Diperbaharui pada Kamis, 11 Februari 2021 | 20:45

Synology DS920+, Saatnya Lupakan Penyimpanan Cloud

review synology ds920+

Synology DS920+ berhasil kami cicipi dengan tuntas. NAS ini jadi yang ke 2 yang secara resmi kami gunakan dalam kurun waktu yang cukup lama. Versi pertama yang juga kami gunakan adalah DS918+.

Kami tidak akan memberikan rincian spesifikasi ataupun fitur pada artikel Review NAS Synology DS920+ kali ini. Kami akan berbagi cerita sebagai pengguna bagaimana rasa nikmat dan mudahnnya menggunakan NAS berkecapatan maksimal.

Terlebih, NAS Synology cukup banyak memberikan efektifitas kerja pada tim. Hal itu cukup berguna, karena ritme pekerjaan baik dalam berbagi materi editing, hingga proses approval antar divisi sangat mudah.

Desain DS920+

review synology ds920+

Synology DS920+ secara konstruksi mirip dengan DS918+, tapi faktanya DS920+ memiliki bobot yang jauh lebih ringan.

DS920+ memiliki sasis internal yang sama dengan DS918+. Dudukan mainboard jadi satu-satunya komponen logam dan unit lainnya terbuat dari plastik.

Mekanisme penguncian dan baki HDD masih sama dan tidak perlu mengubah banyak hal di sini karena semuanya berfungsi dengan baik. Panel belakang tempat port dan kipas dipasang juga terbuat dari logam.

Kami melihat SoC utama dipasang dengan cara yang membuatnya sedikit terisolasi dari ruang yang menampung hard drive, bahkan ada jarak untuk memastikan aliran udara di atas heatsink SoC.

Intel Atom J4125 jadi prosesor anyar DS920+, ini yang menurut kami hebat. Prosesor jenis ini memiliki 4 core/4 thread dengan Intel HD 600 Graphics yang mampu menampilkan 12 Unit Eksekusi.

Prosesor ini juga memiliki clock dasar 2.0 GHz dan dapat naik ke 2.7 GHz. Gemini Lake juga menambahkan dukungan untuk antarmuka USB 3.1 dan Tipe-C.

Kenapa DS920+?

1. Upgrade kinerja lebih baik 

review synology ds920+

Synology DS920+ sendiri merupakan peningkatan langsung dari versi yang kami gunakan sebelumnya, yakni DS918+. Salah satu yang membuat kami senang adalah perpindahan ke Intel Gemini Lake dan DDR4.

Ini cukup menggembirakan mengingat model NAS DS918+ yang kami gunakan sebelumnya untuk keperluan studio Pricebook masih belum ada di tahap itu.

Secara sistem, Synology DSM tidak banyak berubah. Penggunaan versi DSM 6.2.3 juga masih sangat mudah digunakan. Mungkin nanti akan kami update ketika sudah menggunakan DSM 7.0 versi terbarunya.

Kesenangan lain yang didapatkan tim adalah ketika harus menyimpan data 16TB atau mentransfer data dengan ukuran besar, DS920+ memberikan pengalaman baru dan lebih cepat.

Terlebih kami mendapatkan sokongan langsung NVMe SSD Synology SNV3400 berkapasitas 400GB. Tak hanya itu, tambahan SoDimm D4NESO-2666-4G berkapasitas 4GB juga turut mengamankan kecepatan input output serta kinerja dari DS920+.

2. Migrasi dan instalasi yang mudah

review synology ds920+

Penggunaan Synology DS920+ kali ini kami sandingkan dengan HDD Toshiba N300 4TB. Karena terdapat 4 rak penyimpanan HDD, maka kami menggunakannya 4 buah, jadi total kami gunakan harddisk Toshiba sebanyak 16TB.

Puas rasanya jika menilik konfigurasi diatas, terlebih dengan NAS ini kami bisa langsung memformatnya ke setelan btrfs yang artinya kami bisa mengambil snapshot data setiap hari dengan penjadwalan tanpa kendala sedikitpun.

Pekerjaan itu biasanya kami cicil per minggu dan sangat menguras waktu, tapi dengan adanya sistem backup yang dapat disesuaikan penjadwalannya kami tidak lagi memikirkan hal repot menguras waktu tersebut.

review synology ds920+

Dari segi pemasangan, perangkat DS920+ tak berbeda dengan DS918+, tinggal klik rel plastik, geser, pasang, dan selesai. Peletakan NVMe pun tidak merepotkan, slotnya terpisah di bagian bawah dan ada 2 slot yang bisa kalian optimalkan.

Oiya, kami sempat mencoba migrasi data dari DS918+ ke DS920+ terbaru dengan kapasitas besar, seperti yang kami maksud di awal, percaya atau tidak, 8TB tidak sampai setengah jam termigrasi dengan baik.

Untuk masalah migrasi ini kami bisa katakan jauh lebih unggul ketimbang NAS konvensional yang pernah dimiliki penguji. Jadi Pricebook beruntung menggunakan NAS berkecepatan tinggi ini.

Lantas jika mau bertambah kapasitas HDD apakah bisa lebih dari 16TB? Kami jawab bisa, asalkan konfigurasi serupa. Jadi kalian bisa memasukan 8TB per kompartemen HDD sebanyak 4 buah untuk lebih memaksimalkan kapasitas penyimpanan.

