Diperbaharui pada Senin, 11 April 2022 | 15:00

Daftar Aplikasi Mudik Lebaran yang Wajib Ada di Hp

aplikasi untuk mudikFoto: Pexels

Musim mudik Lebaran akan segera dimulai dan pemerintah telah memberikan izin kepada masyarakat untuk mudik ke kampung halamannya tahun ini, dengan syarat sudah memenuhi kewajiban vaksin dua kali plus booster.

Momen bertemu keluarga di kampung halaman sudah lama menjadi tradisi di Indonesia. Namun perjalanan panjang dan kondisi jalan yang terkadang rusak, bisa menjadi kendala. Bahkan kejadian tidak menyenangkan seperti kerusakan pada kendaraan dapat menghambat perjalanan mudik.

Kini, mudik Lebaran dapat dilakukan dengan lebih aman dan nyaman dengan bantuan berbagai aplikasi yang bisa diunduh di smartphone. Berikut daftar aplikasi yang akan sangat bermanfaat untuk menemani kita selama melakukan perjalanan mudik Lebaran.

Aplikasi Covid-19

aplikasi untuk covid 19Foto: Pexels

Seperti kita ketahui, pandemi Covid-19 belum berakhir dan setiap lapisan masyarakat diharapkan selalu mematuhi protokol kesehatan agar penyebaran virus Corona bisa segera berakhir.

Selama melakukan mudik Lebaran, Anda perlu mempersiapkan beberapa aplikasi yang berhubungan dengan Covid-19 agar kegiatan mudik menjadi lancar dan keluarga selalu terlindungi. Berikut beberapa aplikasi Covid-19 yang wajib Anda miliki di hp.

1. PeduliLindungi

Aplikasi PeduliLindungi adalah aplikasi yang sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap lapisan masyarakat di Indonesia. Selain berfungsi sebagai media informasi, aplikasi ini juga menjadi kunci untuk mengakses berbagai fasilitas umum di Indonesia

Untuk kebutuhan mudik, aplikasi ini juga wajib digunakan sebagai bukti bahwa Anda telah memenuhi kewajiban dua kali vaksin dan satu kali vaksin booster, agar bisa naik transportasi umum seperti kereta api atau pesawat terbang.

2. inaRISK

Aplikasi inaRisk adalah aplikasi yang dibuat oleh BNPB dengan fungsi utama untuk memberikan peringatan kepada masyarakat mengenai suatu bahaya atau bencana. Pembuatannya juga melibatkan banyak kementerian lain yang bergerak di berbagai bidang. 

Diharapkan, aplikasi inaRISK dapat membuat warga menjadi lebih cepat dan sigap untuk bertindak, contohnya pada situasi Covid-19, dimana semua orang ingin menjaga diri dan keluarganya. Anda bisa mendapatkan informasi terkait penyebaran Covid-19 di area tempat Anda berada dengan cepat.

Aplikasi Peta Mudik (Maps)

aplikasi petaFoto: Pixabay

Aplikasi jenis ini wajib ada untuk memperlancar perjalanan mudik khususnya bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi. Aplikasi ini akan sangat berguna untuk mengetahui jalur-jalur alternatif mana saja yang bisa dilalui.

Tidak hanya itu, dengan menggunakan aplikasi peta, Anda juga bisa mengetahui tempat istirahat mana saja yang bisa disinggahi. Terdapat dua jenis aplikasi peta yang bisa Anda pakai yaitu peta online dan offline. Berikut beberapa rekomendasi kami.

1. Aplikasi Peta Online (Real Time)

Google Maps

Aplikasi dari Google ini bisa jadi panduan Anda saat mudik. Pada aplikasi Google Maps Anda dapat melihat kemacetan yang ada pada jalur mudik sehingga Anda bisa memilih rute lain agar terhindar dari kemacetan.

Pada saat menggunakan aplikasi tersebut Anda juga akan mendapatkan estimasi sampai ke tempat tujuan Anda. Aplikasi google maps juga memungkinkan Anda memilih jalur sesuai jenis kendaraan.

Waze

Aplikasi peta mudik yang kedua adalah Waze. Pada aplikasi ini Anda dapat melihat kondisi rute yang Anda ambil saat mudik jika terindikasi warna merah pekat berarti jalur yang Anda lalui sangat macet.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena aplikasi ini akan memberi tahu jalur alternatif yang bisa menghindarkan Anda dari kemacetan. Waze juga akan memberikan notifikasi jika terdapat tempat pengisian bahan bakar ( pom bensin ) terdekat.

