Diperbaharui pada Kamis, 22 Juni 2023 | 16:39

7 Aplikasi Gratis Video Time Lapse Kualitas Terbaik

aplikasi video time lapse terbaikFoto: Pexels

Video time lapse adalah sebuah video yang bisa memberikan efek bergerak di satu posisi, menggeser atau memiringkan. Dimana semua gerakan dalam video dibuat dengan efek yang menarik.

Untuk membuat sebuah video time lapse tidak harus menggunakan kamera mahal karena ada aplikasi time lapse untuk hp Android dan iOS (iPhone, iPad) yang bisa diunduh dengan mudah. 

Apa saja aplikasi untuk membuat video time lapse? Simak ulasannya di bawah.

Aplikasi Pembuat Video Time Lapse

Pilihan aplikasi video time lapse memang cukup banyak, tapi kami coba pilihkan 7 yang terbaik, khusus buat kamu!

1. Hyperlapse Instagram

Hyperlapse InstagramHyperlapse Instagram adalah aplikasi pembuat video time lapse yang menakjubkan dan bisa kamu unduh hanya di appstore saja. Fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah kamu bisa menggunakan stabilisasi in-house Instagram.

Kelebihan dari aplikasi Hyperlapse Instagram adalah bisa merekam video time lapse yang tadinya tidak bisa dipoles menggunakan kamera namun bisa dilakukan oleh aplikasi ini hanya dengan menggunakan iphone. kamu tidak perlu menggunakan tripod dan peralatan mahal lainnya. 

Sayangnya fitur stabilisasi aplikasi ini tidak mendukung pada perangkat iphone 6s dan 11 pro. Aplikasi ini dikembangkan oleh Instagram, LLC pada tahun 2014 dan bisa kamu unduh gratis hanya di appstore.

2. Timelapse Pro

Timelapse ProTimelapse Pro membantu kamu dalam membuat video timelapse yang hebat dengan aplikasi yang sederhana. Ada fitur untuk menambahkan lagu ke video kamu, bagikan di YouTube bersama dengan pengguna lain, ekspor ke rol kamera dan menambahkan efek suara untuk menunjukkan aktivitas.

Aplikasi ini bisa diunduh gratis di appstore. Kelebihan dari aplikasi ini adalah memiliki 25 efek video. Beberapa efek yang ditawarkan aplikasi ini adalah Tilt Shift, Amatorka, Miss Etikate, Grayscale, Monochrome, Sepia, Sketch, Vignette.

Namun yang menjadi kekurangan aplikasi ini adalah jika kamu ingin menambahkan efek lain yang lebih profesional, kamu harus melakukan pembayaran sebesar Rp 45.000. Aplikasi ini dikembangkan oleh Apps.bg.

3. Lapse It

Lapse ItLapse It adalah cara edit video time lapse yang sangat mudah. Aplikasi ini dikembangkan oleh Interactive Universe untuk memudahkan kamu dalam membuat sebuah video time lapse. 

Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah membuat time lapse dan proyek stop motion dengan mudah, bisa impor beberapa gambar dan video dari berbagai sumber untuk menyusun video, ada banyak alat pengeditan.

Kelebihan dari aplikasi Lapse It adalah tersedia pratinjau instan dan ekspor cepat video yang telah kamu buat video menjadi UHD 4K + yang lebih menawan.

Sementara untuk kekurangan aplikasi ini adalah ada beberapa efek video yang terkunci dan harus dibeli meskipun aplikasi ini gratis untuk diunduh di AppStore dan Play Store. 

4. Time Lapse Camera

Time Lapse CameraTime Lapse Camera merupakan aplikasi unik untuk menciptakan Selang Waktu, kamu dapat membuat video yang menakjubkan dan mempostingnya di YouTube dengan hanya sekali klik.

Aplikasi ini memiliki fitur untuk menambahkan musik favorit kamu di Timelapse. kamu juga bisa t mengedit ISO dan shooting bisa dilakukan dengan kecepatan rana tinggi (Long Exposure). 

Kelebihan dari aplikasi ini adalah memiliki interface yang sederhana dan intuitif tanpa perlu kehilangan fitur-fitur yang penting. Tidak ada iklan dalam aplikasi yang akan mengganggu kamu ketika menggunakan Time Lapse Camera.

