Diperbaharui pada Selasa, 1 Maret 2022 | 18:31

ASUS Vivobook Pro 15 OLED, Spek Ganas Harga Murah untuk Kreator

ASUS Vivobook Pro 15 OLED

Asus seolah tak henti memanjakan konsumen dengan beragam pilihan laptop yang dia miliki. Mulai dari kategori laptop untuk pelajar, laptop untuk kreator, laptop untuk gaming, hingga laptop profesional, Asus memiliki semuanya.

Kali ini datang dari keluarga Vivobook, sebelumnya pasti pernah dengan tentang Asus Vivobook 15 OLED. Tapi kamingnya, kali ini kami tidak membahas produk tersebut, Pricebook sedikit lebih beruntung karena mendapatkan unit seri Asus Vivobook Pro 15 OLED dengan spesifikasi tertinggi.

Seperti yang ketahui, Vivobooks dikenal lebih fokus pada produktivitas dan pembuatan konten. Kali ini, kami menerima ASUS Vivobook Pro 15 OLED M3500, yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 9 5900HX serta grafis NVIDIA Geforce RTX3050.

Desain Unik Campuran Metal dan Plastik

ASUS Vivobook Pro 15 OLED

Mengingat laptop ini didesain untuk para kreator konten muda yang lebih menyukai desain minimalis, Vivobook Pro 15 OLED M3500 ini dibekali Asus dengan campuran sasis metal dan plastik yang unik. Hadir dalam balutan warna Silver memberi kesan yang lebih energik tapi tetap tampil elegan dan berkelas.

Pada bagian penutup, Anda akan disuguhkan dengan pelat logam berlogo Asus Vivobook di atasnya. Asus juga membekali Vivobook Pro 15 OLED ini dengan engsel ergonomis untuk memberikan pengalaman mengetik yang nyaman dan memungkinkan aliran udara yang lebih baik.

Dengan berat 1.65 Kg, laptop ini cukup tipis dan sangat nyaman jika harus dijinjing atau dimasukan ke dalam tas ransel untuk di gendong. Bahkan kami sempat mencoba membawanya bepergian selama beberapa jam, dan tidak terasa seperti memiliki beban yang berat, ini cukup menyenangkan jika dibandingkan dengan laptop gaming yang biasa kami bawa.

Secara peruntukan mungkin bukan sebagai laptop gaming, tapi kami sangat nyaman menggunakannya sebagai laptop gaming di sela keseharian kami.

Layar OLED Lebih Nyaman

ASUS Vivobook Pro 15 OLED

Tampilan layar nanoedge FHD OLED 15,6 inci langsung menyapa kami ketika laptop ini dibuka untuk pertama kali. Lapisan bezel yang cukup tipis di bagian samping, makin menambah kesan full screen yang bisa kami dapatkan dari Asus Vivobook Pro 15 OLED ini.

Selain itu, Anda juga dapat melihat webcam di bagian atas lengkap dengan penutup webcam, ini membuat keberadaan kamera lebih aman.

Tampilan warna pada layar sangat hidup, ini tak lepas dari sertifikasi pantone yang membuat kualitas layar semakin baik. Vivobook Pro 15 OLED juga mendukung resolusi 4k, mata kami terpesona melihat betapa keren tampilannya pada beberapa video 4K yang kami coba.

Laptop Asus Vivobook Pro 15 OLED M3500 ini sudah dilengkapi dengan sertifikasi TUV untuk low blue light dan flicker free untuk perlindungan mata. Pada dasarnya, mata tidak akan terlalu lelah setelah menatap layar seharian.

Karena laptop ini dirancang khusus untuk pembuat konten, maka Asus membekali gamut warna 100% DCI-P3 dan rasio kontras 1.000.000:1 untuk memudahkan setiap pekerjaan yang berhubungan dengan mengedit gambar dan video.

Audio Harman/Kardon

ASUS Vivobook Pro 15 OLED

Di sisi audio, Asus Vivobook Pro 15 OLED dibekali dengan dual-speaker Harman/Kardon. Kami melakukan beberapa pengujian untuk melihat seberapa baik kinerjanya dibandingkan dengan laptop lain dikelasnya yang tidak menggunakan Harman/Kardon di pasar.

Kali ini kami bicara jujur, kualitas audio Asus dengan Harman/Kardon menjadi salah satu yang kami sukai. Tidak hanya memberikan audio yang keras dan jernih, pengaturan dual-speakernya juga seimbang dalam kondisi stereo sehingga terdengar lebih renyah.

