Diperbaharui pada Sabtu, 14 Januari 2023 | 15:00

Perbedaan RAM dan ROM pada Hp dan Laptop

Beda RAM dan ROM

Salah arti mengenai perbedaan RAM dan ROM masih banyak dijumpai. Hal ini cukup penting, karena jika salah mengartikan keduanya, bisa-bisa kita keliru memilih hp, laptop ataupun komputer.

Singkatnya, RAM dan ROM merupakan komponen penting yang berkaitan dengan performa perangkat hingga penyimpanan data. Meski secara fungsi keduanya tak berbeda jauh, tapi RAM dan ROM punya perbedaan yang cukup signifikan.

Biar lebih paham, berikut penjelasan lengkap mengenai perbedaan RAM dan ROM, fungsi, hingga pengertian keduanya.

Apa itu RAM

RAM atau Random Access Memory adalah komponen penyimpanan data program dalam komputer yang sedang digunakan atau saat komputer dalam keadaan hidup.

RAM umumnya hadir dalam besaran MB (megabyte) hingga GB (Gigabyte) dan memiliki kecepatan nanodetik. Kapasitas besar kecilnya RAM ini akan berpengaruh terhadap kecepatan sebuah perangkat.

Jadi semakin banyak data yang dibaca dan disimpan dalam RAM, maka performa perangkat akan berkurang atau melambat.

Beda RAM dan ROM

RAM diibaratkan sebagai ruang yang digunakan untuk menjalankan aktifitas dari sebuah program yang dibuka saat komputer atau smartphone digunakan.

Semakin banyak aplikasi yang terbuka atau digunakan, semakin kecil ruang RAM dan semakin melambat kinerja perangkat. Namun saat komputer, laptop dan smartphone mati, RAM akan kembali kosong.

Apa itu ROM

ROM atau Read Only Memory adalah komponen memori yang berfungsi untuk menyimpan bebagai program yang terdapat pada komputer, laptop hingga smartphone. ROM ini biasanya dapat menyimpan berbagai file seperti musik, gambar dan video.

Beda RAM dan ROM

Berbeda dengan RAM, bila perangkat mati, data-data yang tersimpat tidak akan hilang. Semakin besar kapasitas ROM, semakin besar pula ruang yang tersedia untuk diinstal aplikasi atau program.

Meski jumlah ROM setiap perangkat terbatas, kamu bisa menggunakan memori eksternal untuk media penyimpanan tambahan mendampingi ROM.

Perbedaan definisi RAM dan ROM di atas semakin memastikan kedua komponen ini sangat penting. Tanpa RAM dan ROM, tentu kamu akan kesulitan mengoperasikan perangkat komputer, laptop dan smartphone.

Perbedaan RAM dan ROM

Setelah membahas arti dan fungsi RAM dan ROM, sekarang simak penjelasan perbedaan RAM dan ROM yang wajib kamu ketahui :

1. Kapasitas

Perbedaan RAM dan ROM
RAM umumnya memiliki kapasitas MB hingga GB dengan kecepatan cukup tinggi dibanding ROM. RAM juga bisa ditingkatkan kapasitasnya atau diupgrade.

Berbeda dengan ROM yang tidak bisa diotak-atik karena diisi oleh pabrik pembuatnya sendiri. ROM biasanya memiliki kapasitas cukup besar 4 GB, 32 GB hingga 512 GB.

RAM sendiri biasanya berwujud IC atau integrated circuit. Jumlah RAM juga bisa ditambah sehingga performa komputer atau laptop semakin meningkat. Untuk smartphone, RAM berwujud Flash Memory yang sayangnya tidak bisa ditambah.

2. Keamanan

Perbedaan RAM dan ROM
Perbedaan RAM dan ROM yang berikutnya mengenai sistem keamanan. Data yang tersimpan dalam ROM tidak mudah hilang dan bersifat permanen karena pada saat proses penyimpanan tidak membutuhkan daya.

Sedangkan data yang tersimpan dalam RAM mudah hilang, apalagi saat komputer atau smartphone dimatikan. Hal ini disebabkan dalam proses penyimpanan RAM membutuhkan daya.

3. Penulisan dan Pengisian data

Perbedaan RAM dan ROM berikutnya dalam hal pengisian data, ROM tidak dapat diisi atau ditulis dengan mudahnya. Sedangkan RAM bisa ditulis atau diisi sewaktu-waktu ketika perangkat dijalankan.

Sebagai contoh, saat kamu membeli smartphone dengan ROM 4 GB, kamu tidak sepenuhnya mendapat memori berkapasitas 4 GB, tapi hanya 2,5 GB saja. Sementara 1,5 GB lainnya sudah terisi oleh sistem data pabrikan pembuat ROM.

4. Sifat penyimpanan data

Penyimpanan data pada ROM tidak akan hilang atau bersifat permanen. Sedangkan penyimpanan data RAM bersifat sementara atau bisa hilang jika perangkat dimatikan.

5. Daya yang digunakan

Perbedaan RAM dan ROM
Penyimpanan data atau file yang dilakukan ROM tidak membutuhkan daya listrik. Sedangkan RAM membutuhkan daya untuk menyimpan data program. Hal inilah yang membuat data dalam ROM tidak akan hilang meski perangkat dimatikan.

Sebagai contoh, bila kamu mengetik di Microsoft Word, dan data tersebut belum disimpan lalu komputer atau laptop mati, maka tulisan kamu akan hilang. Namun, bila tulisan kamu sudah disimpan di ROM, data tidak akan hilang dan kamu bisa melanjutkan mengetik kembali.

6. Jenis Produk

Perbedaan RAM dan ROM juga tampak dari jenis produk yang digunakan. ROM memiliki jenis PROM atau Programmable Read Only Memory yang diproduksi sebagai memori kosong. Contohnya CD-ROM.

Sedangkan RAM memiliki berbagai jenis produk. Namun ada dua yang umum digunakan yakni DRAM dan SRAM. DRAM biasanya hadir dalam satu paket dalam sistem hardware standar.

 Untuk kecepatan, SRAM lebih cepat daripada DRAM. Hal ini terjadi DRAM butuh refresh ribuan kali. DRAM memiliki kecepatan 60 nanodetik, sedangkan SRAM 10 nanodetik.

Manfaat Mengenal RAM dan ROM

Dengan penjelasan mengenai arti dan fungsi RAM dan ROM kamu pasti akan lebih mudah untuk menentukan Hp, laptop atau komputer yang sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu penjelasan perbedaan RAM dan ROM juga akan membantu kamu agar tidak keliru dalam memilih Hp, laptop atau komputer bersadarkan spesifikasinya.

Semoga dengan membaca artikel ini sebelum memutuskan untuk membeli gadget akan membuat kamu memilih gadget dengan tepat.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2441 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.