Diperbaharui pada Jumat, 5 Mei 2023 | 09:20

Cara Efektif Mengelola Keuangan dengan Aplikasi yang Tepat

jenis aplikasi keuanganFoto: Pexels

Mengelola keuangan di era digital semakin nyaman berkat teknologi yang mampu memberikan akses cepat dan kemudahan untuk melakukan berbagai jenis transaksi keuangan di mana dan kapan saja. Namun, apakah pengelolaan tersebut dapat dilakukan secara efektif?

Mengelola keuangan dengan baik memiliki manfaat, salah satunya adalah membantu untuk mencapai tujuan finansial jangka panjang, sekaligus meningkatkan stabilitas keuangan. 

Dewasa ini, banyak aplikasi keuangan yang menawarkan berbagai fitur, kemudahan, bonus, dan iming-iming keuntungan lebih dari berbagai transaksi yang dilakukan.

aplikasi pengelola keuanganFoto: Pexels

Secara umum, aplikasi keuangan memang membantu dalam pengelolaan keuangan, namun bila penggunaannya tidak efektif, justru malah merugikan. Untuk itu, kita perlu mengenali jenis dan fungsi aplikasi keuangan yang tepat sesuai kebutuhan.

Berikut jenis-jenis aplikasi keuangan berdasarkan fungsi dan manfaatnya:

  1. Aplikasi Manajemen Keuangan: Aplikasi ini membantu pengguna dalam memantau pengeluaran dan pendapatan secara real-time. Beberapa contoh aplikasi managemen keuangan di antaranya; Money Lover dan Dompetku.
  2. Aplikasi Perbankan: Aplikasi perbankan memungkinkan pengguna untuk mengakses rekening tabungan, melakukan transfer uang, membayar tagihan, dan melacak transaksi keuangan. Contoh aplikasi perbankan adalah BCA Mobile, Mandiri Online, NeoBank, SeaBank, dan Jenius.
  3. Aplikasi Investasi: Fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk berinvestasi, sehingga diperlukan riset sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Perlu diingat, aplikasi jenis ini bukan bertujuan untuk mendapatkan keuntungan secara instan, karena perlu perencanaan jangka panjang. Contoh aplikasi investasi antara lain; Ajaib, LakuEmas, Bibit, dan Bareksa.
  4. Aplikasi Perencana Keuangan: Aplikasi ini membantu pengguna dalam merencanakan keuangan jangka panjang seperti perencanaan pensiun dan investasi jangka panjang. Beberapa contoh aplikasi perencana keuangan adalah Finansialku, Bareksa Plan, dan Uangteman.
  5. Aplikasi Pengelola Hutang: Aplikasi ini membantu pengguna dalam mengelola hutang melalui catatan dan fitur pengingat pembayaran. Contoh aplikasinya antara lain; Lunasbos, Pengelola Utang, dan Hutang Apps.
  6. Aplikasi Dompet Digital: Aplikasi ini berfungsi sebagai alat pembayaran digital baik online maupun offline yang bermanfaat untuk mengontrol pengeluaran. Bila digunakan dengan bijak, aplikasi ini akan sangat membantu mengelola keuangan. Contoh aplikasinya seperti OVO, GoPay, dan Dana.

Mengingat pentingnya fungsi aplikasi keuangan, maka diperlukan jaringan internet yang baik agar transaksi dapat dilakukan dengan lancar tanpa hambatan. Salah satu internet provider dengan jaringan internet cepat dan stabil adalah IndiHome dari Telkom Indonesia. 

Hadirnya aplikasi-aplikasi pengelola keuangan ini memberi keuntungan dari segi keamanan dan kemudahan, karena dengan begitu, aktivitas mengelola pemasukan dan pengeluaran dapat dilakukan dari rumah melalui smartphone atau tablet.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1503 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.