Diperbaharui Pada Selasa, 9 Feb 2021 | 10:33

Review Seagate Game Drive The Last of Us Part II dan Keunggulannya

Kami tidak menyangka sebelumnya akan kehadiran Seagate Game Driver for PS4 The Last of Us Part II di meja review Pricebook.

Satu hal yang kami tahu, model terusan dari versi Harddisk Gaming Last of Us merupakan seri harddisk PlayStation 4 bertema pertama yang dibuat sebagai harddisk eksternal pendamping terbaik untuk menyimpan game PS4.

Keberadaan harddisk gaming Seagate bertema The Last of Us ini pertama kali hadir sebagai hasil dari kemitraan Sony dan juga Seagate untuk membuat hard drive bertema menyertai Sony Playstation 4.

Ada banyak drive eksternal di luar sana, tetapi hanya sedikit yang terlihat sekeren drive eksternal terbaru Seagate ini.

Ini pertama kalinya kami mencoba menggunakan HDD eksternal untuk PS4, sebelumnya kami memang pernah menggunakan HDD pada PS2 ataupun PS3. Berikut pengalaman penggunaan Seagate Game Drive The Last of Us Part II, mari selami performa dan estetika hard disk edisi terbatas ini.

Review Seagate Game Drive for PS4 The Last of Us Part II

Seperti yang Anda lihat, meskipun merupakan media penyimpanan portabel, rancang bodi Seagate masih terbilang kokoh.

Karena drive ini plug and play jadi penggunaanya sangat mudah, tinggal colok. HDD ini juga merupakan edisi terbatas jadi pastinya hadir dengan kecepatan maksimum.

Drive The Last of Us Part II ini memiliki kapasitas 2TB, kapasitas yang cukup besar untuk menyimpan game-game terbaik saat ini. Kami rasa cukup basa-basinya, mari kita lihat performa si anak hilang yang muncul kembali dengan versi part II.

Model terbaru ini mampu memberikan kecepatan minimum standar pada 64KB untuk beragam besaran bobot transfer data.

Ukurannya yang hanya 2,5 inci juga membuatnya tidak berbeda dengan HDD eksternal lainnya, yang menekankan mobilitas dan kecepatan transfer data.

Sayangnya, Seagate Game Drive The Last of Us Part II tidak menyediakan game bawaan pada paket pembeliannya, atau dibeli terpisah.

Untuk menggunakannya di PS4, Anda tidak perlu terlebih dahulu memasangnya ke PC. Kalian cukup hubungkan unit Game Drive ke salah satu port USB 3.0 di PS4, dan kemudian akan muncul panduan untuk menggunakannya.

Playstation 4 akan mengelola format HDD eksternal ini sebelum bisa dipakai untuk menyimpan game. Setelah selesai, kalian bisa mengakses pengaturan untuk menjadikan drive ini sebagai tempat penyimpanan game secara default.

Nantinya, setiap kalian ingin menginstal judul baru, datanya akan tersimpan otomatis di HDD eksternal ini.

Saat melakukan uji benchmark dengan beberapa software uji yang kami miliki, kami sedikit tersenyum. Seagate The Last of Us Part II mampu mengungguli sebagian besar drive mekanis yang kami miliki dengan kecepatan tulis 90 MB/s.

Yang mengejutkan kami, drive gaming ini masih mampu bekerja dua kali lebih cepat. Beberapa drive mekanis yang kami punya mungkin mampu memiliki kecepatan baca pada angka 138MB/s, dan 128MB/s untuk kecepatan tulis.

Segate mengejutkan kami pencapaian hasil kecepatan baca 142MB/s dan tulis 130MB/s secara konsisten, dan ini kami uji secara berulang.

Kami menjalankan pengujian lima kali berturut-turut hanya untuk memastikan kebenaran dari hasil tersebut. Mungkin tidak menjadi yang tercepat, tapi ini tetap menjadi bukti kemampuan terbaik dari driver gaming terbaru Seagate ini.

