Diperbaharui pada Rabu, 17 November 2021 | 11:51

Cara Mengatasi Insomnia Menggunakan Aplikasi Android

cara mengatasi insomniaFoto: Pexels

Apakah Anda kerap mengalami kesulitan untuk tidur? Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan masalah yang cukup mengganggu ini, seperti stress atau asupan kafein yang berlebih. Faktor-faktor tersebut akan menghambat Anda mendapatkan tidur berkualitas.

Gangguan tidur tersebut bisa menimbulkan banyak masalah di keesokan hari. Bahkan pada beberapa kasus, masalah insomnia ini bisa menimbulkan efek jangka panjang yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengatasi insomnia, salah satunya adalah dengan memanfaatkan aplikasi yang khusus dibuat untuk menganalisa kualitas.

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi terbaik untuk mengatasi insomnia.

1. Sleep Cycle: Sleep Tracker

Cara Mengatasi Insomnia Menggunakan Aplikasi Android-1

Ada banyak hal yang dilakukan aplikasi ini untuk membantu Anda menilai kualitas tidur Anda. Aplikasi Sleep Cycle: Sleep Tracker dibekali dengan berbagai fitur, salah satunya adalah smart alarm.

Selain itu, Anda juga dapat memasukkan info detil terkait gaya hidup yang Anda jalani dalam keseharian, untuk membantu aplikasi ini dalam memberikan data yang akurat.

Cara kerja Sleep Cycle: Sleep Tracker adalah dengan merekam gerakan-gerakan yang Anda lakukan kala tidur. Gerakan tersebut akan dipakai untuk mengukur tingkat kelelapan tidur Anda.

Jika aplikasi ini mendeteksi tubuh Anda yang bergerak kurang dari jumlah wajar, maka aplikasi ini akan secara otomatis memberikan peringatan.

Data-data yang ditampilkan pada aplikasi Sleep Cycle: Sleep Tracker akan menunjukkan pola tidur Anda. Dengan analisa yang didapat dari data tersebut, Anda bisa mulai membentuk pola aktivitas yang akan membantu Anda mendapatkan tidur berkualitas.

Aplikasi ini juga dibekali dengan fitur suara/audio yang akan membantu Anda untuk tidur di malah hari.

2. Runtastic Sleep Better

cara mengatasi sulit tidur

Fungsi dasar aplikasi ini adalah untuk mengukur tidur Anda dan memberikan informasi berupa mengenai porsi istirahat Anda. Menggunakannya cukup dengan meletakkan smartphone di dekat bantal. 

Aplikasi ini menggunakan accelerometer untuk merekam pergerakan yang Anda lakukan di malam hari, dan selama Anda tertidur fiturnya akan bekerja secara otomatis untuk mengukur waktu tidur.

Untuk membuat Runtastic Sleep Better bekerja lebih optimal, Anda juga perlu "melaporkan" jumlah asupan kafein dan waktu olahraga, dengan menyentuh tombol-tomol dan opsi yang tersedia pada aplikasi.

Aplikasi Runtastic Sleep Better juga bisa menggambarkan mimpi Anda, baik mimpi menyenangkan maupun buruk, dengan ikon yang tersedia. Data-data yang telah dikumpulkan akan menjadi bahan analisa untuk mengetahui kualitas istirahat Anda.

3. White Noise

cara mengatasi sulit tidur

Aplikasi White Noise berfungsi sebagai perangsang tidur dengan menyediakan berbagai suara background untuk membantu Anda tidur lelap.

Bila Anda mengunduh versi Pro-nya, Anda bisa menggabungkan beberapa suara sekaligus untuk memberikan efek yang lebih ampuh. Salah satu kombinasi terbaik adalah suara gemuruh petir dan hujan deras.

Namun bila Anda lebih memilih untuk menggunakan versi Lite dari aplikasi ini, fitur-fitur yang tersedia juga sudah cukup untuk dapat membantu Anda tidur nyenyak di malam hari.

Nah, itu dia rekomendasi aplikasi yang dapat membantu Anda tidur dan megatasi masalah insomnia yang Anda alami. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

895 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.