Diperbaharui pada Senin, 11 Juli 2022 | 17:50

Cara Membuat Akun Twitter Verified dan Keuntungannya

Cara bikin akun Verified di TwitterFoto: Pexels

Setelah ramai dibicarakan karena baru saja meluncurkan fitur story yang disebut Twitter Fleets, kini Twitter kembali menghadirkan pengajuan vertifikasi atau centang biru, yang sempat ditiadakan sejak tahun 2017 lalu.

Apa Sih Gunanya Centang Biru Twitter?

Cara bikin akun Verified di TwitterFoto: Twitter

Vertifikasi atau centang biru pada akun Twitter menandakan bahwa pemilik akun tersebut merupakan orang penting seperti artis, politikus, public figure, organisasi, bisnis, dan sebagainya. Centang biru menunjukan bahwa akun tersebut asli dan terpercaya.

Untuk mendapatkannya, pemilik akun harus terkenal dan memiliki banyak pengikut. Namun, vertifikasi atau pengajuan centang biru pada akun Twitter memiliki ketentuan baru untuk mendapatkannya.

Pada tahun 2017, Twitter sempat menghentikan pengajuan centang biru atau vertifikasi akun. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kekecewaan perusahaan terhadap keputusan mereka sendiri, karena telah memberikan centang biru pada akun suspremasi kulit putih yang mengorganisir protes rasial di Charlotterville, Virginia, pada Agustus 2017 lalu.

Kini, Twitter mengonfirmasi secara resmi bahwa program vertifikasi akun atau pengajuan centang biru untuk umum, dengan beberapa perubahan aturan. Bagaimana cara mendapatkannya?

Cara Membuat Akun Verified di Twitter

Cara Bikin Akun Verified di TwitterFoto: Twitter

Masih sama seperti pada metode lama, para pengguna Twitter bisa mendapatkan centang biru jika aktif, terkenal, dan memiliki banyak pengikut.

Namun kini Twitter memperketat persyaratannya dengan hanya memberikan 6 jenis akun yang bisa diverifikasi. Berikut ada enam cara membuat akun verified twitter dan juga jenis akun yang bisa mengajukan verifikasi: 

  1. Pemerintah.
  2. Perusahaan, Brand, Organisasi Nirlaba
  3. Media/Berita.
  4. Hiburan.
  5. Olahraga.
  6. Aktivis, Penyelenggara, dan Individu Berpengaruh Lainnya.

Untuk sementara ini, belum ada informasi tentang cara pengajuan verifikasi akun versi baru. Namun, cara pengajuannya kemungkinan masih sama dengan yang sebelumnya. Berikut cara mengajukan verifikasi akun Twitter:

  1. Lengkapi profil Twitter dengan menambahkan profil, foto sampul, nama, website, dan biografi.
  2. Verifikasi email dan nomor HP 3. Masukan tanggal lahir kamu.
  3. Setting akun ke publik.
  4. Kunjungi formulir verifikasi di Twitter, dan ikuti semua arahan didalamnya.

Jika semua data sudah lengkap klik Submit Form. Selanjutnya, Twiter akan memeriksa profil kamu terkait permohonan centang biru disetujui atau tidak. Jika ada data yang kurang Twitter akan menolak permohonan mu dengan notifikasi Account Not Eligible for Review.

Ketentuan Penghapusan Centang Biru

Twitter juga menambahkan fitur menghapus verifikasi akun secara otomatis jika akun tidak aktif, atau jika profil tidak lengkap, serta fitur untuk menolak atau menghapus verifikasi dari akun tertentu yang terdeteksi sering melakukan pelanggaran Peraturan Twitter.

Untuk saat ini, belum ada tanggal pasti kapan pengajuan Twitter Verified dibuka Kembali, jadi, ikuti terus update-nya, ya.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1241 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.