Ditambah lagi dengan adanya DTS Audio Processing, Asus benar-benar menjadikan Laptop Vivobook Pro 15 OLED ini sebagai paket lengkap laptop untuk konten kreator.

Kehebatan lain hadir dari teknologi AI Noise-Cancelling untuk meredam kebisingan segala jenis kebisingan suara di sekitar. Tak dapat dipungkiri, fitur atau teknologi ini cukup menjadi kegemaran kami mengingat banyaknya liputan via online dan juga kebutuhan WFH yang masih berjalan.

Terlebih, Noise-Cancelling ini tak hanya bekerja sebagai peredam bising, tapi juga mampu membantu kami memproses suara yang lebih jernih saat sedang daring.

Keyboard Lebih Luas

ASUS Vivobook Pro 15 OLED

Keyboard Vivobook Pro 15 OLED sudah dilengkapi dengan fitur backlit dan memiliki 3 level penyesuaian cahaya. Bagian menyenangkan adalah, jarak setiap huruf atau key travel keyboard ini hanya 1.3mm, menurut kami pribadi sangat nyaman digunakan mengingat jari-jari kami yang panjang namun kurus.

Selain itu, tombol enter kini hadir dalam desain baru yang lebih berkarakter dengan sedikit guratan warna bergaris putus. Cukup mentriger mata untuk membedakannya dengan tombol lain.

Bagi kalian yang selalu kecewa dengan komposisi touchpad yang kecil, kali ini berbahagialah karena Asus menyediakan penggulir kursor tersebut dengan ukuran yang sedikit lebih lebar.

Keunikan lain hadir dari sisi tombol daya. Yap, selain berguna sebagai tombol on/off, Asus juga memperdayakannya sebagai akses sensor sidik jari untuk keamanan tambahan. Sedikit sangat mencolok karena dicirikan dengan keberadaan list chrome yang mengitari tombol power tersebut.

Konektivitas WiFi 6

ASUS Vivobook Pro 15 OLED

Asus membekali laptop Vivobook ini dengan teknologi Intel Wi-Fi 6 yang dapat memudahkan dan menyediakan internet cepat bagi pengguna.

Akses konektivitas lain terdapat pada beberapa port seperti USB 3.2 Gen 1 Type-A, port HDMI 1.4, kemudian ada juga port USB 3.2 Gen 1 Type-C, MicroSD Card Reader, dan jack audio 3.5mm yang semuanya berada di sisi kanan.

Sedangkan di sisi sebelah kiri, Anda akan mendapatkan dua buah port USB 2.0 sebagai tambahan.

Uji Performa

ASUS Vivobook Pro 15 OLED

Selain tampilan yang bagus, ia berjalan pada prosesor AMD Ryzen 9 5900HX dan kartu grafis NVIDIA Geforce RTX 3050. Mengingat ini bukan laptop gaming, kami tetap mencoba beberapa pengujian benchmark untuk sekedar meredakan rasa penasaran tentang kekuatan dari Vivobook Pro 15 OLED ini.

Kami menggunakan Benchmark Resident Evil 6, Street Fighter V, dan juga Final Fantasy XV sebagai permulaan dengan beberapa settingan yang kami sesuaikan, tentunya tanpa embel-embel OC alias overclock.

Hasilnya, ketika menggunakan Benchmark Resident Evil 6, Asus Vivobook pro 15 OLED ini mampu menembus 207 FPS untuk urusan frame rate dengan ranking S dan skor 24927. Sedangkan Street Fighter V mampu menembus hasil Perfect dengan average 60 FPS.

Percobaan dengan benchmark Final Fantasy XV pada resolusi 4K tidak buruk, mampu mencatat skor 1768, meski begitu kualitas gambar yang ditampilkan cukup epik. Pada settingan Full HD pada Final Fantasy XV, skor yang dihasilkan jauh lebih tinggi, yakni 6115 dengan performance High.

Masih bicara tentang benchmark, tak lengkap jika tidak menguji dengan ketentuan standar seperti 3D Mark dan GeekBench. Skor 3D Mark yang didapat untuk Vivobook Pro 15 OLED ini mencapai 10786 untuk Fire Strike dan 35008 untuk Night Raid.

ASUS Vivobook Pro 15 OLED

Sedangkan di GeekBench, Vivobook Pro 15 OLED mampu mencapai skor single-core 1474 dengan skor multi-core 7530. Puas dengan kegiatan benchmark, kami beralih melakukan beberapa kegiatan permainan dengan laptop Asus Vivobook Pro 15 OLED ini.

