Diperbaharui pada Senin, 1 Agustus 2022 | 10:11

Cara Pakai Memori Eksternal di iPhone

Cara Pakai Memori Eksternal iPhoneFoto: Pixabay

Memori merupakan salah satu hal terpenting pada komponen smartphone, khususnya untuk para pengguna iPhone, yang mungkin sering mengalami masalah seperti hp yang lag, tidak bisa mendownload aplikasi, gagal membuka aplikasi, bahkan tidak bisa mengupdate software.

Hal ini biasanya disebabkan karena Apple tidak menyediakan memori eksternal untuk produk smartphone mereka.  Berbeda dari smartphone lainnya yang dilengkapi dengan memori eksternal tambahan. 

Sebagai akibatnya, para pengguna iPhone harus menghapus atau mengosongkan memori untuk mengatasi masalah tersebut. 

Hal ini sering juga menjadi permasalahan sebelum membeli iPhone, kamu mungkin bisa saja membeli iPhone dengan harga yang lebih murah dengan memori yang kecil. Namun, kamu harus berhemat dalam penyimpanan data. 

Sementara itu, untuk iPhone dengan memori yang lebih besar dibanderol dengan harga yang jauh lebih mahal.  

Tapi tidak perlu pusing, disini kami akan memberikan cara pakai memori eksternal pada iPhone.

Cara Pakai Memori Eksternal Pada iPhone

Nampaknya, Apple telah mendengarkan keluhan para penggunanya tentang masalah ini. Apple memberikan dukungan penyimpanan eksternal dengan menggunakan konektor Lightning dan USB-C. Penasaran? Ikuti paduan berikut.

Langkah 1: Update iOS

Cara Pakai Memori Eksternal iPhone

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk menggunakan memori eksternal adalah mengupdate iOS ke versi paling baru. Dukungan penyimpanan eksternal ini hanya bisa dilakukan untuk iPhone yang menjalankan software iOS 13 keatas. 

Caranya, buka pengaturan, pilih “General”, kemudian “Software update”. Setelah itu, apakah software pada iPhone mu sudah diperbarui atau belum. 

Jika belum, akan muncul opsi “Download and Install” tekan opsi tersebut dan tunggu beberapa saat untuk mengupdate.

Langkah 2: Periksa Perangkat Penyimpanan Eksternal

Cara Pakai Memori Eksternal iPhoneFoto: Pexels

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memeriksa apakah perangkat penyimpanan eksternal yang ingin digunakan kompatibel dengan iPhone kamu atau tidak.

Perlu diingat, iPhone memiliki konektor Lightning untuk menyambungkannya ke perangkat lain. Namun, tidak semua perangkat kompatibel dengan konektor Lightning tersebut. Jika demikian, kamu mungkin membutuhkan konektor tambahan untuk menghubungkannya.

Langkah 3: Sambungkan iPhone ke Perangkat Penyimpanan Eksternal

Setelah memeriksa 2 hal diatas, sekarang mulai hubungkan iPhone ke perangkat penyimpanan eksternal tersebut dengan menggunakan kabel Lightning. 

Setelah keduanya terhubung, buka aplikasi “File” di iPhone, pilih nama “Drive External”, kemudian kamu akan ditampilkan berbagai konten yang tersimpan dalam iPhone.

Pilih konten atau file yang ingin kamu simpan ke memori eksternal, disini kamu juga bisa menyalin, menghapus, memindahkan, dan mengganti nama pada file tersebut. 

Pilihlah sesuai apa yang kamu butuhkan, jika ingin menyalinnya, pilih “Copy”, file akan otomatis tersalin ke penyimpanan eksternal.

Bagaimana Jika File Tidak Terbaca?

Lalu, bagaimana jika file yang disalin tidak dapat terbaca pada perangkat penyimpanan eksternal? Jika kamu mengalami masalah saat mengakses file di perangkat penyimpanan yang terhubung, cobalah beberapa opsi ini.

Periksa koneksi

Periksa kembali apakah perangkatmu sudah terpasang dengan benar pada iPhone dan sudah menggunakan adaptor yang sesuai. Coba adaptor atau kabel yang berbeda, mungkin saja masalah ini terjadi karena kabel yang error.

Periksa format file drive

Pastikan perangkat penyimpanan eksternal diformat sehingga perangkat Mac dan iOS dapat membacanya. Misalnya, format file NTFS standar, yang biasa digunakan oleh Windows, tidak didukung oleh sistem. Kedua platform mendukung exFAT, tetapi format ini hanya mendukung file hingga 4GB.

Hubungi Support Apple

Jika masih mengalami masalah kami sarankan untuk menghubungi support Apple untuk mengkonsultasikan permasalahan iPhone kamu.

Nah itu dia cara menggunakan memori eksternal pada iPhone. Memang agak merepotkan, ya. Tapi setidaknya masalahmu bisa terselesaikan. Selamat mencoba.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1169 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.