Kekurangan yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah suka tiba-tiba crash dan aplikasinya selalu menutup sendiri. Aplikasi ini juga bisa diunduh di PlayStore maupun Appstore, gratis! .

5. Time Lapse Camera & Video

Time Lapse Camera & VideoManfaatkan salah satu aplikasi untuk membuat video time lapse dari Time Lapse Camera & Video. Dengan aplikasi ini, kamu seolah memiliki semua alat profesional yang dibutuhkan untuk teknik fotografi time lapse.

Fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah bisa menambahkan musik dari smartphone kamu dengan hanya satu klik.

Kelebihan aplikasi ini adalah bisa menangkap bingkai pada resolusi apa pun, selama interval waktu apapun, atur tanggal mulai, tanggal akhir, plus banyak opsi lainnya.

Aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk menyesuaikan frekuensi gambar, tingkat tangkapan kamera dan laju bingkai pemutaran. Sayangnya aplikasi ini sangat penuh dengan iklan. kamu bisa mengunduh aplikasi ini gratis hanya di Play Store. 

6. TimeLapse App

TimeLapse App

TimeLapse App adalah aplikasi pilihan yang sangat bagus untuk membuat dan mengedit urutan time lapse yang hebat pada iPhone kamu.

Fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah bisa melakukan rekam video 4K (atau HD), rekam foto RAW (atau JPEG) dan smart Exposure untuk memastikan tidak ada flicker time lapse.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah adanya banyak filter yang kuat dengan saturasi, kecerahan, kontras, pengaturan pencahayaan, pengaturan gamma, getaran, titik putih dan banyak lagi.

Sayangnya bahasa yang digunakan di aplikasi ini belum ada bahasa Indonesia. Aplikasi yang dikembangkan oleh xyster.net ini bisa gratis diunduh di Appstore namun untuk bisa melakukan edit TimeLapse Unlimited akan dikenakan biaya sebesar Rp 75ribu

7. iTimeLapse Pro

iTimeLapse ProiTimeLapse Pro adalah aplikasi yang memudahkan kamu untuk menangkap serangkaian gambar dengan cepat dan kemudian mengompilasinya menjadi video.

Fitur yang dimiliki oleh aplikasi iTimeLapse – adalah mengedit frame individual, menambahkan trek musik gratis ke video dan render video pada frame rate dan resolusi yang berbeda.

Kelebihan aplikasi ini adalah memudahkan kamu dalam membuat dan menambah beberapa proyek time lapse secara bersamaan dan bisa diunggah langsung ke YouTube, Facebook, Email atau Ekspor ke Camera Roll. 

Sementara kekurangan iTimeLapse adalah hanya tersedia di App Store for iPhone and iPad dan aplikasi ini tidak gratis. Kamu akan dikenakan biaya Rp 45.000 untuk bisa menikmati aplikasi yang dikembangkan oleh Laan Labs.

Tips Cara Membuat Video Time Lapse

Lalu bagaimana sih cara membuat video time lapse dari smartphone itu sendiri? Sebagian besar smartphone memiliki fitur time lapse sendiri.

Untuk merekam video time lapse kamu sendiri, cukup buka kamera di ponsel kamu dan pilih fitur "Time-Lapse". Namun jika tidak ada fitur tersebut, kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi di atas. 

  • Langkah yang paling utama dalam membuat video time lapse adalah kamu perlu menginstal aplikasi setelah mengunduhnya, lalu membukanya. 
  • Pilih mode Intervalometer dan konfigurasikan opsi time lapse sesuai kebutuhan kamu.
  • Tempatkan ponsel kamu di tempat yang aman agar tidak banyak bergerak. 
  • Ketuklah tombol rekam pada aplikasi untuk mulai merekam time laps kamu.
  • Setelah selesai, maka ketuklah layar kamu lagi. 
  • Video kamu akan diputar kembali dan dikompresi ke dalam periode waktu yang lebih pendek untuk efek time lapse.

Ketika video kamu selesai, maka video akan disimpan ke Rol Kamera kamu. kamu dapat dengan mudah mengunggahnya ke media sosial untuk dibagikan, atau mengunggahnya ke Youtube dan sosial media lainnya. 

Dengan adanya aplikasi video time lapse di atas, tentunya kamu tidak memerlukan alat-alat yang cukup merepotkan untuk bisa membuat sebuah video yang menarik.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1659 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.