Diperbaharui pada Kamis, 25 November 2021 | 18:16

5 Alasan Kenapa Mesh Router Synology Jadi Pilihan Terbaik Bisnis

review Synology Mesh Router RT2600ac dan MR2200ac

Synology membuat nama untuk dirinya sendiri selama 10 tahun terakhir sebagai pabrikan NAS terbaik. Tapi siapa sangka, dalam beberapa tahun terakhir, pabrikan Taiwan ini juga menyediakan solusi jaringan baik untuk rumahan serta kebutuhan bisnis.

Kini Synology mulai mengenalkan solusi routernya ke market Indonesia tahun ini. Senjata baru RT2600ac, router dual-band dengan sistem operasi berbasis web yang sangat canggih, ditambah dengan pembaruan besar yang memungkinkannya berfungsi sebagai sistem mesh dengan tambahan MR2200ac.

Kami sudah beberapa hari mencoba menggunakan Synology Router RT2600ac dan Synology Mesh Router MR2200ac. Banyak hal yang bermanfaat dan perlu Anda ketahui tentang Synology ke dunia jaringan mesh.

Maka dari itu, kami ingin memberikan 5 alasan kenapa kami memilih Mesh Router Synology menjadi pilihan terbaik di dunia bisnis berdasarkan pengujian kami selama menggunakannya.

Tiap Sudut Kantor Bisa Punya Jaringan Wi-Fi Stabil

review Synology Mesh Router RT2600ac dan MR2200ac

Masalah yang biasa dirasakan oleh bisnis atau perkantoran hingga perhotelan adalah wi-fi deadzone, di mana kadang setiap sudut tidak ada jangkauan signal yang kuat. Hal ini bisa berdampak pada produktivitas apalagi jika karyawan sering berpindah tempat dari satu ke tempat lainnya.

Solusi yang biasa diambil yaitu meletakkan router di tempat yang paling strategis, namun kadang tempat itu bukan tempat terbaik untuk meletakkan barang.

Kami sendiri juga merasakan hal yang sama terutama di lingkungan kantor, hingga akhirnya mencoba menggunakan mesh router dari Synology ini. Dengan perpaduan kedua RT2600ac dan MR2200ac, kami bisa membangun Wi-Fi Point.

Dengan begitu, meski kami berpindah dari tempat satu ke lainnya seperti dari lantai 1 ke lantai 2 atau lantai 3, bisa langsung tersambungkan secara otomatis pada titik akses terdekat. Dan ini membuat setiap karyawan Pricebook jadi jauh lebih nyaman dan fleksibel bekerja di areal mana pun di dalam lingkungan kantor.

Tidak seperti kebanyakan sistem mesh, Anda dapat menggunakan salah satu router di sini sebagai unit yang berdiri sendiri. MR2200ac bekerja dengan baik dengan sendirinya, menjadikannya pilihan yang bagus jika Anda memiliki apartemen atau rumah yang lebih kecil.

Namun saat dipasangkan dengan RT2600ac Anda mendapatkan cakupan yang lebih luas, dan ini cukup memuaskan untuk kami ketika menggunakannya di lingkungan lantai 1 dan lantai 2 Pricebook.

Jika Anda ingin membangun jaringan mesh dari router Synology, Anda harus menggunakan RT2600ac sebagai yang utama dan tambahkan node MR2200ac sesuai kebutuhan.

Anda juga dapat menggunakan satu MR2200ac sebagai base station dan menambahkan lebih banyak unit sesuai kebutuhan untuk menyiapkan sistem mesh tri-band.

Settingan ini biasanya sangat berguna dengan nuansa gedung yang lebih banyak menggunakan kubikel.

Konfigurasi Mudah Tanpa Perlu Tim IT yang Tersertifikasi

Synology Mesh Router RT2600ac dan MR2200ac

Biasanya router yang ditujukan untuk bisnis tidak ramah untuk orang-orang yang tidak memiliki sertifikat khusus untuk jaringan, namun kebanyakan perkantoran terutama UMKM biasanya tidak mempunyai tim IT khusus untuk mengelola jaringan networking.

Lain halnya dengan router yang langsung dicoba dari Synology ini, dia memiliki sistem operasi dengan UI yang sangat mudah digunakan bahkan untuk beginner sekalipun.

Kami yang mencoba langsung dari proses instalasi hingga konfigurasi dapat dengan mudah melakukannya karena sistem operasi yang dinamakan Synology Router Manager (SRM) ini mirip dengan Windows, jadi sangat mudah untuk digunakan.

Fitur Keamanan Gratis Bawaan Router

review Synology Mesh Router RT2600ac dan MR2200ac

Berbicara tentang keamanan, pastinya masalah virus seperti ransomware atau serangan malware sering terjadi. Selain backup data, melindungi jaringan internet juga wajib untuk dilakukan.

Router Synology dilengkapi dengan teknologi pencegahan intrusi tingkat bisnis, Threat Prevention, sehingga dapat langsung memeriksa traffic masuk dan keluar dan bisa langsung memblokir serangan masuk yang berbahaya. 

Selain itu, beberapa perusahaan juga perlu untuk mengelola akses karyawan yaitu dengan fitur web-filtering yang tersedia dalam Safe Access yang bisa membantu memblokir situs web yang dilarang.

Lengkap dengan Fitur VPN untuk Kantor yang Sedang WFH

Synology Mesh Router RT2600ac dan MR2200ac

Setelah pandemi, banyak kantor yang harus WFH dan untuk mengakses jaringan intranet biasanya karyawan butuh menggunakan VPN.

