Diperbaharui pada Selasa, 2 Oktober 2018 | 11:31

Review ACER Aspire U27-880 All In One PC, Bodi Tipis Kaya Fitur

Tak ada yang mengira jika sebuah PC tak lagi menghabiskan banyak ruang dan tempat, apalagi harus berukuran besar. Hadir di meja redaksi Pricebook.co.id, Acer memberikan kesempatan bagi tim untuk mengulik salah satu keluarga Aspire yang mereka miliki. Berbeda dengan Aspire yang sering dikenal umum sebagai laptop, produk yang diberi nama Aspire U27-880 ini adalah sebuah All In One PC. Jika diperhatikan, model dan bentuknya mungkin lebih terlihat seperti sebuah Smart TV. Hal ini dikarenakan tubuh ramping alias bodi tipis yang dimilikinya. Tapi jangan salah, di balik tubuh ramping yang dimiliki Acer Aspire U27-880 ternyata tersimpan ragam fitur kekinian.

DESAIN

Dimulai dari tampilan, Acer mengusung layar sebesar 27 inchi dengan fitur 10 point touch. Bodi tipis yang dimiliki membuat produk ini cukup mudah untuk digenggam di kedua sisinya. Tapi jika dibandingkan dengan saudaranya, yakni Acer Aspire S24 desain layar super tipis yang dimiliki masih berbeda jauh. Namun tetap saja, bodi tipis bukan berarti bobot ringan, Acer U27-880 tetap berat saat di gendong. Untuk konektivitas, Aspire U27-880 memiliki tiga slot USB 3.0, serta dua slot HDMI in-out. Aspire U27-880 ini di topang dengan sebuah dok atau penyangga yang unik berbentuk huruf 'V'. Dikatakan unik, karena penyangga di bagian leher sudah langsung tergantung di bagian belakang bodi. Bagi yang terbiasa menggunakan headset, Anda bisa menancapkan jack di bagian bawah bodi, tepat di samping slot USB khusus untuk wireless mouse dan keyboard.

Sisi bagian bawah juga di dominasi dengan lubang speaker yang diperkuat dengan sistem Subwoofer dan dipadukan dengan teknologi suara milik Dolby dan juga Acer sendiri. Tak lupa, Acer juga menyematkan sebuah slot MicroSD card juga di bagian bawah bodi. Untuk bisa mengakses slot konektivitas di bagian bawah, Anda bisa menengadahkan monitor hingga 20 derajat. Tak lupa, Acer juga menyematkan kamera Letak tombol power cukup mudah digapai, yakni di sisi kanan bawah bagian belakang. Dapur pacunya diisi dengan prosesor Intel i7 Generasi 7 dengan kode 7500 U. Alih - alih menggunakan kipas pendingin layaknya sebuah PC pada umumnya, Acer menyematkan LiquidLoop (cairan pendingin) yang mampu membuat mesin tetap awet tanpa takut terjadi over heating.

LAYAR

Bicara tentang PC, pasti dilengkapi dengan monitor. Karena Acer Aspire U27-880 merupakan sebuah AIO ( All In One) PC, maka monitor dan mesin tergabung dalam satu komponen. Acer U27-880 dibekali dengan layar sebesar 27 inci bernuansa wide angle tertanam melebar di monitor Aspire U27-880. Tampilan layar Full HD, dengan kerapatan resolusinya mampu mencapai titik 1920p x 1080p. Sangat disayangkan ketika brand lain sudah banyak yang mengusung layar berkarakter 4K. Fitur menarik juga disematkan Acer untuk menambah Aspire U27-880, 10-point capacitive touch serta Acer Vision Care. Jadi, Anda bisa mengoperasikan AIO PC ini dengan cara touch screen. Serta tak perlu khawatir terlalu lama menatap ke layar, bahkan saat malam dengan pencahayaan yang minim pun Anda masih bisa menggunakan PC ini dengan nyaman. Tapi itu bukan salah satu rekomendasi terbaik yang harus di coba, sebaiknya Anda tetap berada dalam jarak pandang yang pas dan pencahayaan yang baik ketika sedang bekerja dengan PC.

