Diperbaharui pada Jumat, 24 Desember 2021 | 14:10

10 Game Retro dan Klasik Terbaik Sepanjang Masa

10 Game Retro dan Klasik Terbaik Sepanjang Masa-0Foto: Google Play Store

Bermain game adalah salah satu budaya yang sudah ada sejak dulu. Berbagai judul game klasik dari era 80an hingga 90an pun masih digemari hingga saat ini, dan cukup populer untuk dimainkan.

Game Arcade, Konsol, dan PC terbaik sepanjang masa kini malah bisa dimainkan di hp Android, melalui aplikasi game. Game retro atau yang dikenal sebagai old-school games dari berbagai judul, kini lengkap tersedia dari semua genre.

Daftar Game Retro Terbaik di Android

Generasi sekarang, terutama gen z, mungkin tidak terlalu familiar dengan game retro dan klasik, namun bukan berarti kalian tidak akan bisa menikmatinya, kan? Game-game klasik ini terbukti seru dan bisa membuat ketagihan.

Beberapa pengambang game telah membuat aplikasi-aplikasi yang berisi game-game retro dan klasik terbaik sepanjang masa, lengkap dengan tampilan grafis dan cara bermain yang sama persis dengan versi aslinya dulu.

Nah, dari sekian banyak pilihan game retro yang tersedia di Android, kali ini kami akan memilihkan 10 yang terbaik. Berikut ini daftar game Arcade, Konsol dan PC terbaik yang bisa dimiankan di hp Android.

1. Ms. Pac-Man

10 Game Retro dan Klasik Terbaik Sepanjang Masa-1Foto: Google Play Store

Ms. Pac-Man merupakan game yang dikembangkan oleh General Computer Corporation dan dirilis untuk game Arcade pada 1982 oleh Midway, yang kemudian dirilis untuk perangkat Android pada 2010.

Game Ms. Pac-Man memang memiliki persamaan dengan game asli Pac-Man, dimana di dalam game tersebut kamu hanya perlu mengumpulkan poin dengan cara memakan titik-titik kecil yang terletak di dalam arena dan juga menghindari empat hantu yang berkeliaran. 

Ms. Pac-Man ini menggunakan karakter Pac-Man perempuan yang berbeda dari game asli Pac-Man.

Nah, ketika kamu sudah mencapai level game yang tinggi, kesulitan dan kecepatan hantu pun semakin bertambah. Oleh karena itu, kamu perlu merancang strategi yang tepat untuk menghindari empat hantu tersebut dan memakan semua titik-titik kecil yang terletak di dalam arena. 

Game Ms. Pac-Man tersedia secara berbayar dengan biaya Rp 41 ribu di Google Play Store.

2. Castlevania: Symphony of the Night

10 Game Retro dan Klasik Terbaik Sepanjang Masa-2Foto: Google Play Store

Castlevania: Symphony of the Night merupakan salah satu game retro arcade terfavorit dari franchise Castlevania, yang dikembangkan oleh Konami, sebuah perusahaan asal Jepang. 

Game Castlevania: Symphony of the Night sendiri awalnya diluncurkan untuk perangkat Playstation pada 1997, kemudian dirilis kembali untuk perangkat Android pada 2020.

Game ini menampilkan seorang putra Dracula bernama Alucard yang bangkit dari tidurnya dan  menjelajahi sebuah kastil besar milik ayahnya.

Kamu akan bermain sebagai karakter tersebut dan mengeksplorasi tempat-tempat di dalam kastil, serta akan berhadapan dengan musuh-musuh jahat dan binatang buas.

Tujuan dari game Castlevania: Symphony of the Night sendiri adalah untuk mengalahkan karakter Richter Belmont yang kerasukan. 

Kamu akan menemukan karakter tersebut di game Castlevania: Rondo of Blood sebagai musuh bos, dimana kamu akan bermain sebagai karakter bernama Belmont, seorang pemburu vampir yang mencari kekasihnya yang diculik oleh Dracula. 

Kami merekomendasikan untuk bermain game Castlevania: Symphony of the Night terlebih dahulu karena tingkat kesulitan game tersebut cenderung lebih mudah bagi pemula. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui alur atau jalan cerita dari game Castlevania.

Game ini dirilis dengan beberapa fitur baru, yang terdiri dari fitur save, fitur controller, dan dibekali 6 bahasa. Lewat fitur controller, kamu bisa memainkan game ini menggunakan controller tambahan.

