Diperbaharui pada Rabu, 18 November 2020 | 18:04

Twitter luncurkan Fleets, Fitur Video Pendek untuk Menyaingi IG Story

Twitter Fleets

Setelah bertahun-tahun eksis di dunia internet, akhirnya Twitter melakukan dobrakan besar pada aplikasinya dengan menghadirkan fitur terbaru yang disebut Fleets. Fitur ini resmi diluncurkan hari ini, Rabu, 18 November 2020, dan akan hadir secara berkala.

Kini, Fleets sudah bisa digunakan untuk beberapa negara termasuk India, Korea Selatan, Brazil, Italia, dan Jepang. Untuk kedepannya, Twitter akan lebih memperluas jangkauan update terbarunya ini. Kabarnya, fitur Fleets ini dirancang khusus untuk menyaingi Instagram Story

Apa Kelebihan Fitur Fleets?

Mungkin sekarang kamu bertanya-tanya, apa, sih fitur Fleets? Twitter Fleets merupakan fitur untuk berbagi konten video, maupun foto, dengan durasi tayang 24 jam layaknya fitur Insta Story pada aplikasi Instagram. 

Bukan hanya fungsinya saja yang mirip, tampilan Fleets juga akan diletakan pada bagian atas timeline, persis seperti Insta Story.

Meskipun begitu, fitur Fleets pada Twiter tidak hanya bisa memposting foto dan video saja, melaikan pengguna juga bisa memposting tweet melalui fitur ini. 

Twitter mengklaim, Fleets membantu orang-orang merasa lebih nyaman untuk berbagi pemikiran, opini, dan perasaan pribadi yang lebih santai.

Fitur-Fitur Twitter Fleets

Tampilan pada Fleets juga mirip seperti Insta Story, dengan tombol putih untuk memotret atau merekam video pada bagian bawah, dilengkapi dengan opsi teks untuk memposting tweet, camera roll untuk mengakses album atau galeri foto, capture untuk memotret, dan video untuk merekam.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan teks pada foto atau video yang ingin diposting. Masih sama seperti Insta Story, pengguna lain juga bisa memberikan tanggapan berupa pesan maupun emoji pada Fleets yang diunggah. 

Cara Menggunakan Fleets

Twitter Fleets

Setelah mengenal tentang Fleets, tentunya kamu juga ingin tahu bagaimana cara menggunakannya. Berikut ini cara menggunakan Fleets pada Twitter:

  1. Buka aplikasi Twitter, dan pilih ikon bulat yang menunjukan foto profilmu di deretan Fleets.
  2. Mulai memotret, atau merekam dengan tombol putih di bagian bawah. 
  3. Pilih “Fleets” di bagian pojok kanan atas.
  4. Selesai. 

Adapun cara untuk membagikan Tweet di Fleets adalah sebagai berikut:

  1. Ketuk ikon "Bagikan" di bagian bawah Tweet, 
  2. Lalu ketuk, "Bagikan di Fleets." 
  3. Tambahkan apa yang kamu pikirkan dengan beberapa teks atau emoji.
  4. Selesai.

Nah itu dia cara memposting di Fleets, gampang banget kan? Kami harap fitur ini segera hadir di lebih banyak negara, termasuk Indonesia. Gimana, tertarik?

Like us!
Syahya Rembulan

Contributor

148 Posts