Di luar pengujian sintetis, kami mencoba menggunakan sample folder berisi file sebesar 30 GB dan memindahkannya ke ke dalam Seagate The Last of Us II ini.

Cukup menjanjikan, karena dengan kapasitas transfer file sebesar itu, driver ini tetap mampu bekerja dalam menyalin dengan kecepatan rata di kisaran 130 MB/s.

Kami kembali mencoba menyalin file yang sama, hanya untuk memastikan sistem cache yang ada, kami masih bisa melihat bahwa drive ini menghasilkan kecepatan lebih tinggi pada titik 140 MB/s.

Kecepatan tersebut kami dapat setelah membersihkan cache. Sekali lagi, harddisk portabel ini mungkin bukan yang tercepat tapi mampu bekerja sangat konsisten.

Karena ini merupakan harddisk gaming versi The Last of Us Part II dari Seagate, jadi kami pun turut memainkan game ini dan menyimpannya ke dalam drive. Game ini menjadi salah satu permainan yang lebih berfokus pada stealth.

Uniknya, Seagate memilih pendekatan yang lebih tenang dengan drive ini lewat tampilan desainnya. Selain menyematkan tulisan The Last of Us Part II berwarna putih yang cukup besar, Seagate juga menyematkan gambar daun pakis pada cover.

Satu hal yang harus kalian tahu adalah jangan sembarangan mencabut Game Drive dari konsol. Kalian harus mengakses pengaturan, kemudian masuk ke pilihan devices, lalu pilih USB storage.

Dari situ ada pilihan berhenti menggunakan penyimpanan eksternal. Setelah dipilih, baru kalian bisa mencabutnya.

Keuntungan Menggunakan Seagate The Last of Us Part II

Seagate Game Drive The Last of Us Part II punya kapasitas 2TB, yang berarti Anda juga bisa menyimpan game selain The Last of Us Part II.

Dengan asumsi satu judul memerlukan ruang sekitar 50GB, berarti Anda bisa menyimpan hampir 40 game. Ini cocok untuk gamer PS4 yang tidak menggunakan versi Pro atau versi 500GB.

Lantas adakah hal lain yang menjadikan keuntungan bagi pengguna HDD Seagate ini?

Kapasitas Besar

Kapasitas besar disini merujuk pada daya tampung yang mencapai 50+ game atau lebih dari 50 game. Kapasitasnya The Last of Us Part II sendiri adalah 2TB dan ini merupakan Edisi Game Drive terbatas untuk PS4.

Gameplay yang Ringan

Hard drive eksternal juga menjadi salah satu faktor atau kunci kenikmatan bermain game tanpa lag. Seagate merancang drive ini untuk melengkapi konsol PS4.

Berkat kecepatannya dalam hal baca dan tulis data, Gaming Drive The Last of Us Part II ini mampu memberikan kinerja gameplay yang mulus.

Plug & Play

Alasan ini juga jadi salah satu keuntungan yang mungkin bersifat umum. Hal ini dikarenakan kebanyakan sistem penggunaan harddisk portabel memang Plug & Play.

HDD eksternal dapat kalian hubungkan langsung ke port USB 3.0 dari sistem PS4 semua generasi dengan perangkat lunak versi 4.50 atau lebih tinggi.

Portabel

Setelah Plug & Play, selanjutnya adalah Portabel, merujuk kepada bentuk dan desain ringan dari Seagate yang pastinya mudah untuk kalian bawa kemanapun.

Bahkan, tak hanya dijadikan sebagai penyimpan data game untuk bermain PS4 semata. Seagate The Last of Us Part II ini juga bisa kalian jadikan sebagai harddisk eksternal portabel harian.

Garansi

Nikmati ketenangan jangka panjang dengan keberadaan paket perlindungan garansi produk terbatas tiga tahun yang disertakan oleh Seagate untuk kalian para pengguna Gaming Drive The Last of Us Part II.

