Diperbaharui pada Rabu, 21 Maret 2018 | 11:14

Review Acer Aspire S24: Desain Stylish Layar Super Tipis

acer aspire s24
Perangkat PC All in One (AiO) memang tidak sepopuler laptop dan desktop PC. Karena  pengguna dari PC All in One juga terbilang berasal dari segmen tertentu. Meski demikian, pasar untuk PC All in One ini masih tetap ada.

PC All in One sendiri merupakan perangkat PC yang menanam semua komponen hardware di dalam monitor. Bila dibandingkan dengan desktop PC tradisional, PC all-in-one jauh lebih menarik dan efisien. Perangkat ini tidak memakan ruang yang besar dan bebas dari koneksi kabel yang ribet. Cukup letakkan di atas meja dan langsung bisa digunakan tanpa tidak perlu lagi menghubungkan kabel, kecuali kabel power. 

Bahkan kini performa PC All in One tidak kalah dengan desktop PC atau laptop sekalipun. Meski memiliki form factor yang tipis namun para produsen telah menanam fitur dan spesifikasi yang  canggih. Salah satunya adalah PC All in One Acer Aspire S24 yang baru saja dirilis ke Indonesia. Acer Aspire S24 sendiri hadir dengan beragam fitur unggulan yang bisa mendukung aktivitas Anda sehari-hari.

Secara desain, PC AiO Acer terbaru ini diciptakan dengan bentuk yang super tipis. Desain ini bahkan telah diakui  dengan sejumlah penghargaan bergengsi seperti Internasional Good Design Award 2017 dan Taiwan Excellence 2018.

Sedangkan dari sisi teknologi sudah dibekali prosesor Intel Core generasi ke-8 RAM 8GB serta beberapa teknologi terkini lainnya. Bagaimana performanya? Langsung simak hasil pengalaman kami menggunakan PC All in One Acer Aspire S24 ini,

Desain Super Tipis

Acer Aspire s24

Saat pertama kali melihat langsung perangkat ini, kami cukup terkejut dengan ketipisannya. Ini merupakan PC All in One paling tipis yang pernah kami lihat. Ketebalannya sendiri berkisar 5,97mm, lebih tipis dari iPhone 7 (7.1mm) atau Xiaomi Mi A1 (7.3mm) milik kami.

Ketipisannya membuat tampilan Acer Aspire S24 terlihat sangat elegan dan bisa menambah daya tarik interior ketika diletakkan ruang kerja atau ruang keluarga. Bentuk yang tipis ini sangat dimungkinkan, karena Acer ‘memindahkan’ semua komponen hardware di bagian bawah yang juga berfungsi sebagai penahan perangkat.

Di bagian ini juga semua port dan sarana konektivitas diletakkan. Anda bisa menemukan 2 buah port USB 3.1, USB 2.0 (1 buah), slot HDMI dan LAN. Menariknya, PC All in One Acer Aspire S24 sudah dibekali dengan port USB Type C. keberadaan USB Type C ini sangat berguna saat Anda ingin melakukan pemindahan file dari flashdisk ke Aspire S24.

Dibanding USB 3.1, menggunakan port USB Type C proses transfer file bisa jauh lebih cepat. Acer Aspire S24 juga memiliki tiang penyangga yang tersebut dari material terbaik. Sehingga sangat kokoh untuk menopang layarnya yang berukuran besar.

Audio dengan Subwoofer

Acer Aspire S24
Sedangkan untuk audio, perangkat PC All in One tertipis ini menyematkan dual speaker di bagian depan dan sebuah subwoofer di bagian bawah tempat komponen hardware berada. Speaker ini ditempatkan berada posisi depan yang dibuat cekungan untuk keluaran audio. Dengan demikian, output yang dihasilkan terasa maksimal karena posisinya tepat berada di depan Anda ketika sedang menggunakan perangkat.

Tidak hanya itu, kualitas yang ditawarkan juga terdengar maksimal, karena dibekali teknologi Dolby Audio Premium dan Acer TrueHarmony, Audio yang dihasilkan terdengar jernih dan terdengar detil. Sangat nyaman ketika kami mencoba untuk memutar lagu, termasuk menikmati streaming trailer flm terbaru di 2018. 

Layar Slim Bezel

Aspire s24
PC All in One Acer Aspire S24 memiliki ukuran layar dengan bentang 23,8inch, karena perangkat ini memang lebih ditujukan untuk memberi kenyamanan menikmati konten multimedia. Untuk ukuran monitor 23,8 inch ini terbilang besar dan biasanya banyak memakan ruang.

Namun Acer Aspire S24 ini memiliki panjang sekitar 54cm, itu artinya  masih optimal untuk meja dengan ukuran 1m. Sehingga masih tersisa ruang untuk menempatkan perangkat lain seperti printer, telpon atau ATK lain. 

Monitor ukuran 23,8inch di Acer Aspire S24 ini bisa terlihat lebih 'kecil' dari monitor ukuran sama. Hal dimungkinkan karena layar Aspire S24 mengusung konsep bezel super tipis yaitu berkisar 2,7mm. Hasilnya memberikan kesan layar yang lebih besar namun dengan ukuran yang lebih kecil.

Dengan rasio screen to body mencapai 90 persen tentu memberi kenyamanan pada saat Anda menikmati konten multimedia, seperti menonton video. Apalagi layar desktop PC AiO Acer terbaru ini dibekali resolusi FullHD berjenis IPS dengan sudut pandang hingga 178 derajat. Artinya Anda masih bisa konten di layar dengan jelas meski dari sudut kemiringan yang ekstre.

