Diperbaharui pada Kamis, 28 Oktober 2021 | 11:25

Cara Menghapus Akun Instagram Permanen dan Sementara

Cara Hapus Akun Instagram

Banyak alasan orang ingin menghapus akun Instagram mereka. Dari hasil curhatan beberapa rekan, ada yang mau hapus akun Instagram karena bosan dengan sosial media. Ada juga yang beralasan habis putus cinta dan tidak ingin ingat mantan.

Bahkan ada juga yang ingin menghapus akun Instagram mereka karena takut iri dengan teman-temannya yang selalu memposting foto ke tempat-tempat yang bagus.

Terlepas dari berbagai alasan tersebut, perlu diakui bahwa cara menghapus akun Instagram bisa menjadi cukup rumit, apalagi bila dibandingkan akun-akun media sosial lainnya seperti Facebook atau Twitter.

Ada dua cara yang bisa dilakukan. Kamu bisa menghapus akun Instagram secara permanen, atau sementara. Sesuai Namanya, hapus permanen berarti kamu tidak bisa menggunakannya lagi.

Sedangkan hapus sementara berarti akun kamu masih ada, hanya saja tidak muncul secara publik, dan hanya akan aktif kembali bila kamu memutuskan untuk login ke akun Instagram tersebut.

Perlu kamu ketahui bahwa aplikasi Instagram terus melakukan update, sehingga tampilan layout maupun desain aplikasi akan terus berubah, namun pada dasarnya, cara dan langkah-langkah untuk menghapus akun tetap sama.

Nah, kalau kamu sudah memantapkan hati, berikut cara untuk menghapus akun Instagram secara sementara dan permanen.

Cara Hapus Akun Instagram Permanen

Biasanya kamu lebih sering bermain Instagram melalui smarphone dengan aplikasi Instagram, bukan? Jarang sekali pengguna Instagram mengakses akun lewat PC atau laptop dari website Instagram, karena versi aplikasi lebih mudah dan memiliki fitur yang lengkap seperti direct message dan Instagram story.

Kamu bisa menghapus akun Instagram secara permanen dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Masuk ke Halaman Profile kamu

Masuk ke Halaman Profile kamu

Setelah masuk ke halaman profile akun Instagram kamu, klik lambang tiga titik seperti ilustrasi gambar berikut.

2. Buka Halaman Options

Berada di Halaman Options

Setelah mengklik lambang tiga titik sebelumnya, kamu akan masuk ke halaman options yang menampilkan beberapa pilihan. Pilih dan klik pilihan 'Instagram Help Center' pada bagian Support seperti gambar di bawah ini.

3. Buka Halaman Website Instagram Help Center

3. Berada di Halaman Website Instagram Help Center

Kamu akan diarahkan ke website Instagram Help Center setelah mengklik pilihan sebelumnya. Kemudian kamu bisa langsung klik pilihan 'Mengelola Akun Anda' seperti gambar di bawah.

4. Buka Halaman 'Mengelola Akun Anda'

4. Halaman Mengelola Akun kamu

Di dalam halaman ini, kamu bisa langsung mengklik pilihan 'Hapus Akun Anda' untuk menghapus akun Instagram secara permanen seperti contoh gambar berikut.

5. Buka Halaman 'Hapus Akun Anda'

5. Halaman Hapus Akun kamu

Setelah kamu berada di halaman Hapus Akun kamu, akan diberikan 2 pilihan kemudian kamu pilih 'Bagaimana cara menghapus akun saya?' seperti gambar ilustrasi berikut.

6. Buka Halaman Bagaimana Cara Menghapus Akun Saya?

6. Halaman Bagaimana Cara Menghapus Akun Saya?

Halaman ini akan memberikan informasi tentang apa yang akan terjadi setelah kamu menghapus akun Instagram secara permanen.

Kamu bisa melewatinya atau membaca informasi tersebut lewat gambar di bawah kemudian klik link 'halaman Menghapus Akun Anda'.

7. Buka Halaman Alasan Menghapus Akun

7. Halaman Hapus Akun kamu

Di halaman Instagram kembali memberikan pertanyaan mengapa kamu menghapus akun kamu dengan box seperti gambar di bawah ini.

8. Pilih Alasan Menghapus Akun

8. Pilih Alasan kamu

Setelah kamu mengklik box sebelumnya, kamu akan diperlihatkan kepada beberapa pilihan yang sesuai dengan alasan mengapa kamu ingin menghapus akun Instagram kamu secara permanen.

Jika dari beberapa alasan tidak ada yang sama dengan alasan kamu, kamu bisa memilih alasan 'Hal lainnya' seperti pada gambar di bawah.

9. Tulis Kata Sandi Akun Instagram

9. Halaman Terakhir

Di halaman ini kamu akan diminta untuk memasukkan kembali password akun kamu untuk memastikan bahwa orang tersebut adalah kamu. Kemudian klik box merah bertuliskan 'Hapus akun saya secara permanen' seperti gambar berikut.

10. Konfirmasi

10. Proses Akhir

Setelah kamu memasukkan password dan mengklik box merah, kamu akan dihadapkan dengan pilihan cancel dan ok. Klik 'ok' untuk menghapus akun Instagram kamu secara permanen atau cancel jika kamu ingin membatalkan seperti gambar ilustrasi di bawah ini.

Nah, itulah tadi langkah-langkah bagaimana cara menghapus akun Instagram permanen melalui hp atau smartphone kamu. 

