Diperbaharui pada Senin, 24 Januari 2022 | 18:02

Cara Hapus File Recycle Bin Secara Otomatis di Windows dan Mac

Foto : Pexels

Bagi pengguna laptop, baik Windows maupun macOS dengan spesifikasi atau kapasitas RAM yang rendah, membersihkan dan menghapus data-data yang sudah tidak terpakai pastinya akan sangat penting dilakukan secara rutin untuk menjaga kapasitas memori tetap lega, agar bisa menyimpan data data penting lainnya.

Seperti yang kita ketahui, saat menghapus data pada laptop, terkadang data tersebut tidak langsung menghilang atau terhapus secara permanen.

Melainkan, data itu akan menjadi sampah dan tersimpan di aplikasi ‘recycle bin’ pada Windows, atau ‘trash’ pada macOS. Dengan begitu, memori pada laptop akan tetap penuh, hingga Anda menghapusnya lagi.

Artinya, Anda harus menghapus file yang tidak terpakai itu dua kali, dan tentunya hal ini akan sangat menyita waktu. Namun, tidak perlu khawatir, Anda bisa membuat recycle bin atau trash pada laptop untuk menghapus data secara otomatis setiap 30 hari. Penasaran? Ini dia caranya:

Cara Mengosongkan Recycle Bin di Windows Secara Otomatis

1. Buka Pengaturan> Sistem> Penyimpanan

Foto : Ubergizmo

2. Nyalakan tombol turn on di bawah tulisan penyimpanan dengan menggesernya kekanan

3. Pilih Configure Storage sense or run it now

4. Di bawah ‘Temporary File’, cari “Delete files in my recycle bin if they have been there for over”

Foto : Ubergizmo

5. Di kolom bawah pilih “30 days” dan di kolom bawahnya lagi pilih “Never”. Jadwal mengosongkan aplikasi ini bisa diatur menjadi 30 hari, 14 hari dan sebagainya sesuai dengan keinginan Anda.

Dengan ini Anda tidak perlu mengosongkon recycle bin secara manual. Jadwal yang telah Anda tentukan akan memberikan Anda waktu jika mungkin Anda berubah pikiran untuk tidak menghapusnya.

Cara Mengosongkan Trash macOS Otomatis

Sistem macOS yang dijalankan pada laptop MacBook buatan Apple juga memiliki aplikasi yang sama dengan recycle bin yang dinamakan “Trash” seperti halnya pada Windows, aplikasi ini juga bisa dikosongkan secara otomatis. Begini caranya:

  1. Buka Finder > Preference > Advanced
  2. Pilih " Remove items from the Trash after 30 days".
  3. Ulangi langkah-langkah di atas jika Anda ingin kembali ke mode manual

Anda juga bisa mengembalikan item yang mungkin telah dihapus secara keliru, dengan sangat sederhana. 

  1. Klik ikon Trash di Dock Anda.
  2. Seret item ke desktop, atau pilih item dan buka File> Taruh Kembali di mana file tersebut kemudian akan dikembalikan ke lokasi aslinya.

Bagaimana, mudah bukan? Namun, ini hanya berfungsi jika item masih ada di tempat sampah Anda. Selamat mencoba!

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1072 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.