Biasanya untuk router dan VPN adalah kedua hal yang berbeda dan harus beli terpisah, satu beli router dan harus beli lagi aplikasi untuk koneksi VPN.

Tapi tidak untuk router Synology ini, keduanya sudah dilengkapi dengan fitur VPN Plus di mana lisensinya bisa didapatkan gratis, hanya butuh membeli router saja.

Report Status dan Monitor

review Synology Mesh Router RT2600ac dan MR2200ac

Untuk mengurus dan mengelola jaringan biasanya cukup merepotkan walaupun untuk tim IT sekalipun. Tapi itu tidak akan terjadi jika kalian sudah menggunakan kedua Router terbaik Synology ini.

Kami yang sudah mencoba router ini merasakan mudahnya untuk mengelola jaringan dengan adanya kemudahan monitoring bisa dari web langsung ataupun bisa juga dari aplikasi selular.

Hasil Uji Duet Dua Mesh Router Synology

review Synology Mesh Router RT2600ac dan MR2200ac

Biasanya kita sering menggunakan software Speedtest untuk mengukur kecepatan akses jaringan. Namun, angka yang diperoleh dari Speedtest sangat bergantung pada paket internet yang digunakan, yang akan terpengaruh jika ada beberapa perangkat di LAN yang mengakses internet.

Hasil speedtest diukur dengan Wi-Fi dengan paket internet 25Mbps jaringan VNPT. Oleh karena itu, kami akan menggunakan perangkat lunak iPerf untuk mengukur kecepatan jaringan dengan paling akurat.

Komputer yang terhubung ke router utama melalui kabel LAN akan bertindak sebagai server, sedangkan client yang kami gunakan adalah ASUS Zenbook Duo dengan Wi-Fi 6 yang mendukung band 2.4 GHz dan 5GHz, serta maksimum kecepatan diatas 3Gbps.

Pada pengujian pertama, kami hanya menggunakan router utama, Synology RT2600ac, yang terletak di lantai 2 (total rumah memiliki 3 lantai).

review Synology Mesh Router RT2600ac dan MR2200ac

Bandwidth Wi-Fi diukur dengan iPerf saat hanya menggunakan router utama RT2600ac memiliki kecepatan standar seperti dalam hitungan ketika menggunakan speedtest by ookla. Kecepatan berkisar di antara 9 Mbps hingga 16 Mbps.

Pada pengujian kedua, kami akan menyatukan dua router RT2600ac dan MR2200ac melalui kabel LAN. Router utama adalah Synology RT2600ac yang masih berada di lantai 2 (lokasi lama), sedangkan router mesh MR2200ac terletak di lantai 1.

Bandwidth Wi-Fi diukur menggunakan iPerf saat menggabungkan RT2600ac dengan router mesh MR2200ac memiliki peningkatan yang signifikan.

Bahkan kami bisa mendapatkan kuasa penuh pada paket jaringan yang kami miliki. Dalam penggabungan ini, kami mendapatkan rata-rata kecepatan mulai dari 15 Mbps hingga 23 Mbps.

Hasil sama juga terjadi ketika kami menggunakannya secara terbalik, router mesh MR2200ac yang disambungkan dengan RT2600ac.

Setelah dua pengujian, dapat dilihat bahwa saat menggabungkan RT2600ac dengan router mesh MR2200ac, jangkauan dan kecepatan WiFi dalam ruangan telah meningkat secara signifikan, terutama di lantai 1 dan 2.

Meski tanpa pengujian dengan speedtest dan juga iperf, melalui Network Center, kami juga dapat melihat kecepatan download dan upload.

Lewat Network Center pula kami juga bisa melihat daftar perangkat yang terhubung, konfigurasikan pengaturan nirkabel, dan mengatur jaringan client, termasuk banyaknya pengguna.

Kami juga bisa membuat pengaturan Firewall, Denial of Service (DoS), Port Forwarding, dan server DHCP lebih mudah dengan RSM Synology ini.

Kesimpulan

review Synology Mesh Router RT2600ac dan MR2200ac

Secara umum, solusi Mesh Wi-Fi Synology menawarkan beberapa manfaat dengan beragam fitur untuk pengguna, cocok untuk rumah dan usaha kecil.

Kedua model router RT2600ac dan MR2200ac dapat bekerja secara independen, serta digabungkan untuk membangun sistem Wi-Fi mesh dengan cakupan dan stabilitas tinggi.

Jika Anda sangat mengutamakan tingkat keamanan di jaringan Anda, kedua model router Synology ini adalah perpaduan yang tepat untuk membangun mesh router bisnis.

Untuk lebih memudahkan pengguna, Synology juga menyertakan aplikasi seluler DS Router untuk iOS dan Android.

Keuntungan lain yang Anda dapat ketika menggunakan Synology Router RT2600ac ataupun mesh router MR2200ac adalah keberadaan fitur parental control untuk memblokir akses ke situs jejaring sosial yang berisi konten dewasa, penggunaan narkoba, malware, dan banyak lagi. Anda juga dapat membuat jadwal akses Internet untuk setiap client.

Tertarik untuk mencoba kehebatan Synology Mesh Router yang lengkap dengan VPNnya? Kalian bisa dapatkan promo menarik bundling Synology Mesh Router terbaru saat ini, sebelum kehabisan.

Untuk info lebih lanjut, kalian bisa hubungi langsung ke situs resmi Synology untuk konsultasi dan juga informasi lebih lengkap terkait produk yang kalian inginkan.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1008 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.