Diperbaharui pada Senin, 14 November 2022 | 16:55

Review Acer Swift 3 OLED SF314-71, Mobilitas Tinggi Ramah Lingkungan

review acer swift 3 oled

Acer Swift 3 OLED SF314-71 diperkenalkan sebagai sebuah laptop terbaru yang khusus dihadirkan untuk para pemula dan pekerja dengan mobilitas tinggi serta bagi kalian yang menginginkan laptop ringkas dengan visual terbaik.

Tidak hanya memberikan visual yang baik, Acer Swift 3 OLED pun hadir dengan desain minimalis, serta daya tahan baterai yang awet, sehingga dapat dengan mudah dibawa bersama sepanjang hari. 

Pricebook memiliki kesempatan untuk me-review produk ini secara langsung. Semuanya akan Kami bahas mulai dari desain, layar, performa, hingga daya tahan laptop terbaru Acer ini dalam review Acer Swift 3 OLED SF314-71.

Desain Aluminium Kuat Tapi Ringan

review acer swift 3 oled

Pertama dan terpenting, laptop ini seluruhnya terbuat dari aluminium serta terlihat kokoh pada setiap lekuknya. Bisa dikatakan ini jadi hal yang menarik untuk Kami karena komposisinya cukup membuat Acer Swift 3 OLED ini terlihat kecil tapi kuat.

Bezel Swift 3 OLED cukup tipis dan menawarkan screen-to-body rasio hingga 92%, ini membuat pandangan layar Swift 3 OLED lebih luas.

Gabungan layar OLED yang glossy dengan bezel tipis membuat laptop Acer ini lebih terkesan elegan. Di bagian samping, Acer Swift 3 OLED terbaru ini mengemas dua konektor Thunderbolt 4, dua port USB Type-A 3.2 (Gen. 1), konektor HDMI 2.1, dan jack Audio.

Wilayah touchpad juga menjadi perhatian untuk Kami, karena cukup unik, dinyatakan oleh Acer bahawa Swift 3 OLED mereka sudah menggunakan bagan OceanGlass atau gabungan material plastik dan kaca yang membuat touchpad makin terasa mulus saat digunakan, dan pastinya ramah lingkungan.

Pada bagian keyboard, Acer masih mengambil desain chiclet andalannya yang dilengkapi dengan backlight guna membantu pengguna yang mengetik di tempat kurang cahaya. Tak ketinggalan, Acer juga melengkapi laptop ini dengan speaker stereo yang memiliki dukungan teknologi DTS Audio dan Acer True Harmony.

Ini yang membuat kualitas audio yang dihasilkan begitu jernih dan detail ketika Kami mencobanya dengan memainkan beberapa film dan musik. Acer hanya memasarkan Acer Swift 3 OLED dalam satu warna, yakni Luxury Gold.

Layar OLED Lebih Nyaman di Mata

review acer swift 3 oled

Seperti yang sudah kami katakan diawal, kalau Acer Swift 3 saat ini sudah menggunakan Layar OLED 90 Hz berukuran 14 inci, dengan screen to body ratio 92% yang mampu memanjakan mata para penggunanya berkat tampilan jernih serta kaya akan warna.

Untuk resolusinya pun juga sudah ada pada resolusi WQXGA+ 2.880 x 2800 piksel, dan yang pastinya aman untuk mata. Karena sudah bersertifikasi TUV Rheinland EyeSafe.

Guna membuktikan klaim Acer terkait kejernihan serta ketajaman warna yang diusung layar OLED 2.8k, Kami  mencoba untuk mengedit beberapa gambar di Adobe Photoshop serta memutar beberapa video dan film dengan resolusi besar. Hasilnya, warna dan kontras yang ditampilkan memang sangat baik sekali, mungkin karena layarnya juga sudah mendukung akurasi warna 100% DCI-P3.

Layar yang dimiliki juga makin aman dengan sertifikasi VESA Display HDR True Black 500 serta tampilan rasio kontras 1.000.000:1 dan tingkat kecerahan 500 nits. Ketentuan tampilan ini membuat warna Acer Swift 3 OLED SF314-71 menjadi lebih hidup.

Acer membekali Swift 3 OLED terbaru ini dengan refresh rate 90hz dan response time 1, yang pastinya akan membuat para penggunanya lebih nyaman lagi di depan layar saat main game atau beraktivitas lebih lama menggunakan laptop ini. Dengan satu catatan, tidak digunakan untuk game yang berat ataupun software kelas profesional.

Kamera dengan AI Noise Reduction

review acer swift 3 oled

Buat yang ingin memanfaatkan laptop ini sebagai alat video conference atau meeting online, jangan khawatir. Acer juga mempersenjatai Acer Swift 3 OLED dengan webcam Full HD. Acer meletakkan webcam tersebut di sisi tengah atas layar dalam sebuah punch-hole.

Menariknya lagi, Acer melengkapi webcam Swift 3 OLED dengan teknologi Temporal Noise Reduction (TNR). Berkat teknologi tersebut video yang dihasilkan bisa terlihat lebih baik meskipun pengguna Swift 3 OLED berada di lingkungan cahaya yang redup.

Tak hanya itu, Acer juga melengkapi dukungan webcam tersebut dengan teknologi Acer PurifiedVoice yang ditopang AI Noise Reduction. Ini menjadikan komunikasi audio saat video conference atau meeting online yang dilakukan bisa terbebas dari suara bising di sekitar.

Intel® Evo™ Platform, Multitasking Lebih Lancar

review acer swift 3 OLED intel evo

Mesin dari Acer Swift 3 OLED SF314-71 ini sudah tersertifikasi Intel® Evo™ Platform dengan sasis 17,9 mm dan 1,4 kg. Swift 3 OLED juga memiliki perpaduan RAM LPDDR5 dan SSD PCIe Gen4.

