Diperbaharui pada Selasa, 9 Januari 2024 | 15:50

Garmin Venu 3 dan vivoactive 5 Dukung Atlet Disabilitas Jakarta Swift Wheelchair Basketball

garmin jakarta swift wheelchair basketballFoto: Garmin

Garmin resmi mengumumkan kemitraan dengan Jakarta Swift Wheelchair Basketball pada Selasa (9/12), melalui program “Give A Garmin”, yang merupakan sebuah kolaborasi dengan tujuan untuk memberdayakan atlet penyandang disabilitas, sekaligus mendorong pertumbuhan olahraga bola basket kursi roda di Indonesia.

Give A Garmin merupakan program tahunan yang dilaksanakan setiap bulan Desember, dengan menyumbangkan sebagian dari hasil penjualan produk smartwatch Garmin. Tahun ini, sumbangan senilai Rp 100 juta diberikan ke Jakarta Swift Wheelchair Basketball.

Selain dalam bentuk uang tunai, sumbangan tersebut juga diberikan dalam bentuk produk smartwatch Garmin vivoactive 5 terbaru yang memiliki Mode Kursi Roda.

Menurut Chandrawidhi Desideriani selaku Marketing Communication Manager Garmin Indonesia, terpilihnya tim Jakarta Swift Wheelchair Basketball adalah selain karena merupakan salah satu klub bola basket kursi roda pertama di Indonesia, juga karena kontribusinya dalam melahirkan banyak atlet nasional.

“Garmin melihat olahraga untuk atlet penyandang disabilitas belum banyak mendapatkan perhatian. Melalui kemitraan dengan Jakarta Swift Wheelchair Basketball, kami berharap dapat memberdayakan anggota yang juga para atlet, serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bola basket kursi roda,” tutur Chandrawidhi.

garmin jakarta swift wheelchair basketballFoto: Garmin

Jakarta Swift Wheelchair Basketball saat ini beranggotakan 30 atlet, dengan 4 di antaranya adalah atlet nasional. Kehadiran vivoactive 5 diharapkan dapat membantu mereka untuk memantau performa dan berlatif dengan lebih efektif.

Mode Kursi Roda adalah profil aktivitas khusus di Venu 3 dan vivoactive 5 yang dapat melacak metrik khusus untuk pengguna kursi roda, seperti dorongan harian, jarak, kecepatan, pukulan, dan detak jantung. 

Program Manager and Coach dari Jakarta Swift Wheelchair Basketball, Salim Nurjadin berjanji bahwa pendanaan yang diterima dari Garmin akan digunakan untuk menunjang pelatihan dan pengembangan tim, termasuk membeli peralatan baru dan menggelar acara berbasis komunitas.

“Kami memanfaatkan vivoactive 5 untuk memantau progres yang dibuat oleh anggota Jakarta Swift Wheelchair Basketball. Smartwatch ini memberikan insight yang lengkap mengenai kinerja mereka, sehingga membantu berlatih dengan lebih cerdas untuk mencapai target PB (Personal Best)." tutur Salim.

Salah satu anggota Jakarta Swift Wheelchair Basketball yang sekaligus adalah atlet nasional, Farhan Amirullah mengaku bahwa Garmin vivoactive 5 memberikan peningkatan performa yang signifikan saat digunakan selama latihan.

Menurut Farhan, data real-time yang diberikan oleh vivoactive 5 dapat membantunya untuk berlatih dengan cerdas, dan mengidentifikasi area mana saja yang perlu ditingkatkan, termasuk menentukan tujuan spesifik berdasarkan metrik kemampuan pribadinya.

Sebagai penutup, Chandrawidhi berharap kehadiran Mode Kursi Roda pada smartwatch Garmin vivoactive 5 dapat mendukung penggunanya secara maksimal, karena menurutnya, setiap orang berhak mendapatkan kesempatan berolahraga yang sama.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1496 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.