3. Transfer file cepat dan kapasitas penyimpanan besar

review synology ds920+

Masih berpikir untuk menggunakan cloud? Semenjak mengenal NAS Synology baik dari versi DS918+ sampai DS920+ ini kami benar benar melupakan penyimpanan berbasis cloud.

Dengan konektivitas 1Gbit di kantor kami, untuk upload maupun download sudah pasti tidak akan kami khawatirkan. Kecepatan tulis dan baca rata-rata di atas 115MB/detik, ketika internet sedang digunakan secara penuh.

Secara penuh dalam artian, studio Pricebook sedang penuh, dan banyak device yang menggunakan jaringan internal. Namun pada dasarnya itu bukan kemampuan maksimal DS920+, karena kami pernah mencoba di kantor utama Pricebook dengan kecepatan internet melebihi 1Gbit, alat ini mampu memberikan kecepatan baca dan tulis hingga 358MB/detik.

Itu yang membuat kami melupakan cloud dengan kapasitas simpan kecil, setiap kapasitas penuh file akan hilang, hingga harus mengeluarkan biaya langganan besar hanya untuk kapasitas berukuran GB.

4. Kelengkapan fitur tambahan yang canggih

review synology ds920+

Bicara fitur, kami tidak akan secara gamblang menyebutkan fiturnya. DSM milik Synology punya banyak fitur penunjang kegiatan dan rutinitas kerja yang apik. Kami pernah membahasnya pada review DS918+ sebelumnya tentang beragam jenis fitur tersebut.

Bahkan Antivirus juga bisa kalian gunakan pada NAS ini. NAS DS920+ sendiri merupakan sebuah media simpan yang aman karena meskipun bisa digunakan secara bersama, data yang disimpan sudah pasti aman dan tetap pada tempatnya.

Butuh akses untuk memindahkan semua file ke tempat lain, dan hanya operator dengan kunci akses yang bisa melakukannya. Jadi kalian bisa tahu siapa yang berbuat aneh dan curang pada tim jika berurusan dengan keberadaan data.

Ditambah dengan antivirus, dipastikan arus transfer data dari beragam device ke dalam NAS semakin aman dari ancaman malware dan juga virus.

server web

Kami selalu menyatakan bahwa sistem operasi NAS Synology, DSM adalah OS paling kaya fitur yang pernah kami uji. Dan itu benar, merujuk pada beberapa hal baru yang kami coba pada DS920+ yang belum kami coba pada DS918+ sebelumnya.

Kami menguji fitur server web dan menginstal instance WordPress di drive dengan mudah. Kami tidak mengisi database WordPress dengan banyak postingan dan gambar ataupun plugin, jadi kami belum tahu sejauh apakah DS920+ dapat menangani situs web menengah tetapi untuk situs web portofolio pribadi atau sekadar eksperimen biasa, perangkat kerasnya lebih dari cukup.

Tentu saja, Anda dapat menambahkan lebih banyak RAM ke DS920+ dan oleh karena itu meningkatkan kemampuan untuk menghosting lebih banyak plugin di instalasi WordPress Anda.

review synology ds920+

Aplikasi bagus lainnya yang kami uji adalah Synology Moments. Aplikasi ini pada dasarnya adalah aplikasi organisasi foto dan video dengan fitur penandaan otomatis AI baru yang dapat mengelompokkan foto Anda dengan cara yang mirip dengan yang dilakukan Google dengan Google Foto.

Aplikasi ini kami coba karena berkaitan dengan pembukuan atau merapikan file secara berkala.

Faktanya, ketika kami mengambil dua album besar yang mencakup foto dan video 18 GB dengan semua metadata EXIF utuh dan memasukkannya ke aplikasi Synology Moments aplikasi secara langsung dan cepat mulai mengelompokkan foto ke dalam tema kelompok masing-masing.

Kami melihat orang, hewan, tempat, anak-anak, tumbuhan, langit, dan pemandangan kota diatur ke dalam folder masing-masing. Meski masih mendekati kata sempurna tapi aplikasi ini belum tentu ada di NAS lain. 

Sedikit saran untuk Synology tolong cepat sempurnakan aplikasi ini, karena ini sangat membantu pekerjaan kami sebagai content creator.

Kesimpulan

server web

Sedikit banyak, Synology DS920+ tak hanya mempan untuk tugas-tugas remeh temeh seperti penyimpanan semata. Pengujian diatas berdasarkan pengalaman penguji dan tim saat menggunakan NAS Synology dalam setiap pekerjaan di kantor.

Harus dibeli atau tidak? Harus dimiliki atau tidak? Menurut kami DS920+ cukup pantas untuk dimiliki. Tidak hanya untuk dikantor tapi NAS ini juga sangat pantas digunakan dirumah untuk menyimpan berbagai file dan membantu kalian bekerja lebih simple.

Word hilang? Tenang ada DSM yang sudah punya word sendiri. Excel expired? Synology juga punya di dalam sistemnya. Cloud lain?

Bandingkan sendiri dengan video review DS920+ Pricebook, jangan lupa tonton juga video review DS918+ sebelumnya di channel Youtube Pricebook.

Jangan lewatkan Limited Bundle Promotion Imlek hanya di Shopee, dapatkan Synology NAS & HDD Toshiba dengan harga menarik.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1662 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.