Diperbaharui pada Senin, 16 Januari 2023 | 13:05

Cara Menggunakan WebEx untuk Meeting Online

Foto: WebEx

Aktivitas di kantor tidak hanya dilakukan ditempat saja, kita terkadang perlu melakukan meeting jauh dari kantor bersama partner. Anda bisa menggunakan aplikasi WebEx untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Ada banyak kelebihan yang bisa ditemukan pada aplikasi ini. 

WebEx merupakan aplikasi video conference dan bisa digunakan oleh banyak peserta. Fitur yang dimilikinya digadang-gadang lebih baik dari aplikasi meeting lainnya.

Fitur standar yang diberikannya bisa digunakan secara gratis. Bahkan peserta meeting bisa mencapai 100 orang. Penggunaan enskripsi juga sudah terjamin untuk melakukan berbagai percakapan penting yang membutuhkan kerahasiaan.

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan lengkap mengenai cara penggunaan WebEx, kelebihan dan kekurangan WebEx, serta harga yang ditawarkan untuk fitur yang lebih komplit.

Cara Menggunakan WebEx

Langkah Untuk Menggunakan WebExJika Anda tertarik menggunakannya, berikut adalah cara menggunakan WebEx yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan:

1. Unduh Aplikasi dan Instal

Untuk memulai perjalanan menggunakan aplikasi ini maka Anda perlu download WebEx. Proses pengunduhan bisa dilakukan langsung di websitenya, kemudian mengikuti Langkah penginstallan sampai selesai. 

2. Pilih Join untuk Meeting

Buka aplikasi WebEx, kemudian pilih join meeting atau lakukan sign in terlebih dahulu. Ketika ingin bergabung, join meeting ini akan langsung menghubungkan Anda ke ruang meeting. 

3. Input Meeting Number dan Identitas

Jika Anda menjadi salah satu host untuk melakukan meeting maka akan diminta untuk memasukan meeting number. Tentu hal ini hanya bisa didapatkan dari host dan harus dibagikan kepada seluruh peserta meeting. 

4. Mengatur Kamera dan Mikrofon

Setelah masuk maka Anda bisa dengan mudah melakukan pengaturan terhadap kamera. Untuk mendapatkan angle yang sesuai dan nyaman.

Atur terlebih dahulu mikrofon untuk dinyalakan kemudian melakukan beberapa setting tertentu. Tentu mikrofon ini perlu diaktifkan untuk aktivitas tertentu. 

5. Atur Tampilan pada Layar

Pengaturan tampilan pada layar bisa dilakukan dengan mudah. Mulai dari membuat floating panel hingga membuat grid view. Semuanya diberikan agar Anda menjadi lebih mudah Ketika melakukan aktivitas video conference. 

Fitur-Fitur WebEx

fitur webex
Tidak jauh berbeda dari beberapa aplikasi lainnya, WebEx ini juga memberikan kemudahan dengan fitur yang dimilikinya. Ada banyak fitur yang tekesan lebih menonjol untuk digunakan.

In-meeting chat merupakan fitur yang pertama untuk Anda gunakan. Fitur ini memberikan akses kepada para peserta meeting untuk berkomunikasi satu sama lain, tanpa harus bersuara dan mengganggu meeting yang sedang berjalan.

Pengguna juga bisa melakukan remote-desktop pada PC atau laptop yang digunakan. Hal ini bisa dilakukan jika memang perlu atau dibutuhkan. 

Kelebihan dan Kekurangan WebEx

webex apps
Kelebihan WebEx 

  • Aplikasi WebEx meeting ini memberikan aktivitas meeting dengan jumlah peserta yang tidak terbatas. Bisa mencapai hingga 100 orang peserta ketika meeting. 
  • Berbeda dengan aplikasi lain, ketika melakukan meeting bersama WebEx Anda tidak akan memiliki limit durasi yang ditentukan. 
  • Memiliki support team yang membantu dan bisa mendapatkan fitur unlimited messages. 
  • Kapasitas penyimpanan yang diberikan bisa mencapai 1GB pada storage di perangkat.
  • Memiliki fitur untuk membagikan layar desktop ke sesama pengguna.
  • Dapat melakukan pembagian dokumen dan aplikasi tertentu .
  • Memiliki audio dan VoIP yang lebih terintegrasi. Tentu pengguna bisa memilih antara menggunakan pulsa atau dengan layanan bebas pulsa sekalipun. Voice over IP yang diberikan sudah memiliki integrasi yang tinggi dan dihubungkan langsung ke komputer Anda. 