Kesimpulan

Motif yang ditampilkan mengingatkan kami pada PlayStation 4 Limited Edition. Bagian belakangnya memiliki logo S sederhana untuk Seagate. Drive The Last of Us Part II ini menurut kami merupakan sebuah item kolektor sejati.

Selain desain yang senada dengan PlayStation 4 edisi terbatas, kecepatan drive yang konsisten juga bisa dijadikan pilihan utama jika harus digunakan sebagai penyimpanan normal.

Jika melihat dari beberapa e-commerce, HDD eksternal dengan kapasitas 2TB dipatok kisaran Rp1,2 juta sampai Rp1,5 juta.

Satu kekurangan pada produk ini adalah ia belum menggunakan SSD, yang bisa jadi membuat harganya akan lebih mahal.

Namun, jika Anda penggemar The Last of Us dari Naughty Dog, HDD eksternal ini layak menjadi perangkat pendukung sekaligus koleksi Anda.

Awas Harddisk Seagate KW dan Palsu!

Nah, karena terkenalnya merk Seagate ini di kalangan pecinta PC dan Game, mulai banyak pihak nakal yang memalsukan merk ini di pasaran.

Pricebook punya cara membedakan harddisk palsu dan asli agar kalian tidak tertipu saat ingin memiliki harddisk Seagate Game Drive The Last of Us Part II ini.

1. Sebelum membeli hardisk Seagate kalian bisa cek dulu di situs pencarian google untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Kalian juga bisa langsung cek review harddisk Seagate Drive Gaming The Last of Us Part II di Pricebook.

2. Liat label pada kardus, disana terdapat Serial Number, Part Number, dan Nomor Model harddisk atau nama produk secara lengkap. Untuk produk Seagate yang asli, Nomor Model nya selalu di awali dengan ST.

3. Jika kalian pernah menggunakan harddisk Seagate original sebelumnya dengan warna hitam, dan kebetulan edisi The Last of Us Part II ini memiliki sisi belakan hitam, pastikan berwarna gelap! Biasanya, dipasaran warna hitam untuk model yang KW atau palsu sedikit ke biru-biruan.

4. Periksa logo Hardisk Seagate, cek hologramnya dan pastikan itu hologram berlambang Seagate asli. Biasanya model KW hologramnya sedikit berbeda, kilauannya tidak secerah aslinya.

5. Cocokan nomor label yg ada di kardus dengan nomor label di belakang hardisk, ini wajib cocok!

6. Periksa nama Vendor ID dan Device ID

7. Masuk ke website resmi nya, setelah masuk langsung log in ke web untuk memastikan keaslian produk harddisk Seagate dengan cara, cari “Product Registration”, lalu klik untuk registrasi produk hardisk. Isi setiap kolom yang tersedia.

Setelah proses registrasi selesai, akan muncul Serial Number + Product Number + Waranty / Garansi, cocokkan Serial Number dan Product Number yg ada di website resminya dengan fisik barang.

Untuk garansi, Seagate biasanya memberikan garansi 5 tahun untuk pasar global, sedangkan di Indonesia Seagate memberikan garansi 3 tahun.

Nah apa yang terjadi jika terdapat tulisan “Invailed Waranty” pada website ketika dilakukan pengecekan?

Jangan khawatir, produk yang kalian beli tetap original tetapi mungkin saja itu bekas dan garansinya sudah habis atau jatuh tempo. Jika kalian merasa tertipu karena membeli dengan harga baru, ada baiknya untuk mengembalikan produk langsung ke toko dimana kalian membeli produk harddisk Seagate tersebut.

8. Terakhir, jika ingin memiliki produk asli dari harddisk Seagate Drive Gaming The Last of Us Part II ini, lebih baik dan lebih aman jika kalian langsung membelinya di toko resmi Tokopedia dan Shopee.

Content Writter

1681 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.