Diperbaharui pada Selasa, 29 Maret 2022 | 19:53

Asus Vivobook Pro 16X OLED M7600Q, Sepakat Serba Bisa!

asus vivobook pro 16X M7600

Masih ingat ulasan kami sebelumnya tentang Asus Vivobook Pro 15 OLED M3500 dengan layar 15 inci? Model itu sebenarnya sudah sangat mencukupi beberapa pekerjaan kami terkait pengerjaan konten tentunya.

Tapi Asus sendiri masih merasa belum puas dan berusaha memberikan yang lebih baik untuk sektor laptop multiguna dengan menghadirkan seri Asus Vivobook Pro 16X M7600QE yang ditenagai dengan prosesor AMD Ryzen 9 5000 Series terbaru.

Asus Vivobook Pro 16X OLED M7600Q jadi produk laptop titik tengah yang menarik antara Asus ProArt StudioBook 16 OLED yang mahal namun kuat dan Asus Vivobook Pro 15 OLED yang sederhana dengan layar OLED 4K yang indah, CPU yang solid, dan GPU yang layak.

Dikhususkan untuk pengguna profesional, Asus Vivobook Pro 16X memiliki banyak kelebihan dan kecocokan jika harus digunakan di dunia kreatif sepertinya beberapa hal berikut.

Desain Ramping, Layar OLED dan Aman Di Mata

asus vivobook pro 16X M7600

Secara tampilan, kami tidak melihat perbedaan yang signifikan dari luar jika dibandingkan dengan Vivobook Pro 15 OLED yang kami review sebelumnya. Hanya saja, kesan besar lebih terasa ketika tangan kami mulai menjamah laptop Asus terbaru ini.

Vivobook Pro 16X OLED baru hadir dengan desain bodi yang ramping dan unggul yang memungkinkannya mencakup segmen bisnis.

Laptop Asus ini memiliki dimensi total sekitar 360,5 x 259 x 17,9mm dan berat sekitar 1,87kg membuat Vivobook terbaru Asus ini cukup memenuhi standar portabilitas yang baik.

Hadir dengan bodi logam yang tidak hanya tahan lama dan tahan tekanan, tetapi juga mencerminkan ciri-ciri teknologi yang baik.

Bagian layar memiliki bezel tipis hingga membuat rasio layar-ke-tubuh yang lebih signifikan (86%) dengan rasio aspek 16:10.

Asus juga memberikan dukungan HDR terbaik pada Vivobook Pro 16X dengan kecerahan puncak 550nits serta rasio kontras 100000:1. Perlu dicatat bahwa warna hitam pada layar OLED ini serendah 0,0005nits.

asus vivobook pro 16X M7600

Dari segi warna, layarnya memiliki 100% DCI-P3, gamut warna 133% sRGB, dan juga bersertifikat dari Pantone Color dengan FPS tinggi 144Hz. Layar juga mendapat sertifikasi dari SGS, TUV Rheinland, dan banyak organisasi otoritatif lainnya.

Jika dibandingkan dengan teknologi filter cahaya biru sebelumnya, formula baru ini tidak akan membuat gambar menjadi kekuningan, dan warna akan akurat dan jelas, sekaligus melindungi mata.

Selain itu, kami juga mendapatkan perangkat lunak ASUS OLED Care, yang dilengkapi dengan fungsi multi perlindungan seperti penyegaran piksel, pergeseran piksel, mode gelap default pabrik, dan banyak fungsi terkait yang dapat diatur pengguna.

asus vivobook pro 16X M7600

Di dagu layar atas, ditempatkan Webcam, yang dapat merekam pada resolusi 720p (HD). Selain itu, terdapat penutup geser (privacy shutter) yang digunakan untuk menutupi lensa webcam saat tidak digunakan.

Di sebelah kanan webcam, laptop juga mendapatkan mikrofon peredam bising array ganda bawaan. Kami dapat mengatakan bahwa pengalaman konferensi video di laptop ini akan baik-baik saja.

Keyboard dan Touchpad Lengkap dengan Teknologi Baru

asus vivobook pro 16X M7600

ASUS Vivobook Pro 16X OLED yang baru memiliki fitur keyboard Chiclet berukuran penuh dengan lampu latar yang dapat disesuaikan (memiliki kecerahan tiga tingkat) dan penekanan tombol 1,35mm.

Kali ini, keyboard telah mencapai standar yang lebih tinggi untuk menyentuh tombol dan terasa lebih nyaman saat mengetik. Selain itu, perbedaan warna pada tombol kontrol dan tombol ESC juga tampak khusus untuk para gamer.

Terlihat juga bahwa kini tombol power diletakkan di kanan atas keypad dan tampak lebih mudah dijangkau dengan tangan berada di sisi kanan area palm rest. Perlu disebutkan bahwa tombol daya juga mendapat sensor sidik jari terintegrasi.

Di bawah keyboard, Vivobook Pro 16X M7600QE ini memiliki touchpad berukuran super 6,1 inci yang memberikan pengalaman yang sangat mulus.

asus vivobook pro 16X M7600

Di bagian kanan atas touchpad, ikon berbentuk lingkaran kecil juga dapat dilihat. Nah, ASUS menyebutnya sebagai DialPad Virtual Knob, yang memungkinkan pengguna melakukan lebih banyak fungsi dengan touchpad saja. Ini memungkinkan pengguna untuk menavigasi melalui menu knob, yang akan muncul saat menyentuhnya.

Menu knob memiliki banyak keunggulan dalam berbagai skenario, terutama dalam pekerjaan kantor. Di layar utama, ini memungkinkan pengguna untuk mengubah hal-hal sehari-hari seperti tingkat kecerahan dan volume sistem.

asus vivobook pro 16X M7600

Sementara di beberapa perangkat lunak populer seperti Microsoft Office, Adobe Photoshop, dan Adobe Premiere Pro, ini memungkinkan pengguna melakukan operasi berbeda yang terkait dengan perangkat lunak tertentu.

Konektivitas Lengkap

asus vivobook pro 16X M7600

Kita semua tahu bahwa Vivobook Pro 16X OLED baru adalah laptop yang sangat ramping. Meski demikian, perusahaan tidak meremehkan istilah “Ports” pada notebook ini.

Vivobook Pro 16X OLED memiliki total tujuh port di mana dua di antaranya ditempatkan di sisi kiri termasuk 2 port USB 2.0 Type-A, sedangkan lima lainnya di sisi kanan termasuk 1 jack headphone 3,5mm, 1 Slot Micro SD, 1 port USB 3.2 Gen 1 Tipe-C, 1 port HDMI 1.4, dan 1 port USB 3.2 Tipe-A.

Dengan jumlah port dan jenisnya yang lengkap ini, kami dapat mengatakan bahwa laptop tidak memerlukan ekstensi port untuk tugas kantor rata-rata.

Hasil Uji

asus vivobook pro 16X M7600

Di dalam ASUS Vivobook Pro 16X OLED, telah digunakan CPU Ryzen 9 5900HX terbaru dari AMD. CPU didasarkan pada proses manufaktur 7nm TSMC FinFET dan menggunakan arsitektur Zen 3. 

Ini fitur 8 core dan 16 thread di mana single-core memiliki frekuensi dasar 3,3GHz dan frekuensi maksimum 4,6GHz. CPU memiliki Cache Sekunder 4MB (L2) dan cache tiga tingkat 16MB (L3).

CPU test

asus vivobook pro 16X M7600

Patut disebutkan bahwa Ryzen 9 5900HX mendukung maksimal 64GB RAM dengan frekuensi 4266MHz, namun sayangnya laptop uji kami dibatasi dengan keberadaan 16GB RAM.

Tapi itu tidak masalah, karena nyatanya itu sudah lebih dari cukup untuk segala jenis kegiatan kantor atau hobby saat ini, termasuk bermain game tentunya.

Pada CPU-Z, skor single-core adalah 615.5 poin, sedangkan skor multi-core adalah 5785.7.

Selanjutnya tes juga kami lakukan dengan menggunakan GeekBench 5 dengan hasil Single Core 1510, Multi Core 7409, serta OpenCL 62747

GPU test

asus vivobook pro 16X M7600

Model yang kami pilih untuk review Vivobook Pro 16X OLED hadir dengan RTX 3050Ti Mobile GPU, model GPU terbaru dari seri RTX 3000.

Berkat GPU Dedicated yang solid ini yang membantu laptop Asus terbaru untuk mendukung game kelas atas juga. Pada model yang lebih rendah, model GPU berbeda. GPU memiliki 4 Gigs Memori GDDR5. 

