Diperbaharui pada Senin, 27 Februari 2017 | 11:08

LG G6 Resmi Diperkenalkan, Layar Mewah dan Bisa Diajak Main Air


Menjelang ajang pameran MWC 2017 dibuka, beberapa produsen perlahan tapi pasti mulai memperkenalkan beberapa produk terbarunya. Salah satu produk yang dinantikan tentu smartphone premium dari LG.

Sesuai perkiraan, LG pun resmi memperkenalkan varian LG G6. Smartphone ini hadir dengan desain yang kian stylish dan trendy. Tidak hanya itu, smartphone ini juga menjadi salah satu smartphone dengan layar futuristik. Ponsel Android terbaru ini bahkan dibekali fitur anti air dan anti debu terbaru kualitas tertinggi sehingga kian nyaman digunakan diberbagai kondisi cuaca.

Lalu seperti apa detail dari ponsel Android terbaru dari LG ini?

Layar Luas dan Futuristik

Salah satu hal menarik dalam smartphone LG G6 ialah hadirnya layar baru yang mewah. LG menggunakan layar berukuran lebar 5,7 inci. Layar ini akan disokong panel IPS dengan resolusi QuadHD. Menariknya, layar ini disokong ratio aspek 2:1. Dengan aspek ratio layar ini, video yang ditampilkan cukup jelas dan pas di layar. Bila menggunakan mode landscape, smartphone ini cukup nyaman digunakan bahkan untuk melihat video full HD dengan lebih detail.

LG sendiri memilih tidak menggunakan layar melengkung pada smartphone ini. Pasalnya, LG menganggap layar melengkung kurang nyaman digunakan dan mudah rusak. Faktanya, layar datar lebih kuat, namun tetap saja mudah rusak.

Tidak hanya layar yang lebih luas, LG juga menghadirkan support two wide color standard, Dolby Vision dan HDR 10. Smartphone LG G6 menjadi smartphone perdana yang mengusung teknologi Dolby Vision sehingga warna yang ditampilkan kian jernih. Fitur Dolby Vision juga membuat layar mampu memprediksi dan menghasilkan warna yang lebih akurat, lebih jernih dan lebih berimbang.

Desain Metal nan Mewah

LG G6 hadir dengan desain baru yang stylish. LG bahkan menggunakan bodi metal berlapis kaca yang sangat kokoh. Berbeda dengan seri sebelumnya, bagian bodi belakang kini tampak lebih berkilau dan datar. LG juga merancang bagian kamera agar lebih datar sehingga ponsel kini bisa diletakkan lebih nyaman. LG pun menghilangkan desain mudalar dan mencoba menampilkan desain yang lebih sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini.

Selain itu, LG juga membekali smartphone ini dengan fitur anti air dan anti debu, iP68 terbaru. Hal ini membuat pengguna bisa mengoperasikan ponsel dibawah rintik hujan hingga menyelam dengan lebih aman. Ponsel ini juga kian minimalis dengan terpasangnya tombol on screen. Terakhir, LG juga memasang sensor sidik jari pada bagian bodi belakang, tepat dibawah kamera utama.

Kamera Dual Berkualitas Premium

Menengok sektor kamera, LG G6 masih mengandalkan dual kamera di bagian belakang. Namun, berbeda dengan iPhone yang menggunakan lensa telephoto, LG justru memasang sebuah kamera wide angle yang mirip dengan kamera pada GoPro. Hal ini membuat pengguna memiliki banyak pilihan dalam memotret, baik panorama hingga memotret HDR atau merekam video dengan efek fish eye. Kamera wide angle ini diklaim memiliki sudut pandang mirip dengan mata manusia.

LG sendiri memasang dual kamera 13 MP. Meski meningkat, hasil kamera saat di kondisi cahaya minim, tidak berbeda jauh dengan hasil kamera seri LG G5. Untuk kamera selfie, LG G6 menyediakan kamera depan 8 MP dengan sudut 100 derajat.

Menariknya, LG menghadirkan user interface kamera baru yang lebih nyaman digunakan.

Mesin Snapdragon 821

Awalnya, ponsel Android 4G ini dijadwalkan menggunakan chipset terbaru dari Qualcomm, Snapdragon 835. Namun, LG tampaknya masih ragu mengenai performa chipset ini. LG pun memutuskan menggunakan chipset lama, Qualcomm Snapdragon 821. Chipset ini diklaim memiliki performa yang cukup baik untuk harian maupun multitasking. LG juga sudah menggunakan dukungan RAM 4GB dan memori internal 32GB. Tidak hanya itu, LG G6 juga akan menggunakan OS Android 7.0 Nougat yang sudah dibekali pula Google Assistant.

Fitur Audio yang Kian Jernih

LG juga memperhitungkan sektor audio agar pengguna bisa kian nyaman. LG pun membekali smartphone Android 4G ini dengan Quad DAC (Digital to Analog Converters) hal ini membuat kualitas audio lebih jernih dank eras. Sayangnya, fitur ini hanya terdapat pada beberapa negara saja.

Baterai 3300 mAh

LG G6 akan menggunakan baterai 3300 mAh yang tidak bisa dilepas. Smartphone ini juga sudah support Qualcomm Quick Charge 3.0 yang mulai menjadi standari dibeberapa ponsel premium saat ini. Alhasil, baterai smartphone ini bisa diisi daya penuh selama 1,5 jam saja. Bahkan dari baterai 0 – 50% hanya dibutuhkan waktu 30 menit saja. Namun, dengan layar lebar dan resolusi tinggi serta performa tangguh pada mesin, mampukan baterai 3300 mAh digunakan cukup lama.

Belum ada harga
Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 5.7 inch
Detail Prosesor MSM8996 Snapdragon 821
Jumlah Core Quad Core
Kecepatan CPU 1.6 GHz
GPU Adreno 530
RAM 4 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera Belakang 13 MP
Resolusi Kamera Depan 5 MP
Kapasitas Baterai 3300 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
Google Assistant Resmi Hadir Untuk Android Marshmallow dan Nougat
Gambaran Singkat Perbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy S8 dan LG G6
Hape RAM 8GB dengan Chipset Helio X30 Siap Meluncur di MWC 2017
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts