Diperbaharui pada Jumat, 3 Februari 2017 | 11:54

Cara Mengaktifkan Fitur 4G LTE di Smartphone

Tahun 2017 ini kian banyak smartphone 4G LTE yang dipasarkan. Sayangnya, masih banyak pengguna smartphone yang kebingungan dalam mengaktifkan fitur 4G LTE di smartphone terbaru mereka. Bahkan, banyak pengguna yang salah kaprah dan terus mengganti kartu simcard akibat ponsel Android miliknya hanya bisa memunculkan jaringan 3G HSPA saja.

Bila demikian, kamu tidak perlu panik dan menjual ponsel Android 4G LTE milikmu. Pasalnya ada banyak cara mudah untuk mengaktifkan jaringan 4G LTE di smartphone.

Sebelum mengaktifkan, sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa smartphone yang kamu gunakan memang sudah support fitur 4G LTE. Tidak hanya itu, periksa juga apakah sim card yang digunakan memang sim card yang support 4G LTE juga. Selain itu, pastikan pula daerah tempat tinggal sudah mendapat jangkauan sinyal 4G LTE. Pasalnya masih banyak daerah di indonesia yang belum mendapat jaringan 4G LTE dari operator tertentu. Walaupun demikian, untuk kamu yang tinggal di kota-kota besar, sinyal 4G LTE sudah bisa dinikmati dengan lancar.  

Bila semua hal diatas sudah terpenuhi, kamu bisa mulai mengaktifkan fitur 4G LTE di smartphone dengan mudah. Berikut ulasannya.

Mengatur Pengaturan Smartphone

Untuk mengaktifkan fitur 4G LTE, kamu bisa masuk ke pengaturan smartphone. Lalu, pilih jaringan seluler atau lainnya. dalam bagian tersebut, pengguna bisa mengaktifkan Sim 1 atau Sim 2 sebagai jaringan utama. Setelah itu, masuk ke jenis jaringan yang dipilih.

Bila smartphone sudah support 4G LTE, akan muncul pilihan otomatis berupa  4G LTE. Nantinya secara otomatis, jaringan akan berubah menjadi HSDPA, 3G hingga 2G saat koneksi internet menurun. Untuk memastikan ponsel selalu dalam jaringan 4G LTE, kamu bisa pilih bagian LTE Only. Sayangnya, untuk pilihan ini, bila kamu berada di daerah yang tanpa 4G LTE, maka sinyal akan hilang.

Pengaturan Jaringan LTE Only Secara Manual

Pemilihan jaringan LTE only secara manual ternyata memiliki banyak keuntungan. Salah satunya, membuat koneksi jaringan lebih stabil karena smartphone hanya bisa membaca jaringan 4G LTE dan tidak berubah-ubah ke jaringan 3G. Tidak hanya itu, LTE Only juga diklaim menghemat baterai karena sistem Android tidak harus mencari koneksi alternatif.

Berikut ini pengaturan jaringan secara manual yang bisa kamu coba. Caranya tekan *#*#4636#*#*. Nantinya pada layar akan muncul berbagai tampilan informasi ponsel  termasuk baterai hingga wifi. Setelah itu pilih informasi telepon, lalu masuk ke koneksi sinyal dalam smartphone. Sama seperti pengaturan di atas, kamu bisa memilih LTE only agar smartphone bisa menggunakan jaringan 4G.

Menggunakan Aplikasi

Untuk kamu pengguna ponsel Android 4G yang tidak ingin repot mengutak-atik pengaturan ponsel. Kamu tetap bisa mengaktifkan fitur 4G LTE di smartphone. menggunakan aplikasi khusus pengubah jaringan 3G ke 4G di smartphone. Kamu cukup mencari aplikasi di Google Play Store dengan kata kunci 4G LTE Switch. Pilih aplikasi yang memiliki nilai tinggi dan review yang baik.

Dengan mengaktifkan jaringan 4G LTE di smartphone, pengguna bisa merasakan internet yang super cepat. Kamu bisa menikmati sensasi browsing yang lebih cepat dibandingkan jaringan 3G biasanya. Jadi segera aktifkan fitur 4G LTE di ponsel Android milikmu.

Baca juga artikel:
Ini Hape Android 4G LTE Terbaru Besutan Kampus ITB
Rekomendasi Ponsel Android 4G LTE Terbaik Kelas Menengah Desember 2016
Deretan Smartphone 4G LTE Murah Harga 1 Jutaan yang Ada di Pricebook
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts