Diperbaharui Pada Rabu, 27 Mar 2024 | 15:45

Cara Unlock IMEI yang Terblokir di Android dan iPhone

Apakah kamu pernah dalam situasi dimana hp Android atau iPhone tiba-tiba IMEI terblokir. Pastinya akan memuat jengkel karena hp tidak bisa digunakan. Tapi taukah kamu kenapa IMEI bisa diblokir?

Ada beberapa penyebab kenapa IMEI terblokir. Salah satu yang paling mungkin adalah adanya pemberlakuan aturan IMEI di Indonesia.

Dimana setiap hp yang masuk ke pasar tanah air secara ilegal alias Black Market (BM) tidak akan bisa digunakan. Karena IMEI terblokir oleh provider atas permintaan dari pemerintah.

Untuk mengecek apakah IMEI kamu terblokir atau tidak bisa lakukan pengecekan IMEI di Kemenperin. Cara cek IMEI hp resmi atau tidak cukup dengan memasukkan nomor IMEI hp.

Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka browser pada hp (browser bawaan atau pihak ketiga) dan kunjungi https://imei.kemenperin.go.id/
  • Masukkan nomor IMEI (paste) lalu tekan Enter
  • Jika hp resmi akan muncul notifikasi “IMEI terdaftar di database Kemenperin”
  • JIka hp BM akan muncul notifikasi “IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin”
  • Untuk hp yang tidak terdaftar di Kemenperin (pembelian setelah 18 April 2020) secara otomatis tidak bisa mendapatkan layanan seluler dari operator (tidak bisa telepon, SMS atau internetan) dan hanya bisa menggunakan akses Wifi.

Lalu kalau sudah terlanjur membeli hp BM dan IMEI terblokir bagaimana? Tenang, ada cara untuk membuka blokirnya atau istilah populernya unlock IMEI. Lanjut ke pembahasan di bawah.

Cara Unlock IMEI yang Terblokir

Berikut cara untuk membuka IMEI yang terblokir, baik untuk hp Android dan juga iPhone :

  • Langkah pertama adalah mengunjungi situs Bea Cukai dan mengisi formulir pendaftaran IMEI.
  • Setelah perangkat hp didaftarkan dan data-data yang diperlukan telah kamu isi, maka proses registrasi sudah selesai. 
  • Selanjutnya, kita akan menerima kode QR dan nomor registrasi.
  • Langkah terakhir adalah mengunjungi kantor Bea Cukai setempat dan meminta persetujuan.
  • Bila permohonan disetujui, maka kamu harus membayar pajak sesuai dengan undang-undang yang berlaku, dan hp tersebut bisa dipakai sebagaimana mestinya.

Pertanyaannya, apakah buka IMEI bayar? Untuk pendaftaran IMEI tidak dipungut biaya, hanya saja pengguna harus mengeluarkan biaya kepabean untuk impor hp tersebut.

Lalu bagaimana dengan jasa unlock IMEI yang marak dipasaran. Cara ini tidak dianjurkan karena ilegal dan termasuk praktik yang melanggar hukum. Apalagi unlock IMEI ilegal ini umumnya memiliki jangka waktu tertentu.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk unlock IMEI yang terblokir. Namun sebelum mengambil tindakan, cari tahu dulu penyebab IMEI terblokir ya. Selamat mencoba!

Content Writter

2449 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.