Game Castlevania: Symphony of the Night tersedia secara berbayar dengan harga Rp 49 ribu di Google Play Store.

3. 1942 

10 Game Retro dan Klasik Terbaik Sepanjang Masa-3Foto: Google Play Store

Game rekomendasi berikutnya adalah game 1942, edisi dari game pesawat mistis dan veteran, yang awalnya diluncurkan untuk game Arcade pada 1984, kini sudah tersedia untuk perangkat Android pada 2017.

Game ini berlatar belakang Perang Dunia II yang dirilis pada tahun 1980-an, dimana terdapat sebuah pesawat tembak yang bisa kamu gerakan untuk menembaki para musuh yang melintasi di jalur pesawat tersebut. 

Game 1942 ini juga tetap dibekali grafik berbasis piksel yang sama seperti perangkat konsol, serta dibekali dalam dua varian mode yang bisa dipilih sesuai keahlian.

Kami sarankan untuk mencoba mode dengan tingkat kesulitan yang lebih rendah terlebih dahulu bagi pemula untuk meminimalisir kekalahan di dalam game.

Game 1942 dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

4. Star Wars: KOTOR

10 Game Retro dan Klasik Terbaik Sepanjang Masa-4Foto: Google Play Store

Setelah sekian tahun meluncurkan Star Wars: Knights of the Old Republic untuk perangkat Xbox, akhirnya Bioware merilis untuk perangkat Android yang diumumkan lewat media Aspyr pada 2014.

Di awal permainan, kamu bisa memilih salah satu dari tiga karakter yang disediakan, yakni Scout, Soldier, atau Scoundrel, begitu juga memilih salah satu dari tiga subclass Jedi, yaitu Guardian, Sentinel, dan Consular. 

Kamu akan bertarung dengan sejumlah pasukan Malak, musuh yang menyerang kapal Republik, Endar Spire. 

Di dalam game ini juga akan diberikan skill poin untuk meningkatkan skill yang kamu punya saat naik level. Dengan begitu, pasukan Malak pun dengan mudah dapat terkalahkan menggunakan skill andalan yang kamu punya.

Game Star Wars: KOTOR tersedia secara berbayar dengan harga Rp 139 ribu di Google Play Store.

5. Sonic The Hedgehog 2 Classic

10 Game Retro dan Klasik Terbaik Sepanjang Masa-5Foto: Google Play Store

Siapa, sih yang tidak mengenal game Sonic? Game retro yang dirilis oleh Sega pada tahun 1992 untuk Sega Mega Drive. Kini, game tersebut juga sudah tersedia untuk semua platform, termasuk untuk perangkat Android yang dirilis pada 2017.

Sonic The Hedgehog 2 Classic sendiri pun hampir sama seperti game Sonic The Hedgehog 1, dimana kamu harus mengalahkan Dr. Robotnik atau disebut Doctor Eggman, karakter yang akan menjadi bos di setiap ronde.

Game ini juga dapat dimainkan secara multiplayer, yang jauh lebih asyik dimainkan bersama teman atau keluarga untuk mengalahkan Dr. Robotnik. 

Menariknya, game Sonic The Hedgehog 2 Classic bisa di-download secara gratis di Google Play Store. Tunggu apalagi? Langsung saja download sekarang.

6. Crazy Taxi Classic

10 Game Retro dan Klasik Terbaik Sepanjang Masa-6Foto: Google Play Store

Selain game Sonic, Sega juga meluncurkan Crazy Taxi Classic pada 2017 untuk Android, sebuah game versi mobile dari game Crazy Taxi yang diluncurkan tahun 1999 untuk platform Sega Dreamcast. 

Game ini merupakan balapan taxi yang menugaskan kamu untuk mengantarkan penumpang dengan waktu yang terbatas, sehingga kamu perlu mengendarai mobil taxi tersebut secepat mungkin untuk sampai tujuan di sekitar kota.

Game Crazy Taxi Classic ini juga dibekali soundtrack yang seru dan menegangkan, yang membuat game jauh lebih greget untuk dimainkan. Kamu bisa mendownload Game Crazy Taxi Classic secara gratis di Google Play Store.

7. RollerCoaster Tycoon Classic

10 Game Retro dan Klasik Terbaik Sepanjang Masa-7Foto: Google Play Store

Bagi kamu yang suka bermain game mendesain atau membangun sebuah taman bermain, RollerCoaster Tycoon Classic bisa menjadi pilihan yang tepat. Game ini dirilis untuk perangkat PC dan mobile pada 2016.

