Diperbaharui pada Jumat, 26 Januari 2024 | 09:50

10 Cara Membedakan iPhone HDC dan iPhone Original

iphone hdcFoto: Fossbytes

Banyak orang mendambakan untuk memiliki perangkat iPhone karena status premium yang melekat pada smartphone keluaran Apple ini, namun karena terkendala harga yang cukup mahal, beberapa orang memilih untuk membeli versi replikanya, atau lebih dikenal dengan iPhone versi HDC.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan hp HDC atau iPhone HDC? Untuk beberapa orang, produk hp asli tapi palsu ini mungkin sudah tidak asing lagi. Tapi bagi yang belum tahu, kami akan coba jelaskan apa itu HDC dan cara membedakannya dengan hp yang asli.

Pengertian Hp HDC

HDC adalah kependekan dari Handphone Copy Draw, jika diartikan secara mudah, hp HDC merupakan sebuah hp KW yang lebih ke produk replika, maka dari itu, seringnya hp HDC memiliki desain luar yang sangat mirip dengan hp aslinya. Hal ini banyak membuat calon pembeli yang tidak teliti jadi terkecoh.

Selain itu, kebanyakan hp yang di-copy atau direplika adalah hp premium yang mahal, salah satunya adalah iPhone. Meski sebenarnya sangat mudah untuk membedakan pedagang yang menjual iPhone HDC, terutama penjual online, namun masih ada konsumen yang tertipu.

Lalu bagaimana cara membedakan iPhone HDC dengan yang ori yang benar? Artikel ini menjelaskan ciri-ciri iPhone HDC dan perbedaannya dengan iPhone original.

Ciri-Ciri iPhone HDC yang Beredar di Pasaran

hp hdc

iPhone sering menjadi incaran dari produsen hp HDC, karena selalu laris di pasaran karena memiliki harga yang mahal. Jadi banyak produsen hp HDC mencari kesempatan dengan bentuk dan isi yang sama namun lebih murah. 

Dalam pantauan Pricebook di penjualan online, beberapa iPhone yang banyak versi replika diantaranya iPhone 6 HDC, iPhone 7 Plus HDC, iPhone 8 Plus HDC hingga yang terbaru seperti iPhone 11iPhone 11 Pro Max, iPhone 12, iPhone 13, iPhone 14, bahkan sudah ada versi HDC dari iPhone 15.

Ciri-ciri paling umum adalah, harga iPhone HDC ini bisanya ditawarkan hanya 3 jutaan (bahkan ada yang sejutaan), beda jauh dari harga asli yang dijual di atas 10 jutaan. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah, kualitas iPhone HDC sangat jauh dari yang aslinya, tidak jarang ada pembeli yang mengeluhkan hp rusak tidak sampai seminggu pemakaian.

iPhone HDC biasanya dijual sebagai barang baru, namun karena tampilan barangnya sering tidak terlalu mulus, beberapa penjual merubah strategi dengan mengklaim bahwa produk tersebut adalah iPhone original dalam kondisi second atau bekas pakai, sehingga banyak orang terkecoh.

Penjual iPhone HDC juga biasanya tidak memberikan garansi, ini ciri-ciri yang harus sangat diperhatikan. Bahayanya, hp HDC juga memiliki firmware yang tidak jelas, rentan malware dan juga performa yang dimilikinya bisa dikatakan tidak bagus.

Cara Membedakan iPhone HDC dan iPhone Original

iPhone hdcFoto: Fossbytes

Banyak penjual iPhone HDC yang nakal dan menjual produk tersebut sebagai iPhone original. Kebanyakan dari penjual ini juga akan selalu berusaha mengelabui pembeli, salah satunya dengan cara menjual iPhone HDC sebagai iPhone bekas.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah iPhone tersebut adalah produk asli, atau iPhone HDC. Berikut caranya.

1. Cek App Store

Cara paling mudah mengenali perbedaan iPhone HDC dan ori adalah dengan cara melihat fitur App Store. Biasanya hp HDC menggunakan fitur dari Android yaitu Google Play Store yang dikustom mirip App Store.

Hal ini sangatlah mudah jika kalian sangat jeli melihat menu dan fitur dalam iPhone HDC tersebut.

2. Lihat Sistem Operasinya

Selanjutnya dengan memperhatikan bagian OS dari iPhone tersebut. Biasanya iPhone HDC selalu atau lebih sering menggunakan sistem operasi dari Android yang diubah semirip iPhone.

Sedangkan untuk iPhone yang asli atau keluaran pabrikannya selalu menggunakan sistem operasi iOS.

3. Cek Apakah Ada iTunes

Adanya pengenalan iTunes terhadap perangkat lain juga bisa dijadikan sebagai cara membedakan iPhone HDC dan ori. Karena biasanya hp HDC iPhone selalu saja tidak bisa terhubung dengan perangkat lain. 

4. Lihat Material yang Digunakan

Selalu perhatikan material luar pada bagian bodi dari iPhone yang hendak Anda beli karena biasanya iPhone ori selalu menggunakan material yang bagus dan rapi. Akan tetapi untuk iPhone HDC selalu menggunakan material plastik dan terkadang pengerjaannya tidak rapi, atau ada bagian yang kasar, bahkan tidak rapat. 

5. Perikasa Garansinya

Setiap hp selalu memiliki IMEI. Maka bagi kalian yang ingin melihat hp iPhone yang akan kalian beli itu ori atau tidak sebaiknya cek terlebih dahulu terkait dengan IMEI dari iPhone tersebut.

6. Perhatikan Kualitas Tampilan Layar

Pada poin ini sebaiknya kalian membandingkannya dengan layar dari iPhone lain karena akan sangat terlihat jelas perbedaan retina display tersebut jika secara langsung dibandingkan dengan hp iPhone lainnya.

7. Penggunaan Tombol Screenshot

iPhone ori biasanya menggunakan tombol kunci dan home secara bersamaan sedangkan untuk iPhone HDC tidak bisa melakukan screenshot jika dengan tombol tersebut.

8. Bandingkan Harganya

Bila menemukan hp iPhone keluaran terbaru dengan harga yang terjangkau bisa dicurigai bahwa itu adalah iPhone HDC. Karena sejauh ini, iPhone rilisan terbaru yang resmi, tidak pernah dijual di bawah harga pasaran.

9. Fitur dan Spesifikasi

Agar terlihat seperti aslinya, biasanya fitur dan spesifikasi yang dimiliki oleh iPhone HDC tersebut dibuat mirip, namun tentunya secara kualitas tidak akan bisa sama. Penjual yang nakal akan selalu mencari cara untuk mengelabui konsumen awam yang tidak memperhatikan fitur san spesifikasi.

10. Slot MicroSD

Jika kalian menemukan produk Apple yang memiliki slot microSD, maka sudah bisa dipastikan bahwa perangkat tersebut merupakan sebuah iPhone HDC, karena versi ori tidak memiliki slot microSD. 

Jangan Tergiur Harga Murah

Itulah penjelasan mengenai hp HDC, terutama iPhone HDC yang marak di pasaran. Termasuk cara membedakan iPhone HDC dengan iPhone original lengkap dengan seri iPhone yang banyak HDC nya.

Hal ini cukup penting agar Anda tidak tertipu dengan tawaran harga iPhone HDC yang murah. Semoga membantu!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1551 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.