Diperbaharui pada Rabu, 29 Desember 2021 | 09:38

7 Cara Menghasilkan Uang dari YouTube dengan Cepat

cara mendapatkan uang dari youtubeFoto: Pixabay

Siapa yang tidak tahu Youtube? Rasanya semua orang tahu platform untuk menonton video yang sekaligus telah menjadi salah satu platform media sosial favorit pengguna internet di penjuru dunia ini, termasuk fitur monetisasinya.

Banyaknya konten video baru yang dapat ditemukan di Youtube setiap hari, jelas menunjukkan popularitasnya. Dengan fakta tersebut, maka tidak heran banyak sekali kreator konten yang bertumpu pada Youtube untuk mendapatkan uang.

Selain monetisasi dengan memanfaatkan fitur AdSense di Youtube, ada beberapa cara lain yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan uang dari Youtube.

Cara Menghasilkan Uang dari Youtube

Cara mendapatkan uang dari youtubeFoto: Pixabay

Bukan hanya menjadi platform di mana pengguna bisa menikmati video yang mereka suka atau menikmati musik dari para musisi favorit, Youtube saat ini telah berkembang menjadi “ladang uang”.

Selama beberapa tahun belakangan, para pembuat konten alias content creator di Youtube membuktikan bahwa hal yang sebelumnya mereka lakukan sebagai hobi atau hanya untuk mengisi waktu luang bisa menjadi pundi uang. 

Untuk bisa menghasilkan uang melalui Youtube, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan.

1. Buat Akun Goggle dan Kembangkan Kanal

Ini adalah langkah pertama, dimana kamu harus punya akun dan email Google terlebih dahulu, setelah itu, buat akun Youtube untuk channel kamu.

Setelah memiliki akun Youtube, langkah selanjutnya adalah dengan mengambangkan kanal tersebut agar kamu bisa segera memonetisasinya, mulai dari membuat tema kanal, menyusun konsep video, memilih format video yang mencerminkan gayamu, dan sebagainya.

2. Buat Konten Menarik untuk Meningkatkan Subscriber

Setelah konsep dan tema channel Youtube ditentukan, selanjutnya adalah mengumpulkan subsriber. Mulai lah membuat konten yang menarik dan berkualitas untuk menambah jumlah subscriber dan video view.

Jadi, untuk mendapatkan uang dari Youtube kamu harus memperhatikan kualitas konten video yang kamu buat. Pasalnya, jumlah pemasukan yang kamu terima sangat bergantung pada jumlah klik, view, dan faktor-faktor lain yang menunjukkan engagement tinggi antara channel Youtube kamu dengan para penonton.

Sebenarnya, tidak ada formula pasti soal bagaimana membuat konten video yang menarik. Apalagi, ukuran “menarik” itu berbeda-beda untuk masing-masing orang, mengingat selera dan minat setiap orang juga berbeda.

Meski begitu, kamu bisa buat konten berkualitas dengan merancang konsepnya secara seksama. Selain itu, pilihlah kamera video yang berkualitas baik agar hasil video yang diambil bisa membuat penonton menikmati konten dari awal hingga akhir.

3. Aktifkan Monetisasi (Program Partner Youtube)

Untuk mengaktifkan fitur monetisasi pada Youtube, kamu harus mencapai jumlah minimum 1000 subscriber dan 4000 jam view yang telah ditentukan oleh pihak Youtube. Setelah mencapai jumlah minimum tersebut, baru lah kamu bisa melakukannya.

Satu hal yang cukup penting, pastikan channel kamu advertiser-friendly, artinya tidak berisi konten-konten negatif. Cara untuk menghasilkan uang dari Youtube dengan cara monetisasi ini dilakukan dengan menghubungkan Google AdSense dengan kanal Youtube. 

Hal ini diperlukan untuk melacak pemasukan kamu dari video yang diunggah, dan menjadi saluran perantara untuk mengirimkan uang yang sudah dihasilkan, ke rekening kamu. Setelah ini, pada dasarnya kamu sudah siap mendapatkan uang dari Youtube.

YoutubeFoto: Pixabay

4. Aktifkan Channel Membership

Cara lain untuk menghasilkan uang dari Youtube adalah dengan mengaktifkan fitur Channel Membership di Youtube, sehingga para penonton setiamu bisa berlangganan.

Kelebihan dari Channel Membership ini adalah konten-konten eksklusif yang hanya bisa ditonton oleh subscriber yang telah berlangganan saja, jadi mereka akan mendapatkan perlakuan istimewa sebagai pengikut kanal setiamu.

Untuk mengaaktifkan fitur ini, kamu harus mencapai jumlah subscriber minimum 30,000.

5. Dekati Brand sebagai Influencer

Selain menggunakan fitur-fitur Youtube, kamu juga bisa menjadi influencer untuk mempromosikan berbagai produk dari brand-brand yang ingin beriklan di videomu.

Berbeda dengan monetisasi, menghasilkan uang dari Youtube dengan cara ini mengharuskan kamu untuk memajang atau memakai produk dari brand di dalam videomu. Selain itu, biasanya kamu juga diharuskan menyampaikan pesan-pesan sponsor kepada penontonmu.

6. Jualan Merchandise

Bila channel Youtube kamu sudah memiliki cukup banyak pengikut setia, tidak ada salahnya kamu mulai membuat merchandise yang akan kamu jual kepada mereka. Tidak perlu sesuatu yang rumit, karena bisa berupa kaos, aksesoris, atau produk-produk lain yang terasosiasi dengan kanalmu.

Cara ini terbukti dapat menjadi pemasukan tambahan selain pendapatan uang dari AdSense. Satu hal perlu diperhatikan, kamu harus memasang harga merchandise yang wajar, ya.

7. Ikuti Program Afiliasi dari Brand

Selanjutnya, kamu juga bisa mencoba program afiliasi dari berbagai brand, dimana nantinya kamu akan menempatkan link di deskripsi video kamu, untuk mengarahkan penonton membeli satu produk tertentu.

Brand-brand yang menyediakan program afiliasi atau affiliate program diantaranya adalah Shopee, blibli, Lazada, dan lain sebagainya.

Bagaimana, cukup mudah kan? Cara menghasilkan uang dari Youtube yang kami jabarkan dalam artikel ini adalah cara-cara umum yang banyak dilakukan oleh para Youtuber dan terbukti cukup berhasil.

Jadi, pastikan untuk selalu konsisten dengan kreatifitasmu dan aktif membuat video-video berkualitas agar jumlah subscriber terus bertambah, ya. Selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1502 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.