Diperbaharui pada Rabu, 16 Agustus 2017 | 13:39

Mengenal Lebih Dekat Samsung Gear 360 (2017) dan Samsung DEX

Samsung Gear 360 (2017) dan Samsung Dex sebenarnya sudah ada di pasaran sejak Juni lalu. Namun Samsung baru mengenalkan secara resmi dua perangkat aksesoris Samsung Galaxy S8 & S8+ ini dalam acara bertajuk "Unbox Indonesia" Media Workshop, Selasa (15/8), di Jakarta.

"Baru sekarang ini ada kesempatan untuk mengenalkannya ke media," ujar Seto Anggoro, selaku IT and Mobile Product Marketing Manager Samsung Indonesia. Saat ini, harga Samsung Gear 360 (2017) adalah Rp3 juta, sedangkan Samsung Dex harganya Rp1,6 juta.

Samsung Gear 360 (2017)

Dalam media workshop tersebut, awak media berkesempatan menjajal Samsung Gear 360 (2017) yang terhubung dengan Samsung Galaxy S8. Menurut Seto, Samsung Gear untuk saat ini tidak bisa terkoneksi oleh perangkat Android lainnya selain Samsung Galaxy S8, Galaxy S8+, Galaxy S7, Galaxy S7 edge, Galaxy Note5, Galaxy S6 edge+, Galaxy S6, Galaxy S6 edge, Galaxy A5 (2017) dan Galaxy A7 (2017) serta iOS.

Desain Samsung Gear 360 (2017) kini lebih mudah digenggam dan ringan. Tidak seperti pendalunya yang hanya membulat seperti bola mata. Kalau dulu resolusinya masing-masing 15MP, kini hanya 8,4MP. Meski begitu, kualitas gambar Samsung Gear 360 (2017) meningkat menjadi resolusi 4K (4.096x2.048 kecepatan 24 fps).

Menariknya lagi, penguna Samsung Galaxy Gear 360 (2017) dapat langsung live broadcast untuk menyiarkan konten yang diambil melalui akun media sosial pengguna. Jika Anda memiliki Samsung Gear 360 (2017), jangan lupa untuk mencoba opsi-opsi pengambilan gambar yang bisa dilakukan Samsung Gear 360 (2017) diantaranya, 360o view, Stretched View, Round View, Dual View, dan Panoramic View. Anda juga bisa mengambil beberapa foto sekaligus secara terus menerus dengan eksposure yang berbeda-beda sehingga menghasilkan gambar yang lebih dinamis.

Daya tahan baterai Samsung Gear dikatakan hanya mampu bertahan selama 2 jam ketika mengambil gambar. Samsung menyediakan fitur Looping Video yang berguna untuk membiarkan Gear 360 (2017) terus merekam selama tersambung dengan sumber daya agar perangkat tetap menyala.

Samsung Dex

Aksesoris berikutnya untuk Samsung Galaxy S8 & Galaxy S8+ adalah Samsung Dex, dock station yang akan menghubungkan ponsel ke monitor layaknya komputer PC sehingga Anda bisa mengakses data ponsel layaknya di dekstop.

Untuk bisa terhubung dengan monitor, pada bagian belakang ada dua port USB, lalu socket Ethernet, lubang HDMI. Untuk menyambungkan keyboard dan mouse terdapat koneksi Bluetooth. Pengguna cukup mencolokan Galaxy S8 ke USB type C yang ada dibagian dalam docking untuk terkoneksi dengan Dex.

Jika semua sudah terpasang, maka Samsung Galaxy S8 sudah bisa diakses layaknya desktop berotak Android. Dalam posisi terhubung, ponsel tetap bisa menerima atau melakukan panggilan. Saat Samsung Galaxy S8 terhubung dengan Samsung Dex, secara otomatis daya baterai ponsel akan terisi, pasalnya DEX juga berfungsi sebagai pengisi daya berteknologi Adaptive Fast Charging (AFC).

Dengan dibekali oleh 10-nano application processor pada Samsung Galaxy S8, interaksi yang didapatkan setara dengan menggunakan PC pada umumnya. Transmisi konten video dan foto dari smartphone ke monitor pun lebih cepat karena didukung oleh teknologi USB Type-C yang digunakan. Maka, kualitas Samsung Galaxy S8 yang digabungkan dengan Samsung DeX menghasilkan pengalaman dan interaksi yang lebih kompleks dan berbeda

Samsung DeX menyuguhkan pengalaman yang lebih luas dalam menggunakan perangkat lunak favorit yang biasa digunakan di PC, seperti Adobe dan juga Citrix, VMware dan Amazon yang menyediakan layanan VDI (Virtual Desktop Infrastructure). Produktivitas pengguna ditunjang dengan tampilan Android yang teroptimisasi dengan Android 7.0 tanpa perlu mengandalkan aplikasi tambahan apapun.

Baca juga artikel:

Rilis Perangkat Baru, Acer Bawa Kamera 360 Derajat dengan OS Android

Mi Panoramic, Kamera 360 Buatan Xiaomi

Protruly Darling, Hape Android Unik dengan Kamera 360

Like us!
Tedi Yuni A

Content Writer

942 Posts