FITUR

Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, bahwa produk yang satu ini merupakan All In One PC yang kaya fitur, beberapa fitur juga sudah diterangkan di atas. Acer Aspire U27-880 dibekali dengan banyak fitur, mulai dari 10 Point Capacitive Touch, LiquidLoop, Dolby, Acer Vision Care, dan satu lagi Face Login. Merupakan fitur keamanan dimana Anda tidak hanya memberikan password saat login ke dalam PC namun Anda juga bisa menambahkan akses Face Login agar komputer Anda lebih nyaman. Tenang, fitur ini juga bisa tidak Anda gunakan jika dirasa tak butuh. Lalu ada fitur ThunderBolt, bukan anti petir tapi merupakan fitur yang mampu membuat Anda mentransfer data lebih cepat, serta pengamanan IR untuk fitur Face Login Anda agar lebih aman.

KINERJA

Untuk urusan kinerja dan performa yang dimiliki oleh Acer Aspire U27-880 masuk dalam kategori cukup. Dari sejumlah percobaan terkait multitasking, PC ini terkadang masih sedikit membutuhkan waktu untuk berpikir alis nge-Lag. Dari hasil beberapa software Benchmark pun angka yang ditampilkan masih bisa dikatakan baik. Untuk membantu pekerjaan rumah, AIO PC dari Acer ini sudah cukup bisa diandalkan.

Dari hasil test menggunakan 3D Mark ICE STORM EXTREME, Acer Aspire U27-880 mampu mencapai rata-rata skor 23009. Nilai tersebut dicapai dari hasil skor graphic 22761 dan skor physic 23925. Hal ini yang menjadi landasan bahwa Acer Aspire U27-880 ini masih mampu mengatasi pekerjaan berat hingga tingkatan tertentu.

Anda juga bias menjajal beberapa jenis game menggunakan PC ini. Sebagai rekomendasi, Anda bisa bermain game simulator ataupun PES 2018, atau FIFA18. Anda bisa mendapatkan kekuatan maksimal dari PC ini saat memainkan Team Fortress 2. Hal ini berkaitan dengan graphic card Intel HD Graphic 620 yang memiliki karakteristik Ultra Low Voltage. Dukungan Ram sebesar 8GB cukup mampu membuat kerja PC ini dalam membuka sebuah aplikasi. Tambahan 1TB HDD, menjadi penguat dalam segi penyimpanan, setidaknya Anda tidak perlu lagi khawatir ketika menginstal file besar.

Speaker yang terintegrasi dengan sobwoofer yang dimiliki juga cukup mumpuni, apalagi jika digunakan untuk menonton film dan musik dengan dentuman yang kuat. Selain itu, kombinasi dengan Dolby audio menjadika sistem sound yang dimiliki Aspire U27-880 ini tersaji dengan baik. Banyaknya akses lubang speaker yang dimiliki baik di bagian belakang bodi dan di bawah bodi, menambah kerapatan suara yang di dapat. Akan sangat terasa jika mengaplikasikan siste, 7.1 surround.

Sistem Infra Red dan Windows Hello yang tersemat menjadi jaminan keamanan ketika Anda menggunakan fitur Face Login.

KESIMPULAN

Acer memang memberikan banyak fitur yang membuat nyaman bagi pengguna Aspire U27-880 ini. Namun sangat disayangkan, ketika digunakan dalam waktu yang lama, multitaskingnya menjadi semakin berat. Kondisi tersebut menciptakan lag yang cukup signifikan. Terhitung setiap lag terjadi pengguna harus menunggu sekiranya 3 – 5 detik, bahkan terkadang lebih. Tapi All In One PC besutan Acer ini sudah cukup jika digunakan untuk melakukan pekerjaan rutin kantor, hanya saja di luar multimedia. Sekedar saran jika digunakan untuk multimedia Anda bisa gunakan untuk sekedar edit gambar ataupun edit video standar, jangan terlalu memaksa PC ini karena meski sudah menggunakan LIquidLoop, tingkat panas yang dikeluarkan tetap seperti CPU pada umumnya jika dipaksa untuk bekerja keras.

KELEBIHAN

- LiquidLoop

- Face Login

- Bodi Tipis

KEKURANGAN

- Multitasking kurang baik, alias terkadang lag

- Berat

- Kamera kurang bagus

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1172 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.