Diperbaharui pada Senin, 15 Agustus 2022 | 15:39

Sony Luncurkan Mikrofon Shotgun Beamforming 3-in-1 Harga 3 Jutaan

harga mikrofon sony terbaruFoto: Sony

Sony Electronics Indonesia memperkenalkan sekaligus meluncurkan mikrofon shotgun beamforming terbarunya, ECM-B10, yang dibekali dengan direktivitas tajam dan pemrosesan sinyal digital yang diklaim mampu menghasilkan pengumpulan suara berkualitas tinggi dalam faktor bentuk yang sangat ringkas.

Mikrofon 3-in-1 Sony ECM-B10 menerapkan pemrosesan sinyal digital pada suara yang dikumpulkan dengan empat kapsul mikrofon menggunakan teknologi beamforming. 

Teknologi tersebut memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan bagaimana audio direkam dengan meningkatkan sensitivitas mikrofon dari arah yang berbeda.

Sony ECM-B10 mampu menangkap tiga jenis arah suara dalam satu produk, sehingga memungkinkan para pengguna untuk beralih dengan mudah antara super-direksional, unidireksional dan omnidireksional.

harga mikrofon sony terbaru

Super-direksional mampu mengumpulkan suara dari bidang sempit di depan dan menekan suara dari arah lain, sehingga pengaturan ini sangat cocok untuk kebutuhan wawancara dan situasi lainnya di mana jangkauan pengumpulan suara terbatas di bagian depan.

Undireksional mampu menekan suara dari belakang sambil mengumpulkan suara dari bidang yang luas di depan. Pilihan ini cocok untuk merekam percakapan antara beberapa orang.

Bila pengguna membutuhkan fleksibilitas tambahan, maka pengaturan omnidireksional dapat digunakan untuk menangkap suara secara merata dari segala arah, sehingga sangat cocok untuk merekam suara lingkungan.

harga mikrofon sony terbaru

Mikrofon Sony ECM-B10 dapat dipasangkan dengan kamera yang dilengkapi dengan MI (Multi Interface) Shoe, baik analog atau kamera dengan interface audio digital, sehigga dapat mengirimkan audio secara langsung sebagai sinyal digital.

Desain peredam guncangan dan getarannya diklaim dapat meredam kebisingan getaran frekuensi rendah, sementara desain tanpa kabelnya menghilangkan kebisingan yang ditransmisikan melalui kabel. 

Windscreen yang tersedia meminimalkan kebisingan lingkungan sehingga membuatnya mudah untuk menangkap audio yang jernih bahkan saat mengambil gambar di luar ruangan. Berikut pengaturan audio pada Sony ECM-B10:

  • Tombol ATT (attenuator) (0/10/20 dB)
  • Tombol FILTER (noise cut / low cut / off)
  • Dial AUDIO LEVEL dengan tombol AUTO/MAN (manual)
  • Tombol DIGITAL/ANALOG

Sony ECM-B10 menawarkan fleksibilitas dan mobilitas melalui bodi mikrofon yang ringkas, bahkan saat menggunakan gimbal dan grip. 

Daya baterainya disuplai langsung dari kamera ke mikrofon, sehingga pengguna dapat melanjutkan pengambilan gambar tanpa perlu khawatir baterai mikrofon habis.

Untuk durabilitas tambahan, mikrofon Sony ECM-B10 diklaim tahan terhadap debu dan kelembapan, yang memungkinkan pengambilan gambar di luar ruangan.

Harga mikrofon Sony ECM-B10 terbaru ini dibanderol Rp 3.999.000, dan akan tersedia mulai bulan Agustus 2022.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1494 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.