Kami mencoba memainkan salah satu game yang banyak dimainkan para gamers saat ini, yakni VALORANT. Yang mengejutkan kami, Vivobook Pro 15 OLED mampu menjalankan game ini pada kisaran 200 fps sepanjang waktu.

Sebenarnya kami tidak terlalu kaget, hal ini dikarenakan ranking S yang kami hasilkan pada benchmark Resident Evil 6 dengan pergerakan tertinggi pada 207 FPS.

Selain mencoba memainkan VALORANT, kami juga mencoba membuka lebih dari 10 tab sekaligus dan masih bisa berfungsi dengan lancar tanpa lagging atau melambat dalam hal apa pun, yang membuat SSD cukup layak untuk laptop kecil dan ringan seperti itu.

Diluar itu semua, kami cukup takjub dengan kinerja dual kipas yang dimiliki. Praktis selama pengujian kami tidak menemukan kejanggalan dalam hal panas berlebih. Hal ini juga terjadi pada saat proses benchmark dan juga bermain game dalam waktu yang lama.

ASUS Vivobook Pro 15 OLED

Desain pendingin kipas ganda ini mampu bekerja efektif karena dilengkapi Teknologi ASUS IceCool Plus yang mampu memberikan performa CPU hingga 54W. Teknologi ini disebut Asus merupakan penggabungan dua pipa panas untuk meningkatkan pendinginan secara signifikan.

Seperti disebutkan di atas, kami telah mencoba bekerja dan melakukan permainan minimal dengan laptop ini dan kami hanya mengalami sedikit panas di bagian tengah laptop sementara sisanya tetap dingin untuk disentuh.

Baterai Tahan Lama

ASUS Vivobook Pro 15 OLED

Anda akan mendapatkan pengisi daya 120W yang disertakan dalam pembelia. Berkenaan dengan masa pakai baterai, kami memulai hari kami pada jam 10 pagi dengan masa pakai baterai 100%, menggunakan laptop untuk mengetik skrip dan memainkan VALORANT selama sekitar 30 menit. Setelah sekitar 5 jam penggunaan, baterai masih tersisa 48%.

Secara keseluruhan, kami pikir laptop ini cukup untuk bertahan sepanjang hari jika Anda membutuhkannya. Dan ini sejalan dengan klaim Asus yang menyatakan bahwa laptop ini memiliki ketahanan baterai 63 Wh.

Tambahan, untuk koneksi mulus antara perangkat seluler dan laptop Anda, Vivobook Pro 15 OLED juga dilengkapi dengan perangkat lunak bernama MYASUS yang memungkinkan Anda mentransfer Link URL, file, mirroring layar, pemanjang layar, dan melakukan panggilan telepon langsung dari ponsel Anda melalui Vivobook Pro 15 OLED ini.

Kami sudah mencobanya dan harus kami katakan, transfer file tidak pernah secepat ini, membuat perangkat lunak ini sempurna untuk pembuat konten saat bepergian.

Kesimpulan

ASUS Vivobook Pro 15 OLED

ASUS Vivobook Pro 15 OLED jadi salah satu laptop dengan desain yang kami suka. Dari segi fitur dan kinerja membuktikan bahwa Vivobook Pro 15 OLED sepadan dengan harganya, terutama jika Anda memiliki beberapa ratus lebih untuk dibelanjakan.

Tidak hanya menampilkan tampilan yang indah, beragam fitur kekinian yang cukup menjamin keamanan dan kenyamanan pun tersemat dengan apik. Mulai dari sensor sidik jari dan keyboard yang sangat nyaman, kami sangat terkesan dengan kinerja laptop yang begitu tipis.

Jika Anda tertarik, terdapat 2 varian dengan pilihan 2 warna yang disediakan Asus untuk seri laptop Vivobook Pro 15 OLED ini. Varian pertama Asus Vivobook Pro 15 OLED dengan kombinasi AMD Ryzen R5-5600H dilengkapi GPU NVIDIA GEFORCE RTX 3050, RAM 16G, SSD 512G PCIE dan pilihan warna COOL SILVER atau QUIET BLUE di harga Rp16.299.000.

Kemudian ada varian tertinggi seperti yang kami gunakan, yakni Asus Vivobook Pro 15 OLED dengan kombinasi AMD Ryzen R9-5900HX dilengkapi GPU NVIDIA GEFORCE RTX 3050, RAM 16G, SSD 512G, serta pilihan warna serupa, COOL SILVER atau QUIET BLUE di harga Rp17.799.000.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1093 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.