Diperbaharui pada Senin, 11 Januari 2021 | 12:50

Cara Nge-Tweet Pakai Twitter Voice di iPhone

twitter voice for ios

Twitter merupakan salah satu media sosial yang bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan baik untuk terhubung dengan orang lain maupun untuk memperoleh informasi tercepat.

Sejak diluncurkan sekitar 14 tahun lalu, Twitter hanya bisa dipakai untuk mengirim tweet sebanyak 140 karakter. Seiring berjalannya waktu, Twitter terus berupaya melakukan inovasi mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan para pengguna.

Salah satunya adalah fitur Twitter voice iOS yang diperuntukkan bagi hp iPhone.

Kelebihan Twitter vs Media Sosial Lain

twitter voice

Banyak orang yang masih setia menggunakan Twitter, meskipun bermunculan berbagai jenis media sosial yang menawarkan berbagai kelebihan.

Kebanyakan orang menyukai Twitter karena aplikasi ini memiliki kelebihan yang berbeda. Pertama, Twitter memiliki tampilan minimalis sehingga terkesan lebih sederhana dibanding jenis media sosial lainnya.

Twitter juga menyediakan hanya beberapa fitur penting saja, karena aplikasi ini lebih mengutamakan komunikasi singkat. Kelebihan berikutnya yaitu, tidak adanya batas maksimum pertemanan.

Berbeda dengan jenis media sosial lainnya seperti Facebook yang membatasi jumlah pertemanan. Kelebihan Twitter ini memungkinkan seseorang bisa memperoleh followers dengan jumlah tak terbatas. Kamu juga tidak perlu khawatir jika ingin mengikuti tokoh idola yang sudah memiliki banyak followers.

Sedangkan kelebihan Twitter yang ketiga yaitu proses pendaftarannya yang mudah sehingga menjadikan Twitter sebagai media sosial dengan urutan nomor dua di dunia.

Kamu cukup meluangkan waktu selama tiga menit saja maka proses pendaftaran akun baru Twitter akan berhasil diproses.

Keempat, Twitter memiliki fitur trending topik sehingga kamu bisa selalu mengupdate informasi sekaligus trend terbaru sesuai perkembangan terkini.

Tak jarang, banyak konten viral di media sosial yang berasal dari Twitter. Kelebihan terakhir yang dimiliki oleh Twitter yaitu adanya fitur voice tweet yang memudahkan kamu saat membuat tweet baru.

Selain tidak perlu repot mengetik dan menyingkat tulisan, kamu bebas membuat voice tweet apapun dengan durasi 140 detik.

Bagi kamu yang ingin menyampaikan informasi penting namun tidak ingin terpotong karena batasan karakter pada tweet, sebaiknya pilih fitur voice tweet saja.

Meski hanya bisa dibuat oleh pemilik perangkat iOS namun pengguna dengan jenis smartphone lain masih bisa mendengarkan Twitter voice iOS yang kamu buat tersebut.

Apa Itu Twitter Voice iOS?

twitter voice

Selama ini Twitter dikenal dengan kolom tweetnya yang terbatas, dari semula 140 karakter kini menjadi 280 karakter. Hal ini tentu membuat tidak nyaman saat kamu menulis tweet.

Sebab kamu harus membuat singkatan supaya tulisan kamu bisa terupload tanpa ada bagian yang hilang. Untuk itulah kini Twitter berupaya membuat inovasi dengan menambahkan fitur Twitter voice namun masih khusus untuk perangkat iOS atau iPhone saja.

Bahkan diketahui masih jarang ditemukan apliaksi media sosial yang menyediakan fitur postingan status berupa voice note. Twiiter voice merupakan fitur merekam audio dengan durasi 140 detik.

Apabila rekaman tersebut melebihi 140 detik, maka tweet tersebut akan menjadi suara baru dan otomatis membuat utas. Tidak hanya menawarkan durasi voice note yang lama, Twitter voice iOS juga menjadikan tweet lebih praktis.

Sebab kamu tidak perlu repot menulis tweet yang panjang atau membuat singkatan pada tweet. Pengguna lain yang selama ini belum pernah bertemu dengan kamu, juga bisa mendengarkan suara kamu sehingga dapat memberikan keunikan tersendiri.

Fitur Twitter voice tersebut dibuat dalam bentuk ikon gelombang yang berada di sebelah ikon kamera ketika kamu menulis tweet. Cara pakai Twitter voice juga cukup mudah yaitu cukup dengan mengetuk ikon baru berbentuk gelombang.

