Diperbaharui pada Rabu, 3 Januari 2018 | 14:23

Samsung Galaxy S8, S8+ dan Note 8 Mengalami Bug Ketika Dimatikan

Samsung Galaxy S8 Series memang cukup sukses dalam hal penjualan. Pasalnya, dalam varian ponsel premium ini, Samsung menghadirkan sejumlah teknologi terkini yang membuat ponsel nyaman digunakan.

Sebut saja RAM besar untuk kinerja multitasking terbaik hingga kamera yang kian menghasilkan foto dan video lebih jelas. Sayangnya, baru-baru ini muncul laporan dari beberapa pengguna Samsung Galaxy S8 dan S8+ di forum Samsung Community dan Reddit yang menyebutkan bahwa ponsel Android premium ini mengalami bug misterius yang cukup menganggu.

Masalah yang dimaksud ialah ketika ponsel Samsung Galaxy S8 dan S8+ dimatikan dengan cara menekan tombol power, tiba-tiba layar smartphone menyala selama sekitar 10 detik, kemudian smartphone mati kembali. Hal ini tentu membuat baterai smartphone boros. Bahkan dalam sebuah video yang diposting di YouTube oleh seorang pengguna Galaxy S8, tampak sekali bug ini membuat ponsel yang dimatikan tiba-tiba menyala sendiri. Bug ini bahkan terjadi juga ketika ponsel menggunakan flip case. Lebih buruk lagi, bug ini tidak hanya menyerang Samsung Galaxy S8 dan S8+ saja, tetapi juga dikabarkan menyerang beberapa unit Samsung Galaxy Note 8.


Menurut beberapa pengamat teknologi, munculnya bug terbaru ini muncul setelah Samsung menggulirkan update sistem pada bulan November 2017 lalu. Sayangnya, beberapa pengguna yang mencoba mengatasi masalah ini belum jua berhasil. Beberapa pengguna smartphone Samsung mencoba untuk mereset smartphone, masuk ke safe mode atau menghapus cache juga tidak berhasil menghilangkan bug.

Sebelumnya, beberapa pengguna Samsung sendiri melaporkan Galaxy Note 8 tidak bisa dinyalakan bahkan diisi daya ketika kondisi baterai tiba-tiba drop ke 0%. Beberapa pengguna juga sudah melakukan berbagai cara seperti mengganti kabel charger dan adaptor charge, namun tetap saja smartphone Samsung tidak mau diisi daya.

Di forum Samsung Amerika sendiri, seorang Admin Forum bernama Samsung Mel menyarankan para pengguna Samsung Note 8 untuk segera melakukan penggantian unit secepatnya. Kasus ini pun kembali mengingatkan para pengguna gadget akan kasus Samsung Galaxy Note 7 yang sempat heboh.

Samsung sendiri memang tengah menyiapkan update sistem Android Oreo untuk Samsung Galaxy S8, S8+ hingga Note 8. Diharapkan dalam update mendatang, Samsung sudah bisa mengatasi bug baterai dan bug layar yang hidup kembali tersebut. Pasalnya, Samsung tidak ingin kasus Samsung Galaxy Note 7 terulang kembali.

Baca juga artikel:

Review Samsung Galaxy Note FE: Pengganti Samsung Note 7 yang Lebih Baik

Daftar Hp Samsung yang Dapat Update Android Oreo

Google Pixel dan Pixel XL Terkena Bug SMS

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts