Diperbaharui pada Kamis, 23 Februari 2017 | 12:12

Huawei Honor V9 dan Nova Lite Resmi Dirilis

Huawei telah menjadi produsen smartphone terbesar di Cina beberapa bulan ini. