Diperbaharui pada Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:17

Cara Upload Video ke TikTok Durasi 3 Menit

Cara Upload Video ke TikTok Durasi 3 Menit-0Foto: Pexels

Pengguna platform berbagi video pendek TikTok bisa bergembira, karena fitur merekam video 3 menit di TikTok kini sudah tersedia dan bisa langsung dilakukan melalui aplikasi TikTok.

Seperti kita ketahui, durasi video TikTok terlama sebelumnya adalah 60 detik (1 menit), dimana durasi ini dirasa terlalu singkat untuk membuat konten video, walau beberapa pengguna TikTok sebenarnya sudah dapat memanfaatkan durasi yang tersedia secara maksimal.

Tapi bayangkan, bila TikTok menambah durasi video di platform mereka menjadi 3 menit, maka kreator konten di TikTok akan jauh lebih kreatif lagi, termasuk bagi kamu yang ingin memanfaatkannya untuk berbagai aktifitas TikTok.

Cara Upload Video TikTok 3 Menit

Cara untuk merekam dan mengedit video TikTok berdurasi 3 menit dapat dilakukan dengan dua cara, langsung dari aplikasi TikTok, dan merekamnya terlebih dahulu, baru kemudian diupload ke aplikasi TikTok.

Untuk merekam video TikTok 3 menit langsung dari aplikasi, kamu hanya perlu menyentuh tombol '+' pada halaman muka TikTok, lalu pilih durasi video 3 menit dengan menggeser bar durasi ke arah kanan.

Setelah selesai, video TikTok dengan durasi 3 menit yang telah kamu rekam tersebut, sudah dapat ditonton oleh para follower kamu dan syukur-syukur, bisa muncul juga di halaman FYP TikTok.

Namun bila kamu ingin membuat dan mengedit video 3 menit di luar aplikasi TikTok dan menguploadnya kemudian, berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Rekam video berdurasi 3 menit atau lebih sedikit pada kamera smartphone atau kamera apapun yang kamu gunakan.
  2. Buka aplikasi TikTok dan sentuh tombol '+' untuk mengupload video.
  3. Cari video yang sudah direkam pada galeri smartphone.
  4. Setelah itu, sentuh tombol 'Next' untuk masuk ke laman edit video.
  5. Geser slider berwarna merah hingga mencapai ujung video (maksimum 3 menit).
  6. Selesai, video berdurasi 3 menit sudah bisa diupload di TikTok.

Nah, mudah, bukan? Kedua cara ini dapat kamu lakukan dengan cepat, karena aplikasi TikTok tidak memiliki proses upload yang ribet.

Namun bila video yang akan kamu upload memiliki banyak efek dan editan, tentunya akan memakan waktu yang sedikit lebih lama untuk prosesnya.

Jangan lupa untuk update aplikasi TikTok kamu ke versi paling baru, ya. Selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

895 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.