2. Aplikasi Peta Offline

MAPS.ME

Selain menawarkan peta offline yang menggunakan GPS, aplikasi MAPS.ME juga memberikan panduan selama diperjalanan seperti tempat-tempat wisata, tempat makan, dan tentunya navigasi yang menjadi fitur utamanya.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kita jadi bisa menghemat kuota data internet, yang bisa kita gunakan untuk keperluan lainnya selama perjalanan mudik Lebaran. Pencarian lokasi secara offline pada aplikasi ini juga cukup cepat, dan kita bisa bookmark lokasi-lokasi pilihan.

Map of Indonesia Offline

Aplikasi Map of Indonesia Offline adalah peta offline dengan berbagai fitur yang sangat membantu kita selama dalam perjalanan. Pencarian lokasi secara offline juga bisa dilakukan dengan cepat. Aplikasi ini menggunakan OpenStreetMap sebagai basis mapping-nya, sehingga hasilnya sangat akurat.

Aplikasi Pemantau Jalan (CCTV)

aplikasi cctvFoto: Google Play

Bagi Anda yang mengendarai mobil atau motor untuk mudik, pemilihan rute bisa dilakukan sedari awal dengan memantau terlebih dulu jalur-jalur mana saja yang tersedia. Ini bisa dilakukan dengan menonton update berita mudik di TV.

Namun bila Anda tidak punya cukup waktu untuk menonton TV, maka hal ini juga bisa dilakukan melalui aplikasi pemantau jalan (CCTV) yang bisa diinstal langsung ke hp Anda. Berikut beberapa rekomendasinya.

1. NTMC TV

Aplikasi NTMC TV memang khusus disediakan oleh Korps Lalu Lintas Polri, dan dapat digunakan oleh pemudik untuk memantau kondisi jalanan melalui kamera CCTV yang disiarkan secara realtime, langsung di smartphone.

Selain memantau secara online, Anda akan mendapatkan berita seputar lalu lintas arus mudik hingga arus balik. Informasi tersebut bisa digunakan untuk menentukan jalur yang akan dipilih agar terhindar dari kemacetan.

2. Travoy

Aplikasi Travoy adalah aplikasi resmi yang diluncurkan oleh Jasa Marga untuk membantu pengendara selama melakukan perjalanan mudik Lebaran secara khusus, dan memberikan berbagai informasi lainnya secara umum.

Salah satu keunggulannya adalah fitur notifikasi yang memberikan informasi terkini tentang situasi di jalan secara real time. Selain CCTV untuk memantau jalan, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengakses pelayanan darurat 24 jam.

3. CCTV Arus Lalulintas

Aplikasi ini khusus didedikasikan untuk pemudik selama menjelang dan setelah Lebaran. Informasi yang dikumpulkan pada aplikasi CCTV Arus Lalulintas ini diambil dari aplikasi-aplikasi lainnya seperti LM, Jasa Marga, Bitek, IBS, dan lainnya. Jadi bisa dibilang, aplikasi ini adalah paket hemat dengan tampilan live CCTV dari berbagai sumber.

Aplikasi Pesan Tiket Online dan Akomodasi

aplikasi pesan tiketFoto: Pixabay

Untuk Anda yang berencana mudik menggunakan transportasi umum seperti kereta api, bus atau pesawat terbang, maka bisa mengunduh aplikasi pemesanan tiket di smartphone Anda.

Saat ini cukup banyak aplikasi pemesanan tiket terpercaya yang bisa Anda gunakan untuk membeli tiket pesawat maupun kereta api untuk mudik. Selain itu, Anda juga bisa memesan akomodasi seperti hotel dan jenis penginapan lainnya.

1. Aplikasi Pesan Tiket Transportasi

KAI Access

KAI Access adalah aplikasi resmi yang diluncurkan oleh PT Kereta Api Indonesia. Melalui aplikasi ini, pemudik bisa membeli tiket tanpa perlu datang dan mengantri di loket stasiun.

Bahkah untuk mempermudah lagi, pembatalan dan penggantian jadwal keberangkatan juga bisa dilakukan melalui aplikasi ini. Pemudik juga tidak perlu mencetak tiket dan boarding pass karena sudah ada secara digital pada aplikasi.

