Diperbaharui pada Jumat, 14 Oktober 2022 | 10:45

Cara Membuka Kartu SIM dan IMEI yang Terblokir

Buka Blokir Kartu SIM

Apakah kamu pernah dalam situasi dimana tiba-tiba kartu SIM terblokir? Pastinya hal ini bisa bikin mood jadi jelek, kan. Ada beberapa alasan kenapa kartu SIM kamu bisa sampai terblokir.

Repotnya, kalau sudah terblokir, maka kamu tidak bisa lagi memakai nomor tersebut. Lalu bagaimana jika kartu SIM tersebut adalah nomor yang sangat penting?

Apakah mungkin untuk mengaktifkannya kembali? Untuk itu,terdapat beberapa cara untuk mengaktifkan kartu SIM terblokir tersebut. Berikut ini cara mengaktifkan kartu SIM yag terblokir.

Ciri-ciri Kartu SIM Diblokir

Buka Blokir Kartu SIM

Mungkin sebagian dari kamu masih bingung dan bertanya-tanya bagaimana kita bisa tahu kalau kartu SIM diblokir? Ada beberapa ciri yang perlu kamu perhatikan, nih.

1. Sinyal Operator Hilang

Ciri-ciri kartu SIM diblokir ini memang sekilas mirip seperti masalah sinyal hilang pada umumnya, namun jika sudah berselang lama, bahkan sampai berhari-hari, kemungkinan nomor pada kartu SIM kamu sudah hangus atau tidak aktif.

2. Kartu SIM Tidak Terdeteksi

Umumnya kartu SIM yang sudah hangus dan tidak aktif, tidak akan terbaca oleh hp kita. Berbeda dengan sinyal yang hilang dimana hp masih bisa mendeteksi operator yang digunakan.

Jika hal ini terjadi kemungkinan besar kartu SIM kamu rusak, atau terblokir.

3. Tidak Bisa Menerima dan Melakukan Panggilan

Ciri-ciri selanjutnya adalah tidak bisa melakukan dan menerima panggilan. Berbeda jika kartu SIM masih dalam keadaan aktif, tapi tidak ada pulsanya, maka otomatis nomor tersebut masih bisa digunakan untuk menerima panggilan masuk.

4. Tidak Bisa Menerima dan Mengirim SMS

Hp kamu tidak bisa menerima dan mengirim SMS? Maka kemungkinan kartu SIM kamu sudah terblokir. Umumnya, jika kamu memakai ponsel Android maka akan terdapat notifikasi gagal terkirimnya pesan tersebut.

Sama halnya dengan membuat atau menerima panggilan, jika kartu SIM kamu terblokir, pesan SMS tidak akan terkirim dan kamu juga tidak bisa menerima pesan SMS dari orang lain.

Berbeda bila kartu SIM masih aktif, tapi tidak ada pulsanya, dimana kamu masih bisa menerima SMS masuk.

Nah, kalau kartu SIM kamu memiliki semua ciri-ciri seperti di atas, maka kemungkinan besar kartu SIM kamu terblokir. Kalau nomor tersebut penting buat kamu, segera lakukan cara mengaktifkan kartu SIM berikut ini agar nomor tersebut bisa kamu gunakan kembali.

Cara Membuka Kartu SIM Terblokir

Buka Blokir Kartu SIM

Ada beberapa penyebab kenapa kartu SIM terblokir, dan tentunya ada cara yang bisa dilakukan untuk mengaktifkannya kembali. Jadi, cari tahu dulu kenapa kartu SIM yang kamu pakai bisa sampai terblokir, dan ikuti cara untuk mengaktifkannya dibawah ini.

1. Mengaktifkan Kartu SIM Terblokir Akibat Tidak Registrasi

Sejak tahun 2018, pemerintah Indonesia sudah menerapkan aturan wajib registrasi untuk kartu SIM. Nah, kalau kamu lupa tidak melakukan registrasi, maka nomor akan terblokir.

Apabila kamu ingin mengaktifkannya kembali, maka ikuti beberapa langkah-langkah berikut.

a. Datang ke Pusat Layanan Operator Seluler

Kamu bisa langsung datang ke Pusat Layanan Operator Seluler yang kamu gunakan. Apabila kamu pengguna Telkomsel, maka kamu bisa mengunjungi GraPARI untuk melakukan registrasi kartu Telkomsel.