Kekurangan WebEx

  • Banyak pengguna WebEx mengeluhkan jika kualitas audio yang dimilikinya sangat buruk. Memiliki noise yang sangat banyak terutama jika koneksi internet semakin melambat. 
  • Aplikasi ini akan membutuhkan kecepatan internet yang tinggi, terutama untuk membuat noise semakin berkurang ketika melakukan video conference. Jika internetnya lambat, maka koneksi meeting mudah terputus. 
  • Aplikasi ini sangat boros kuota.

Pembagian Peran di Aplikasi WebEx

webex
Host

Pembagian peran di WebEx ini dibagi menjadi beberapa tugas. Seperti host yang memiliki tanggung jawab untuk terselenggaranya berbagai pertemuan.

Host sifatnya sama seperti pihak penyelenggara memiliki tugas untuk menjaga kelancaran jalannya meeting yang dilakukan. 

Ketika pertemuan berlangsung maka host bisa bertindak langsung untuk menjadi presenter. Hal ini memungkinkan host bisa dengan mudah menyalakan dan mematikan mikrofon semua peserta.

Menjamin jalannya acara menjadi lebih lancar bahkan mengeluarkan dan memasukan peserta. 

Presenter

Hampir sama dengan dunia nyata maka presenter ini bertugas untuk menjadi penyaji di acara meeting. Ditunjuk langsung oleh host dan bisa membagikan tampilan untuk melakukan presentasi pada layarnya. Semua peserta bisa dengan mudah memperhatikan dan melihat layar tersebut. 

Ikon share pada screen dapat diaktifkan langsung oleh host dan presenter bisa melakukan presentasi. Hal ini menjadi kelebihan lain dari WebEx untuk menyediakan kegiatan meeting yang lebih terorganisir. 

Moderator

Memiliki tugas penting sebagai seorang pemandu pertemuan. Setiap moderator harus memulai untuk membuka sesi pertemuan yang dibuat.

Nantinya akan memperkenalkan pemateri dan mengatur sesi tanya jawab termasuk untuk mengakhiri sesi. Moderator juga dapat dikontrol langsung oleh host. 

Peserta

Sudah jelas jika peserta memang menjadi seorang partisipan dalam meeting. Diatur langsung oleh para petugas yang disebutkan diatas. Jika Anda menjadi peserta maka harus masuk ke ruang meeting dengan ID dan nomor yang sudah diberikan sebelumnya. 

Harga dan Pembayaran

Meskipun saat ini aplikasi WebEx memang diberikan gratis oleh perusahaan Cisco. Namun, kedepannya setelah lewat dari bulan Juni maka akan mengharuskan Anda membayarkan fiturnya. Biasanya paket yang diberikan akan dimulai dari 13.40 Dollar untuk per bulannya. 

Memberikan Anda pelayanan basic seperti administrator control, personalized customer support, kemudian cloud storage untuk menyimpan berbagai hal penting. Untuk paket yang selanjutnya harga dimulai dari 18 Dollar per bulan sebagai pengguna bisnis dengan servis selama 27 jam. 

Sedangkan paket yang lebih tinggi business premiere package berada di kisaran 27 Dollar per bilan. Kemudian mendapatkan kapasitas meeting yang bisa ditingkatkan mencapai 200 peserta. Storage yang dimiliki juga otomatis semakin meningkat dengan berbagai kustomisasi terbaiknya. 

Penawaran dari Aplikasi WebEx

1. Penawaran Cisco Umbrella Offer

Saat ini perusahaan Cisco memberikan tawaran uji coba yang dilaksanakan selama 90 hari. Memiliki peran untuk memberikan layanan gratis pertama dan pengguna bisa menggunakannya dengan mudah. 

2. Penawaran Cisco AnyConnect

Selain memberikan penawaran uji coba maka Cisco akan memberikan layanan yang lebih memuaskan. Seperti mengaktifkan akses aman ke berbagai jaringan perusahaan bagi penggunanya. Bisa diakses menggunakan perangkat apapun dan dimanapun hanya tersedia sampai dengan bulan Juli 2020. 

Melakukan meeting selama WFH kini menjadi lebih mudah dan cepat. Proses download WebEx meeting juga cenderung lebih cepat, sehingga membuat segala aktivitas yang dibutuhkan bisa terpenuhi dengan mudah.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1496 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.