Cara Hapus Akun Instagram Sementara

Langkah-langkah cara menghapus akun Instagram sementara hampir sama seperti cara menghapus akun Instagram secara permanen seperti yang telah dijabarkan di atas sebelumnya.

Metodenya pun sama, bisa melalui hp atau PC dan laptop, untuk itu coba perhatikan langkah-langkah di bawah ini. 

1. Klik 'Edit Your Profile'

Klik Edit your profile

Pada halaman profil Instagram kamu klik 'Edit your profile' seperti tampilan pada gambar di bawah ini.

2. Klik 'Instagram Help Center'

2. Klik Instagram Help Center

Setelah mengklik Edit your profile kamu akan berada pada halaman 'Options'. Kemudian scroll ke bawah sampai pada bagian Support kemudian klik 'Instagram Help Center' sama seperti gambar di bawah.

3. Klik 'Mengelola Akun Anda'

3. Klik Mengelola Akun kamu

Setelah mengklik Instagram Help Center kamu akan diarahkan langsung menuju web https://help.instagram.com kemudian klik pilihan 'Mengelola Akun Anda' seperti pada gambar berikut.

4. Klik 'Hapus Akun Anda'

4. Klik Hapus Akun kamu

Dalam tampilan halaman Mengelola Akun Anda, klik pilihan 'Hapus Akun Anda' seperti gambar di bawah ini.

5. Klik 'Bagaimana menonaktifkan sementara akun saya?'

5. Klik Bagaimana menonaktifkan sementara akun saya?

Terdapat 2 pilihan untuk menghapus akun Instagram kamu. Pilih 'Bagaimana menonaktifkan sementara akun saya?' seperti gambar berikut.

6. Klik 'instagram.com'

6. Klik instagram.com

Setelah mengklik Bagaimana menonaktifkan sementara akun saya?, klik 'instagram.com' seperrti gambar di atas.

7. Klik 'Edit Profil'

7. Klik Edit Profil

Di sini kamu terhubung dengan Instagram melalui browser setelah mengklik instagram.com. Kemudian kamu akan diminta untuk login kembali. Setelah login, klik 'Edit Profil' seperti gambar di bawah ini.

8. Klik 'Nonaktifkan Sementara Akun Saya'

8. Klik Nonaktifkan Akun Saya Sementara

Setelah masuk ke dalam tampilan profil, kamu bisa langsung scroll ke bawah sampai menemukan pilihan 'Nonaktifkan sementara akun saya' seperti gambar berikut.

9. Isi Kata Sandi dan Klik 'Akun Dinonaktifkan Sementara'

9. Klik Akun Dinonaktifkan Sementara

Dalam halaman selanjutnya, sebelum mengklik 'Akun Dinonaktifkan Sementara', kamu akan diminta untuk memilih alasan mengapa menonaktifkan akun kamu dan juga password akun Instagram kamu dalam kotak yang telah disediakan seperti gambar ilustrasi di bawah.

10. Klik 'Ya' untuk Konfirmasi

10. Klik Ya

Selesai, akun Instagram kamu akan dihapus sementara. Untuk mengaktifkannya, kamu hanya perlu login kembali ka akun Instagram tersebut.

Cara Menghapus Akun IG Tanpa Login

Selain kedua cara untuk menghapus akun Instagram di atas, kamu juga bisa menghapus akun IG tanpa login. Cara ini biasanya dilakukan untuk menghapus aku Instagram lama yang sudah tidak terpakai dan kamu lupa password-nya.

Berikut cara menghapus akun IG tanpa login yang bisa kamu coba.

1. Gunakan Forgot Password

Untuk melakukan cara ini, kamu perlu mengakses Instagram melalui browser di laptop atau komputer PC, setelah itu, isi username lama kamu dan ketik apapun pada kolom password.

Sistem Instagram akan memberi tahu bahwa password salah, dan memintamu untuk melakukan recovery. Klik 'Forgot Password' dan ketik nomor hp yang kamu pakai untuk membuat akun tersebut. Kode akan dikirimkan via SMS dan gunakan itu untuk masuk ke akun Instagram.

Setela itu, lakukan langkah-langkap seperti pada cara menghapus akun Instagram yang sudah kami jabarkan di atas.

2. Laporkan Sebagai Akun Palsu

Cara untuk menghapus akun IG lain yang bisa kamu coba adalah dengan membuka halaman akun Instagram tersebut, lalu melaporkannya sebagai akun palsu.

Kamu bisa melakukan ini dengan klik ikon report, lalu pilih 'Pretending to be someone', dan pilih 'Me'. Pastikan kamu juga menyertakan bukti-buktinya ya.

3. Manfaatkan Instagram Help Center

Cara ketiga ini juga bisa dilakukan untuk menghapus akun IG tanpa login. Cukup dengan menghubungi Instagram Help Center dan ajukan permohonan untuk menghapus akun. Seperti cara sebelumnya, kamu perlu memberikan bukti-bukti bahwa benar akun tersebut milikmu, ya.

Siap Mencobanya?

Semua langkah-langkah yang kami berikan di dalam artikel ini selalu mengharuskan pengguna untuk login ke dalam akun agar dapat dipastikan bahwa benar kamu pemilik akun tersebut.

Walau begitu, ada juga cara yang bisa kamu lakukan untuk menghapus akun IG tanpa perlu login. Nah semoga artikel ini bisa membantu ya. Pastikan kamu mencobanya pada akun sendiri dan jangan untuk iseng menghapus akun orang lain.

Selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

996 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.