Pengguna Indosat bisa mengunjungi Galeri Indosat, dan pengguna XL bisa mengunjungi XL Center untuk registrasi kartu XL.

b. Menghubungi Call Center Operator

Cara lainnya, kamu juga bisa langsung menghubungi Call Center sesuai dengan operator yang kamu gunakan. Misalnya apabila kamu sebagai pengguna Telkomsel, maka kamu bisa menghubungi Call Center Telkomsel.

2. Mengaktifkan Kartu SIM Terblokir Akibat Salah Memasukkan PIN

Memakai PIN pada kartu SIM memang akan jauh lebih aman, namun hal tersebut bisa saja merugikan apabila kamu adalah orang yang pelupa.

Apabila kamu salah memasukkan PIN sebanyak tiga kali, pada umumnya kartu SIM akan terblokir. Kalau sudah begitu, maka kamu tidak bisa menggunakannya kembali.

Tapi, masih ada cara lain untuk mengaktifkan nomor yang terblokir, misalnya untuk operator Smartfren atau nomor operator lainnya yang menggunakan kode PUK.

Pertanyaan kamu pasti, bagaimana cara memperoleh kode tersebut? Ini caranya.

a. Lihat di Bungkus Paket Kartu SIM

Apabila kamu yang masih menyimpan pembungkus Kartu SIM, maka kamu bisa langsung menemukan dan melihat nomor PUK dari kartu SIM yang kamu pakai. Namun, apabila kamu sudah membuangnya, lakukan cara-cara selanjutnya.

b. Hubungi Call Center Operator

Menghubungi Call Center Operator bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan kembali kartu SIM yang terblokir karena salah memasukkan PIN. Sebelum melakukan panggilan, ada baiknya kamu menyiapkan kartu identitas terlebih dahulu seperti KTP.

c. Kunjungi Pusat Layanan Operator Seluler

Kamu juga bisa langsung berkunjung ke Pusat Layanan Operator Seluler. Nantinya, ada petugas yang siap memberikan bantuan untuk memperoleh kode PUK yang dibutuhkan.

Kamu hanya perlu mengingat nomor hp yang sudah terblokir dan beri tahu 16 angka nomor yang ada di belakang kartu SIM. Jika perlu, kamu bisa membawa KTP untuk berjaga-jaga.

3. Mengaktifkan Kartu yang Terblokir Akibat Lewat Masa Tenggang

Apabila kartu SIM yang kamu pakai sudah lama tidak diisi pulsa, maka kartu SIM tersebut pada akhirnya akan melewati masa tenggang. Jika masa tenggang terlewatkan, maka kartu SIM kamu akan otomatis terblokir dan tidak aktif lagi. 

Satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan bila ada pada situasi ini adalah dengan mengunjungi Pusat Operator untuk mengaktifkan kembali kartu SIM tersebut. Proses pengaktifan kembali kartu SIM umumnya akan dikenakan biaya administrasi dengan nominal yang berbeda-beda.

Supaya kartu SIM kamu tidak terblokir karena lewat masa tenggang seperti sebelumnya maka kamu perlu terus memperpanjang masa aktif dengan cara rutin mengisi pulsa setiap sebulan sekali, atau saat pulsa habis sebelum waktunya.

Dengan mengisi pulsa, maka masa aktif nomor hp kamu akan bertambah secara otomatis. Dengan begitu, tidak akan ada lagi ceritanya kartu terblokir akibat lewat masa tenggat.

Cara Membuka Blokir IMEI Pemerintah

cek imei dikemenperin

Dengan berlakunya aturan IMEI di Indonesia, maka hp yang masuk ke pasar tanah air secara ilegal (BM), tidak akan bisa digunakan karena otomatis diblokir oleh provider atas permintaan dari pemerintah.

Nah, kalau sudah terlanjur membeli hp BM ini, tenang, ada cara untuk membuka blokirnya. Untuk membuka blokir hp BM, langkah pertama adalah mengunjungi situs Bea Cukai dan mengisi formulir pendaftaran IMEI.

Setelah perangkat hp didaftarkan dan data-data yang diperlukan telah kamu isi, maka proses registrasi sudah selesai. Selanjutnya, kita akan menerima kode QR dan nomor registrasi.

Langkah terakhir adalah mengunjungi kantor Bea Cukai setempat dan meminta persetujuan. Bila permohonan disetujui, maka kamu harus membayar pajak sesuai dengan undang-undang yang berlaku, dan hp tersebut bisa dipakai sebagaimana mestinya.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan kembali kartu SIM terblokir. Sebelum mengambil tindakan, cari tahu dulu penyebab kartu SIM kamu tidak bisa digunakan ya. Selamat mencoba!

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2001 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.