Padiciti

Aplikasi Padiciti menyediakan pelayanan pemesanan tiket transportasi lengkap, mulai dari kereta, bus, sampai pesawat terbang. Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah harga yang bisa sangat murah bila dibandingkan dengan aplikasi lainnya berkat promo dan paket deal yang ditawarkan.

Metode pembayarannya tersedia dalam berbagai opsi seperti ATM, mobile banking, kartu kredit, transfer bank, dll.

TiketKAI

Beli tiket kereta dan dapat cashback, adalah salah satu keunggulan dari aplikasi TiketKAI, yang menawarkan layanan pesan tiket hingga 90 hari sebelum hari keberangkatan.

Untuk kebutuhan mendesak, aplikasi ini juga masih bisa digunakan untuk membeli tiket pada satu jam sebelum keberangkatan. Aplikasi ini dilengkapi juga dengan informasi seputar rute perjalanan.

2. Aplikasi Pesan Tiket dan Akomodasi

Traveloka

Aplikasi dengan logo burung ini menyediakan layanan pemesanan tiket transportasi, sekaligus akomodasi. Selain itu, aplikasi Traveloka juga menawarkan pelayanan menyewa mobil dan transfer antar airport. Jenis akomodasi yang ditawarkan juga bukan hanya hotel saja, tapi meliputi hostel, villa, dan apartemen.

Pegipegi

Pegipegi menawarkan hingga 2,800 rute kereta api di seluruh Indonesia, dan lebih dari 25,000 hotel baik domestik maupun internasional. Aplikasi ini telah bekerja sama dengan berbagai hotel seperti Best Western, Amaris, Santika, Zen Rooms, dll. Ini adalah salah satu aplikasi traveling all-in-one yang kami rekomendasikan.

tiket.com

Sesuai namanya, aplikasi tiket.com fokus pada jasa pemesanan tiket, mulai dari tiket kereta api, bus, pesawat, hingga tiket ke berbagai acara dan tempat wisata.

Namun saat ini, tiket.com sudah lebih dari itu. Melalui aplikasi ini, kita juga bisa melakukan pemesanan kamar hotel, bahkan penyewaan mobil juga. Cukup bermanfaat.

Aplikasi Bengkel dan Posko Mudik

aplikasi benkel 24 jamFoto: Pexels

Jika sesuatu terjadi pada kendaraan, baik itu motor ataupun mobil pada saat mudik Lebaran, tentunya akan menyulitkan. Terlebih lagi, belum tentu kita tahu letak bengkel atau service center terdekat.

Namun berkat kemajuan teknologi, kita tidak perlu khawatir untuk menemukan bengkel terdekat, atau bahkan memanggil montir sekalipun, berkat adanya aplikasi-aplikasi pelayanan service kendaraan. Aplikasi seperti ini tentunya sangat dibutuhkan selama mudik Lebaran.

1. Obeng (Online Bengkel)

Aplikasi Obeng (Online Bengkel) merupakan aplikasi yang memungkinkan Anda menemukan bengkel terdekat dari posisi Anda. Pada aplikasi ini pula Anda bisa mendapatkan rute tercepat untuk menuju bengkel tersebut, jika keadaan kendaraan masih memungkinkan untuk berjalan.

Namun Jika kendaraan benar-benar mati, Anda bisa melihat profile bengkel terdekat tersebut dan menghubungi teknisi untuk datang dan memperbaiki kerusakan pada kendaraan.

2. HaloBengkel

Aplikasi HaloBengkel memanfaatkan teknologi GPS dan Google Maps untuk membantu menemukan lokasi dan informasi seputar bengkel terdekat dan jenis layanan apa saja yang tersedia.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kita tidak perlu khawatir lagi bila motor atau mobil mengalami kerusakan selama melakukan perjalanan mudik Lebaran.

Mudik Lebih Aman dan Nyaman

Dengan memiliki aplikasi yang telah kami rekomendasikan di atas, Anda tentu akan sangat terbantu jika mengalami kendala saat mudik Lebaran. Jadi sebagai persiapan, tidak ada salahnya mengunduh terlebih dahulu aplikasi-aplikasi tersebut.

Semoga perjalanan mudik Lebaran tahun ini aman dan lancar, ya!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1494 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.