu waktu lama atau tema khusus, sebab kita bisa meilih sendiri.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1660 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.