Untuk bermain permainan ini, kamu akan membangun taman bermain impian dengan rollercoaster yang sudah dirancang sendiri. Berbagai wahana yang telah kamu bangun akan menghasilkan uang yang bisa digunakan untuk membangun wahana lain.

Game RollerCoaster Tycoon Classic ini juga bisa membuat kamu betah untuk memainkannya selama berjam-jam di depan layar smartphone, memikirkan tata letak dan desain wahana yang seru untuk para pengunjung. 

Sayangnya, game RollerCoaster Tycoon Classic ini tidak tersedia secara gratis dan harus membeli seharga Rp 85 ribu di Google Play Store.

8. Streets of Rage Classic

10 Game Retro dan Klasik Terbaik Sepanjang Masa-8Foto: Google Play Store

Salah satu game retro beat 'em up side-scrolling yang dirilis oleh Sega untuk Mega Drive atau Genesis pada 1991, yang kemudian diubah menjadi Game Gear, CD Sega, dan Sistem Master, yang dirilis untuk berbagai layanan platform unduhan, seperti Google Play Store pada 2018.

Game Streets of Rage Classic ini pun hampir sama seperti pendahulunya, dimana di dalam game tersebut kamu harus mengalahkan sekumpulan musuh yang mendekati karakter kamu dan juga beberapa bos di setiap ronde permainan.

Game Streets of Rage Classic juga bisa dimainkan secara multiplayer, dimana kamu bisa bermain bersama teman atau keluarga yang tentunya jauh lebih asyik dan menyenangkan.

Game Streets of Rage Classic tersedia secara gratis di Google Play Store.

9. Five Nights at Freddy's

10 Game Retro dan Klasik Terbaik Sepanjang Masa-9Foto: Google Play Store

Game rekomendasi berikutnya adalah game bergenre horror, Five Nights at Freddy’s yang dirilis oleh Scott Cawthon untuk perangkat PC dan Mobile pada 2014.

Game ini adalah game bertahan hidup, dimana kamu harus bertahan dari serangan teror boneka robot yang hidup dan berkeliaran di dalam sebuah restoran anak-anak. 

Di dalam game Five Nights at Freddy’s ini disediakan monitor untuk mengetahui keberadaan dari boneka-boneka robot tersebut dan juga fitur keamanan yang bisa kamu gunakan untuk menutup pintu sejumlah ruangan di restoran, terutama ruangan yang kamu tempatkan.

Bermain game Five Night at Freddy’s ini tentunya harus memiliki taktik dan strategi yang luar biasa agar bisa bertahan hidup dari jam 00.00 malam sampai jam 06.00 pagi. Bagaimana? Berani untuk mencoba game ini?

Game Five Nights at Freddy’s tersedia secara berbayar dengan harga Rp 43 ribu di Google Play Store.

10. Grand Theft Auto: San Andreas

10 Game Retro dan Klasik Terbaik Sepanjang Masa-10Foto: Google Play Store

Game yang kami rekomendasikan berikutnya adalah Grand Theft Auto: San Andreas. Mungkin sebagian dari kamu sudah tidak asing lagi mendengar game yang diluncurkan oleh Rockstar games pada 2004.

Game ini awalnya tersedia untuk perangkat playstation 2, yang kemudian dirilis kembali untuk semua perangkat, termasuk Android pada 2013.

Di dalam permainan ini, kamu akan bermain sebagai karakter CJ, yang terpaksa pulang ke kota San Andreas untuk membalas dendam kepada geng Ballas yang telah membunuh ibunya.

Untuk misi tersebut, kamu akan dibantu oleh geng The groove dan juga akan berhadapan langsung dengan para polisi yang memeras kamu.

Namun, kami sarankan untuk menyelesaikan berbagai misi-misi yang tersedia di dalam game tersebut, sebelum kamu bertarung melawan geng Ballas. Hal ini dikarenakan agar dapat meningkatkan atribut karakter dan menyediakan sumber uang untuk membeli senjata, armor, dan lainnya.

Game Theft Auto: San Andreas ini tersedia secara berbayar dengan harga Rp 81 ribu di Google Play Store.

Download dan Mainkan 

Nah, Itulah 10 daftar game Arcade, Konsol, dan PC yang bisa kamu mainkan di Android. Game retro di atas juga sangat cocok dimainkan selama pandemi, untuk mematuhi imbauan beraktivitas di rumah, biar tidak bosan. Jadi, tunggu apa lagi, ayo download dan mulai bermain!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.