Diperbaharui pada Jumat, 4 Juni 2021 | 13:04

Mercedes-Benz Hadirkan A-Class Sedan dan SUV GLS Rakitan Indonesia

harga mercedes-benz a-class rakitan lokalFoto: Mercedes-Benz

PT Mercedes-Benz Distrbution Indonesia resmi memperkenalkan dua kendaraan kompak rakitan Indonesia terbarunya, yakni sedan A-Class dan SUV GLA, melalui acara Mercedes-Benz STAR DRIVE 2021 di Senayan City, Jakarta.

Peluncuran Mercedes-Benz A 200 Sedan Progressive Line dan GLA 200 AMG Line ini sekaligus melengkapi portfolio kendaraan premium rakitan lokal Indonesia dari Mercedes-Benz.

New A-Class Sedan and New GLA merupakan highlight kendaraan Mercedes-Benz di STAR DRIVE, yang diselenggarakan sejak tanggal 3-6 Juni 2021.

The New A 200 Sedan Progressive Line

A-Class Sedan saat ini hadir dengan A 200 Progressive Line yang dirakit secara lokal di Indonesia. Sedan empat pintu ini memiliki jarak sumbu roda 2.729mm, dengan proporsi sedan kompak yang dinamis dan overhang pendek di bagian depan dan belakang. 

Fitur unggulan termasuk mesin modern dan efisien, tingkat keamanan tinggi berkat sistem bantuan mengemudi canggih seperti yang digunakan di S-Class, dan sistem infotainment intuitif dari MBUX – Mercedes-Benz User Experience. 

Dengan value Cd 0,22 dan lebar area depan 2,19 m², new A-Class Sedan memiliki hambatan aerodinamis terendah dari semua kendaraan yang saat ini diproduksi di seluruh dunia, dan mempertahankan rekor dunia yang dipegang oleh CLA Coupé. 

New A-Class Sedan mengambil keuntungan dari panjangnya bagian belakang kendaraan untuk kembali menurunkan hambatan aerodinamis A-Class Hatchback yang sudah menjadi referensi (value Cd = 0,25). 

Dengan tolok ukur Cd = 0,22, New A-Class Sedan bahkan menyamai rekor dunia dari CLA Coupé. Berkat area depan seluas 2,19 m², lebih kecil dari CLA, New A-Class Sedan memiliki hambatan aerodinamis terendah dari semua kendaraan yang diproduksi di seluruh dunia saat ini.

daftar harga mobil mercedes-benzFoto: Mercedes-Benz

Beralih ke mesinnya, New A-Class Sedan hadir dengan A 200 Progressive Line (4-silinder, turbocharged, 120 kW/ 163 hp, 250 Nm), dengan transmisi kopling ganda 7G-DCT (konsumsi bahan bakar gabungan 5,5-5,2 l/ 100 km, emisi CO2 gabungan 126-120 g/ km).

New A-Class Sedan menghadirkan proporsi mobil sedan yang dinamis dan compact dengan overhang pendek di depan dan belakang.

Greenhouse yang terletak jauh di belakang dan desain ruang belakang yang ringkas memberikan dorongan formal yang dinamis pada desain kendaraan. 

Kehadiran velg 17 inci dengan 5-twin-spoke dan lengkungan roda yang menonjol membuat penampilan A-Class menjadi lebih sporty di jalan. 

Desain depan dan belakang terlihat sangat progresif dengan kap kendaraan yang rendah memanjang, dan lampu depan yang terlihat lebih ramping dengan elemen chrome.

Bagian bahu pada kendaraan ini terlihat kekar dan sensual, dengan garis karakter memanjang tepat di bawahnya menekankan volume samping yang berkontur, dengan kedua kaca spion berada tepat pada beltline.

Interior New A-Class sepenuhnya didefinisikan ulang dengan tampilan modern dan avant-garde, dengan kehadiran layar lebar yang berdiri bebas sepenuhnya. 

Pada bagian interior depannya, terdapat ventilasi udara dengan tampilan yang menyerupai turbin. Desainnya telihat sporty, dan menjadi  daya tarik lain pada desain interiornya secara keseluruhan.

Dimensi utama dari New A-Class Sedan:

  • Panjang/ lebar/ tinggi: 4549/1796/1446 mm
  • Jarak sumbu roda: 2729 mm
  • Kapasitas bagasi: 420 liter
  • Ruang kepala depan/ belakang: 1024/944 mm
  • Ruang siku depan/ belakang: 1457/1446 mm
  • Ruang bahu depan/ belakang: 1400/1372 mm
  • Ruang kaki efektif depan/ belakang: 1062/861 mm

New A-Class Sedan telah tersedia dan ditawarkan sebagai A 200 Sedan Progressive Line dengan harga Rp 751.000.000 (OTR Jakarta).

The New Mercedes-Benz GLA

New GLA 200 AMG Line melengkapi generasi kendaraan kompak dari Mercedes-Benz, dan disaat yang bersamaan, juga mewakili entry-level model SUV Mercedes-Benz.

GLA menampilkan proporsi keseluruhan yang kuat dengan overhang pendek di depan dan belakang. Posisi duduk SUV yang lebih tinggi dan berkarakteristik juga hadir dengan lebih banyak ruang kepala di baris pertama.

mobil mercedes-benz gla rakitan lokalFoto: Mercedes-Benz

New GLA dibekali dengan fitur keselamatan lengkap berkat sistem bantuan mengemudi seperti Driving Assistance Systems, Active Brake Assist, Active Parking Assist, dan Attention Assist.

Lalu ada fitur perdana di New GLA: Blind Spot Assist dengan fungsi sebagai peringatan keluar (exit warning function) yang mengingatkan pengemudi saat ada pengendara motor atau kendaraan lain mendekat.

Model ini mengalami beberapa peningkatan diantaranya:

  • GLA 200 AMG Line.
  • AMG bodystyling.
  • Velg AMG 19 inci dengan 5-twin-spoke light-alloy-wheels.
  • Tempat duduk kendaraan, yang dapat disesuaikan secara elektrik dan memiliki fungsi memori.
  • Sistem informasi infotainment MBUX (Mercedes-Benz User Experience), dengan layar 10,25 inci, Apple CarPlay dan Android Auto, serta empat opsi mode mengemudi.
  • Mampu bereaksi dalam situasi darurat saat pengemudi tidak menyadarinya, sistem Active Brake Assist dengan pengereman otomatis untuk menghindari tabrakan atau untuk mengurangi tingkat keparahannya.
  • Blind Spot Assist dengan exit warning function yang memberikan peringatan kepada pengemudi saat ada pengendara sepeda atau kendaraan mendekati kendaraan mereka, serta Active Parking Assist dengan PARKTRONIC; 12 sensor ultrasonik di bagian bumper depan dan belakang.
  • Model kelas baru dalam keluarga SUV Mercedes-Benz yang sukses dengan karakter sporty dan berorientasi pada gaya hidup;
  • GLA menghadirkan fitur car wash function, sebuah fitur yang sudah dikenal dari saudaranya; GLS.
  • Keyless Go dan East Pack Tailgate.

Harga retail GLA 200 AMG Line dibanderol di angka Rp 761.000.000 (OTR Jakarta).

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.