Disisi lain, sertifikasi Intel® Evo™Platform yang dimiliki memastikan laptop terbaru Acer ini mampu bertahan sekitar 10 jam dengan baterai. Kebetulan unit yang kita tes kali ini memiliki komponen prosesor tertinggi, Pricebook menerima unit uji versi Intel® Core™ i7-12700H processor.

Acer juga membekali laptop ini dengan ruang penyimpanan yang terbilang sangat lega, yakni berupa SSD PCIe 4.0 x4 M.2 NVMe 1 TB sehingga dapat menampung banyak data. Varian lain yang juga masuk Indonesia selain unit yang Pricebook review ada versi Intel® Core™ i5-12500H processor. Selain model prosesor yang berbeda, hal lain yang tak serupa ada di bagian kapasitas SSD yang hanya 512 GB.

Dukungan GPU (Graphics Processing Unit) terintegrasi dari Intel® Iris® Xe Graphics G7 yang mengusung 96 execution unit (EUs) dengan kecepatan 200 hingga 1400MHz.

Beberapa metode uji sempat Kami lakukan, seperti penggunaan benchmark serta memainkan beberapa game seperti Counter Strike atau CS GO dan juga DOTA 2. Untuk Counter Strike dengan karakter gambar pada HD 1080p, game ini mampu berjalan pada 152 fps di pengaturan rendah, dan tetap berjalan dengan apik di 73 fps pada pengaturan MAX atau tertinggi.

review acer swift 3 oled

Hal serupa juga Kami lakukan saat memainkan DOTA 2 yang bisa dibilang merupakan game mainstream, dengan pengaturan rendah di HD 1080p, Acer Swift 3 OLED mampu menjalankan DOTA 2 pada rata-rata 153 fps dan 53 fps di tinggi HD 1080p.

Skore yang dihasilkan dari beberapa benchmark yang kami gunakan juga tak kalah menarik. Di GeekBench, Acer Swift 3 OLED ini mampu hasilkan single core di angka 1724, sedangkan multi core di angka 10783.

Skore Cinebench R23 juga tak kalah jauh, dengan nilai multi core di angka 11092, sedangkan single core di angka 1757. Nilai ini cukup tinggi mengingat perjalaan Acer Swift 3 dari generasi ke generasi tiap tahunnya, dan versi Acer Swift 3 OLED ini merupakan versi laptop ramping dengan terbaik jika dibanding versi lawasnya.

Ini yang menyenangkan, heatpipe ganda yang disematkan Acer ke dalam laptop Swift 3 OLED ini sangat bekerja dengan baik. Kami merasa seperti ada dua metode pendinginan internal dan eksternal, karena heatpipe gandanya juga bisa men-triger tiupan angin yang diambil dari sela-sela tombol keyboard. Dengan begitu, proses pendinginan akan bekerja lebih optimal.

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 14 inch
Resolusi Layar 2880 x 1800 Pixel
Tipe Prosesor Core i7
Nomor Prosesor 12700H
Kecepatan Prosesor 2.3 GHz
RAM 16 GB
Kapasitas HDD -
Kartu Grafis Intel
OS Windows 11
Weight 1.4 kg
Dimensions 312.9 x 214 x 17.90 mm
Tipe Memori LPDDR5
Battery 3-cell, 57 Whrs
Storage Type SSD
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baterai

review acer swift 3 oled

Kami melakukan tes baterai dengan pengaturan kinerja Windows Better dihidupkan, kecerahan layar disesuaikan dengan 120 nits, dan semua program lain dimatikan kecuali yang kami uji dengan notebook. Berkat sertifikasi Intel® Evo™ Platform, dengan baterai berkapasitas 57 Wh 3 cell, laptop Acer Swift 3 OLED ini mampu bertahan selama 14 jam 17 menit menjelajah Web, atau 9 jam 10 menit memutar video.

Acer menyertakan adaptor pengisian daya dengan kabel berupa Type-C yang pastinya mendukung pengisian fast charging, di mana pengisian selama 30 menit, laptop ini bisa kalian pakai hingga 4 jam.

Kesimpulan

review acer swift 3 oled

Acer menjual Swift 3 OLED dengan konfigurasi Intel® Core™ i5 12500H processor dan SSD 512 GB seharga Rp13.499.000. Sedangkan untuk varian yang lebih tinggi, Intel® Core™ i7 12700H processor dan SSD 1 TB dijual dengan harga Rp16.499.000.

Menurut Kami itu merupakan angka yang wajar jika menilik performa yang disajikan, terlebih laptop ini dikhususkan untuk para pemula yang atau para pekerja yang menginginkan laptop dengan performa terbaik tapi tetap nyaman digunakan saat mobilitas tinggi.

Selain performa prosesor dan juga sertifikasi Intel® Evo™ Platform yang digendong, keberadaan AI Noise Reduction serta tambahan Speaker berteknologi DTS Audio juga memberikan kesan nyaman di tengah kondisi kerja Hybrid saat ini. Terutama jika bicara mengenai lokasi kerja, pastinya bisa dijadikan solusi yang pas.

Daya tahan baterai yang awet serta pengisian cepatnya juga terbukti menjadi salah satu solusi bagi kalian yang memiliki mobilitas tinggi. Jika kalian ingin mendongkrak kinerja laptop ini lebih tinggi, Acer Swift 3 OLED punya shorcut dengan menekan tombol Fn + F. Secara otomatis, kinerja laptop ini akan ditingkatkan dan juga akan mempercepat putaran kipas pendinginnya.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1243 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.