Dan posisi layar ini bisa Anda posisikan sesuai kenyamanan mata dengan sudut kemiringan -5 sampai 30 derajat. Selama menggunakan perangkat  PC All in One Acer ini kualitas layar yang ditawarkan sangat tajam dan detail. Kaya warna dan akurat karena dibekali teknologi Acer ExaColor serta teknologi BluelightShield dan Flickerless yang dapat membantu mencegah kelelahan mata.

Wireless Charging

Acer Aspire S24
Salah satu fitur yang sangat menarik perhatian kami adalah Acer membawa fitur wireless charging. Fitur pengisian daya baterai tanpa kabel ini memang sempat menjadi topik yang hangat beberapa tahun lalu. Hanya saja perkembangannya memang kurang terdengar lagi.

Meski demikian ini merupalan salah satu inovasi cerdas yang diterapkan Acer. Dengan fitur ini, Anda bisa mengisi ulang baterai hanya dengan menempatkannya di atas dok charger. Di Acer Aspire S24, Qi wireless charging ini diletakkan di atas penyangga yang berisi port. Namun sebelumnya pastikan hp yang Anda sudah mendukung fitur Qi wireless charging.

Tidak hanya itu, agar pengisian berhasil posisikan hp di atas area wireless charger (di bagian penyangga layar). Jika proses wireless charging berjalan, maka lampu led berwarna hijau akan menyala sebagai notifikasi.

Ketika di coba menggunakan Samsung Galaxy S7 proses pengisian berjalan lancar. Namun metode pengisian baterai dengan wireless charging memang membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding menggunakan kabel. Tapi setidaknya bisa menjadi solusi ketika Anda lupa membawa charger atau hilang. Dan yang pasti lebih aman dari risiko terjadinya gangguan listrik seperti korsleting. 

Performa Prosesor Core i7 Generasi Ke-8

Acer Aspire S24
Performa PC All in One Acer Aspire S24 ditenagai prosesor Intel Core generasi ke-8, tepatnya prosesor Core i7-8550U. Prosesor ini memiliki kecepatan clock dasar 1.8GHz, namun ketika digunakan untuk membuka aplikasi yang membutuhkan kinerja lebih berat, kecepatan prosesor bisa mencapai maksimal 4.0GHz.   

Prosesor sudah dikombinasikan dengan pengolah grafis dari Intel UHD Graphics 620. Kartu grafis ini sudah cukup baik untuk konten multimedia dan lainnya. Dan konfigurasi ini masih cukup oke untuk editing foto atau video. Menggunakan aplikasi editing video seperti adobe premiere ataupun after effect bisa dijalankan dengan baik.

Proses rendering berjalan lancar, meski untuk proses editing yang lebih berat dengan ukuran file besar masih sedikit terhambat. Tapi secara umum Acer Aspire S24 ini masih bisa Anda manfaatkan untuk proses editing video. Dukungan layar yang besar membuat aktivitas editing lebih nyaman, image atau video lebih terlihat detail.

Performa perangkat pun terasa maksimal berkat sokongan RAM 8GB DDR4 yang dapat diupgrade hingga 32GB. Sehingga Anda tidak perlu khawatir melakukan banyak aktivitas dengan membuka beberapa aplikasi secara bersamaan. 

Kinerja yang cepat ini juga tidak terlepas dari dukungan memori Intel Optane, yaitu sebuah teknologi yang secara pintar mempercepat kinerja sistem sekaligus. Sehingga semua proses komputasi lebih responsif dengan waktu booting lebih pendek, menjalankan aplikasi dengan cepat dan performa gaming tinggi. Di PC All in One Acer Aspire S24 tersedia ruang penyimpanan berjenis HDD dengan kapasitas  1TB serta penambahan 16GB Intel Optane. 

Berikut hasil skor benchmark Acer Aspire S24 :

PCMark 10
PCMark 10
PCMark 10
Untuk uji benchmark dengan PC Mark 10 Regular, skor yang didapatkan adalah 3822. Berdasarkan hasil uji tes tersebut perangkat ini sangat cocok digunakan untuk pekerjaan kantoran, khususnya untuk aktivitas yang berkaitan dengan pemrosesan data.

Lalu untuk PC Mark 10 Extended diperoleh skor 2630. Sedangkan untuk stress test Time Spy, PC All in One ini lulus ujian yang artinya, masih cukup mumpuni untuk aktivitas yang berat. Dengan tambahan uji kemampuan bermain game, skor gaming nya hanya 787.  Itu artinya perangkat ini tidak terlalu optimal utuk bermain game berat.

Kesimpulan 

Acer Aspire S24 memang sangat menonjol pada desain super tipis yang dipadukan dengan kinerja maksimal. Sangat cocok untuk Anda yang lebih mengutamakan produk PC All in One stylish yang bisa menambah daya tarik ruang kerja atau ruang keluarga di rumah. Performanya juga sangat bisa diandalkan, terutama untuk penggunaan seperti office, memainkan konten multimedia atau editing foto dan video. 

Kelebihan Kekurangan
Desain stylish Grafis masih Intel
Layar Tipis  Keyboard kurang nyaman untuk mengetik
Prosesor Core i7  
Ada Slot Type C  
Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2013 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.