Selanjutnya, GPU didasarkan pada proses manufaktur 8nm dan menggunakan arsitektur Ampere Nvidia.

Beberapa tes benchmark dari GPU ini adalah sebagai berikut:

Menggunakan 3DMark Time Spy: Skor GPU 4699, Skor CPU 9296, dan Skor Total 5086, sementara 3DMark Fire Strike: Skor GPU 11344, Skor CPU 23310, dan Skor Total 10695.

Beberapa benchmark juga kami coba gunakan untuk mengetes ketahanan Asus Vivobook Pro 16X M7600QE ini terhadap game dengan visualisasi yang tinggi.

Untuk Final Fantasy XV pada pengaturan Full HD kami masih mendapatkan skor 4555 dan masuk dalam kategori tinggi.

Perlu disebutkan bahwa semua tes benchmark ini (baik CPU dan GPU) dilakukan dalam kondisi Suhu Kamar 26-27°C,  Mode daya Performa Terbaik, Mode Kipas efisiensi tinggi yang menyesuaikan kecepatan kipas secara otomatis, sesuai dengan situasi.

CPU dan GPU Stress Test

asus vivobook pro 16X M7600

Untuk stress testing CPU, kami menggunakan mode pressure test AIDA64. Seluruh proses pengujian berlangsung 20 menit, dan suhu maksimum CPU naik menjadi 86°C sementara konsumsi daya adalah 54W.

Secara keseluruhan, pelepasan kinerja CPU kuat, tetapi pembuangan panas juga dapat ditekan. Setelah hanya menekankan CPU, saatnya untuk menekankan CPU dan GPU.

Seluruh proses pengujian memakan waktu 26 menit, di mana suhu GPU naik menjadi 65 °C, dan konsumsi daya maksimum adalah 50W. Sedangkan suhu CPU adalah 80°C dan konsumsi daya 35W. Konsumsi daya seluruh notebook sedikit lebih dari 80W.

Performa Gaming

asus vivobook pro 16X M7600

Dengan spesifikasi tangguh Vivobook Pro 16X OLED dapat dengan mudah menangani game yang berat dalam pengaturan yang mulus. Untuk memeriksa ini, kami juga melakukan pengujian dengan memainkan beberapa game berbeda dan hasilnya sebagai berikut.

Hasil uji menggunakan game PUBG PC hasilkan FPS rata-rata sekitar 131 (fps) pada pengaturan tertinggi dan tetap berjalan mulus. Tidak ada lag yang didapat saat berlari, merangkak, atau mengganti senjata api.

Sementara pada game Overwatch, FPS distabilkan di sekitar 72 (fps), bahkan dalam mode jarak dekat multiplayer, tidak ada jeda atau lag sama sekali.

Terakhir adalah game Battlefield 5 yang menghasilkan rata-rata frame rate antara 40 dan 50 (fps) pada pengaturan tertinggi dan membuat game ini tetap bergerak mulus.

Setelah melakukan benchmark test dan beberapa permainan game, kami juga melakukan Stress test baik CPU maupun GPU. Kondisinya sama seperti yang disebutkan di atas.

Kesimpulan

asus vivobook pro 16X M7600

Jika Anda mencari laptop pembuat konten 4K OLED dengan daya tahan baterai yang kredibel dan perangkat keras yang cukup baik untuk game kasual dan pembuatan konten sederhana, Vivobook Pro 16X OLED M7600Q menjadikannya pilihan yang layak.

Ada beberapa keuntungan yang kami dapat ketika menggunakan Asus Vivobook Pro 16X M7600QE ini, mencakup operasi game dan banyak operasi lain di mana pembuatan konten lebih nyaman dalam hal kinerja.

Kolaborasi aplikasi Adobe (Photoshop, Lightroom Classic, Premiere Pro, dan After Effect) dengan software dan hardware laptop (DialPad Virtual Knob) membuat pembuatan konten menjadi lebih fleksibel.

ASUS Vivobook Pro 16X OLED M7600Q adalah pilihan yang tepat untuk pembuat konten dan gamer kasual dengan layar OLED 4K yang luar biasa dan spesifikasi yang layak, meskipun pembuat konten yang lebih serius harus menjelajahi opsi kelas atas di jajaran Asus ProArt mereka.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1655 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.