Kemudian silahkan rekam suara kamu dan ketuk selesai bila kamu sudah selesai merekam. Kembalilah ke layar komposer jika ingin menambahkan tweet.

Twitter voice iOS memang didesain khusus untuk ditambahkan pada tweet asli sehingga pengguna tidak bisa memasukkan pada balasan atau retweet komentar.

Selain itu, gambar profil kamu juga akan selalu terlampir pada Twitter voice yang sudah terupload. Cara mendengarkan voice tersebut yaitu dengan mengklik tombol putar.

Pada perangkat iPhone, biasanya akan muncul dok di bawah aplikasi yang membuat pengguna bisa mendengarkan voice tweet tersebut serta terus menggulir timeline.

Cara Pakai Twitter Voice di iPhone

cara menggunakan twitter voice

Hadirnya fitur Twitter voice iOS memang sangat membantu para pengguna Twitter yang ingin menambahkan pesan suara ke tweet sebagai pelengkap tweet yang akan dibuat.

Fitur terbaru dari Twitter ini memang dikatakan masih dalam masa percobaan sehingga sementara hanya bisa digunakan pada smartphone iOS.

Sampai saat ini belum bisa diketahui kapan fitur terbaru Twitter ini bisa dinikmati pada perangkat android. Bagi kamu pengguna perangkat iOS tentu merasa gembira dengan adanya fitur Twitter voice.

Sebab kini kamu bisa mencoba menggunakannya melalui perangkat kamu. Lalu bagaimana cara menggunakan Twitter voice yang tepat di hp iOS?\

Berikut akan dijelaskan langkah-langkah cara pakai Twitter voice :

  1. Bukalah aplikasi Twitter yang sudah terpasang pada perangkat hp iOS kamu.
  2. Klik ikon tulis tweet untuk membuka tweet baru.
  3. Klik ikon voice tweet yang berupa ikon gelombang.
  4. Klik tombol rekam untuk memulai merekam suara kamu yang akan dijadikan pesan atau tweet. Jika sudah selesai, silahkan klik selesai.
  5. Kamu mempunyai pilihan untuk menambahkan teks pada tweet atau memulai utas menjadi beberapa tweet. kamu bisa merekam suara hingga 140 detik atau 2 menit 20 detik pada setiap tweet suara individu.
  6. Apabila pesan kamu lebih lama durasinya dari batas yang ditentukan, maka pesan tersebut akan menjadi utas secara otomatis sehingga menjadi 25 tweet.
  7. Ketika kamu sudah siap, silahkan klik tweet untuk mengirim tweet yang berisi voice tweet tersebut. Tunggulah voice tweet tersebut loading beberapa saat hingga voice tweet berhasil terupload.
  8. Cobalah untuk mendengarkan voice tweet yang sudah terupload tersebut untuk mengecek kualitas dan isi voice tweet yang sudah kamu buat.

twitter voice

Berkaitan dengan cara pakai Twitter voice, terdapat beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui. Twitter voice iOS akan dipublikaskan sebagai tweet dengan lampiran berupa audio yang bisa diputar oleh pengguna Twitter lainnya.

Selain itu, foto profil kamu juga akan ditambahkan sebagai gambar statis untuk lampiran audio tersebut. Namun foto profil pada voice tweet tersebut tidak bisa diperbaharuhi kecuali kamu mengganti foto profil akun Twitter kamu.

Ketika kamu mengetuk voice tweet milik orang lain maka suara tersebut terputar dan secara otomatis juga maju untuk voice tweet yang di threaded di iOS.

Pada perangkat iOS, ketika kamu mengetuk play maka otomatis akan memperkecil dock audio pada bagian bawah layar kamu. Hal ini membuat kamu bisa terus mendengarkan audio tersebut ketika menggulir melalui Twitter serta saat kamu meninggalkan aplikasi.

Hadirnya fitur Twitter voice memang menawarkan berbagai kelebihan yang membuat para pengguna tweet lebih mudah saat membuat tweet baru.

Apalagi cara pakai Twitter voice sangat mudah dan bisa dipraktikkan oleh pengguna baru Twitter. Namun untuk sementara fitur ini hanya bisa diterapkan pada hp iOS saja.

Sehingga bagi pengguna Android, harus bersabar menanti kapan fitur ini akan hadir di hp Android.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

995 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.