Diperbaharui pada Senin, 17 April 2017 | 10:51

Update Android 7.1.2 Sebabkan Masalah di Sensor Fingerprint Hape Google Pixel dan Nexus


Image by AndroidAuthority

Beberapa pengguna perangkat Google seperti hape Google Pixel series, Nexus 5x dan Nexus 6p melaporkan terjadi masalah setelah update ke OS Android 7.1.2, terutama pada sensor fingerprint yang mengalami error.

Oleh karena itu, bagi pemilik hape Google tersebut sebaiknya berpikir dahulu sebelum melakukan update sistem. Apalagi hape Nexus Google seperti Google Pixel series, Nexus 5x dan Nexus 6p telah mendapatkan pemberitahuan untuk segera update ke OS Android 7.1.2.

Kabar sensor fingerprint error ini muncul dalam sebuah postingan di Forum Google Product. Beberapa pengguna mengeluhkan masalah sensor fingerprint pada hape Google Pixel dan Nexus yang error. Bahkan dalam postingan seorang pengguna Nexus, setelah update sistem ke OS Android 7.1.2 pada perangkatnya ia mendapat sebuah pesan yang mengatakan bahwa perangkat tidak bisa dikunci. Bahkan ada pengguna yang mengeluhkan mendapat pesan bahwa “Fingerprint hardware not available” dan "Fingerprint enrolment didn't work. Try again or use different finger"

Beberapa pengguna sudah mencoba untuk me-reboot perangkat hingga membersihkan cache. Namun, tetap saja sensor fingerprint mengalami error. Ada juga yang coba menghapus fingerprint yang sudah tersimpan dan memasukkan fingerprint baru. Namun tetap saja cara ini tidak berhasil. Ketika dimasukkan sidik jari baru, hape Google Pixel maupun Nexus dengan update sistem 7.1.2 muncul pesan bahwa sensor tidak bekerja hingga silakan gunakan jari yang lain.

Kabar baiknya, berdasarkan komen yang dibuat Orrin yang merupakan Pixel Community Manager, Google peduli akan masalah ini. Google saat ini tengah mengumpulkan berbagai informasi mengenai bermasalahnya fingerprint sensor dalam hape Google Pixel series, Nexus 5x dan Nexus 6p. Jadi jika pengguna belum update, sebaiknya tahan dulu update OS Android 7.1.2 Nougat sehingga masalah ini terselesaikan. Apalagi masalah update OS Android 7.1.2 Nougat ini tidak bermasalah di perangkat lainnya.

Dalam versi Beta Android 7.1.2, Google menawarkan kemudahan kepada pengguna untuk melihat daftar aplikasi apa saja yang mengonsumsi energi terlalu banyak sehingga baterai hape boros. Update sistem Android Nougat ini juga memungkinkan pengguna mengatur live wallpaper ke Home Screen hingga ke Lock Screen. Launcher Pixel terbaru juga sudah bisa digunakan pada tablet Pixel C. Tidak hanya itu, user interface multitasking baru juga memudahkan pengguna melihat banyak aplikasi yang terbuka dengan mudah.

Baca juga artikel :
Bug Baru Sebabkan Bluetooth Pada Google Pixel dan Pixel XL Mati
Ternyata Ini Penyebab Suara Audio Google Pixel Jadi Jelek
Google Pixel Alami Masalah Audio Saat Volume Maksimal
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts