Diperbaharui pada Rabu, 20 Desember 2023 | 14:46

Cara Transfer Foto dari GoPro Langsung ke Laptop

Punya kamera GoPro memang menyenangkan karena bisa digunakan kapan saja dan di mana saja, bahkan di dalam air maupun dibawa panjat tebing.

Namun sedikit masalah terjadi ketika kamu hendak memindahkan foto dan video dari kamera GoPro ke laptop karena GoPro belum ada yang berbahasa Indonesia dan ketika langsung dicolokan dengan USB, kamera ini tak terdeteksi di computer.

Sebenarnya memang ada aplikasi yang harus diinstal dahulu agar laptop bisa mengenali kamera GoPro ini, semacam LG PC Suite untuk smartphone buatan LG gitu. Nah berikut ini ada panduan lengkap cara mendownload (memindahkan) foto dan video dari kamera GoPro ke laptop.

Ada tiga cara yang bisa kamu pilih untuk melakukan hal tersebut yaitu aplikasi GoPro Studio, Card Reader dan aplikasi lain di laptop. Untuk lengkapnya simak yang berikut ini.

Cara Memindahkan Foto dari GoPro ke Laptop

Untuk memulai proses ini tentu saja kamu harus mendownload aplikasi GoPro dari GoPro.com dan kemudian menginstalnya di komputer kamu. Setelah selesai diinstal, koneksikan kamera GoPro kamu ke laptop menggunakan USB.

Setelah terkoneksi, hidupkan kamera GoPro hingga muncul mode USB. Bisa juga kamu melepas microSD dari GoPro, masukan ke card reader dan tancapkan di port USB laptop kamu.

Berikutnya, jika instalasi beres maka laptop akan segera mengenali kamera dan microSD kamu secara otomatis. Kemudian beri nama pada koneksi kamera tersebut dan kemudian pilih folder di mana kamu akan memindahkan foto dan video dari GoPro.

Jika kamu ingin menghapus file yang sudah dipindah dari GoPro, maka centang tulisan paling bawah untuk memberikan perintah delete file dari GoPro atau dari microSD.

Setelah itu klik “import” dan secara otomatis semua file video dan foto akan dipindahkan dari GoPro ke folder di dalam laptop kamu.

Setelah selesai kamu langsung bisa melihat file-file yang telah dipindahkan dari aplikasi GoPro Studio. Aplikasi ini mengorganisasi foto dan video berdasarkan tanggal (Date), kamera (Camera) dan mode yang digunakan (Mode).

Transfer Manual

Jika ingin mentransfer secara manual dari GoPro ke laptop maka caranya hampir sama. Jika kamu tak melihat ikon GoPro, jangan khawatir karena kamera ini sudah didesain sebagai perangkat pintar yang bisa melakukan transfer otomatis ataupun manual. Caranya sebagai berikut:

Pertama kali yang kamu harus lakukan adalah mematikan fitur “Automatic Importer” dari aplikasi GoPro Studio (klik kanan atas pada aplikasi GoPro Studio dan matikan fitur ini).

Kemudian masukkan microSD GoPro ke USB. Secara otomatis memory card ini akan terdeteksi sebagai “Removable Drive” pada laptop.

Kemudian kamu akan bisa secara manual copy-paste file-file video dan foto yang ingin kamu pindah, delete file yang kamu tak suka, atau memindahkan foto dan video tersebut ke beberapa folder yang berbeda.

Transfer Foto dari GoPro ke Laptop Pakai Software Komputer

Cara terakhir adalah transfer file dengan mempergunakan software komputer lain seperti Image Capture dan iPhoto untuk Mac atau Windows AutoPlay untuk PC maupun laptop.

Dengan aplikasi tersebut memindahkan fotodan video bisa dilakukan dengan otomatis. Caranya juga mirip, yaitu sambungkan microSD atau kamera GoPro dan nyalakan.

Buka salah satu software tersebut yang kamu punyai dan lakukan proses pemindahan.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1660 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.