Diperbaharui pada Jumat, 15 Juli 2022 | 15:22

Cara Transfer Data Menggunakan Google Authenticator, Lebih Praktis

Cara Memindahkan Akun Google Lewat Google Authenticator

Jika anda mempunyai smartphone baru, pasti Anda ingin memindahkan data dari smartphone lama ke smartphone yang baru. Salah satu cara yaitu dengan memindahkan Google Authenticator ke smartphone baru agar melindungi data yang anda miliki di Google. Apa yang dimaksud dengan Google Authenticator? Berikut penjelasannya.

Aplikasi ini memanfaatkan konsep keamanan otentikasi dua faktor (Two Factor Authentication / 2FA) dalam bentuk QR code atau kode khusus yang terkirim melalui aplikasi. Anda harus memastikan masih bisa mengakses kode autentikasi dan masuk ke akun, karena tanpa kode tersebut akun akan terkunci dan tidak bisa diakses.

Di tengah masalah privasi yang terus meningkat, otentikasi dua faktor menjadi penting untuk membantu melindungi keamanan akun dengan mempersulit orang lain mengambil alih akun Google Anda. Aplikasi ini mewajibkan kode enam digit yang dibuat secara acak setelah memasukan sandi.

Ada beberapa opsi yang diberikan ketika menerima kode 2FA yaitu melalui SMS atau menggunakan aplikasi khusus seperti Google Authenticator. Tetapi tidak disarankan melalui SMS karena banyak kasus peretas yang berhasil menipu operator dan berhasil mengakses kode otentikasi.

Google Authenticator tidak hanya tersedia di Android, tetapi juga sudah bisa diakses pada platform iOS. Pengguna bisa leluasa memindahkan data dari Hp iOS ke Hp Android tanpa khawatir data akan hilang.

Cara Menggunakan Google Authenticator

Cara Menggunakan Google Authenticator

Jika Anda berpindah dari hp Android ke smartphone lain seperti iPhone, pastikan sudah mendownload Google Authenticator versi terbaru di smartphone lama. Jangan lupa juga untuk mendownloadnya di smartphone baru.

Berikut ini langkah-langkah untuk memindahkan akun Anda dari smartphone yang lama ke smartphone baru: 

  1. Pada smartphone lama, buka aplikasi Authenticator, kemudian klik ikon menu tiga titik vertikal di kanan atas layar serta pilih Transfer Accounts
  2. Pilih Export Accounts dan masukkan kode PIN data diminta
  3. Pilih akun yang ingin ditransfer lalu ketik Next
  4. Di smartphone anda yang baru buka aplikasi Authenticator, klik Get Started
  5. Pilih Import Existing Account? Yang terletak di bagian bawah layar
  6. Pilih Scan QR Code dan pindai QR code yang terdapat pada smartphone yang akan Anda transfer datanya

Kalau cara itu tidak berhasil, Anda juga bisa mengatur otentikasi menggunakan cara lama yaitu memindahkan melalui PC. Berikut caranya:

  1. Kunjungi situs resmi Google Two-Step Verification di PC dan Masuk ke akun Google Anda. Klik Continue untuk tahap selanjutnya
  2. Klik opsi Set Up yang tertera di menu Authenticator App
  3. Akan muncul pilihan yang meminta pengguna untuk memilih jenis smartphone. Jika sudah dipilih, situs akan menampilkan QR code pada layar PC
  4. Pindai kode tersebut menggunakan smartphone baru Anda. Lalu masukkan kode yang tertera pada aplikasi Google Authenticator dan klik Verify

Ulangi proses ini untuk setiap aplikasi yang menggunakan Google Authenticator, seperti akun media sosial. Semoga artikel ini bisa membantu Anda memindahkan data dari smartphone lama ke smartphone baru, selamat mencoba!

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1172 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.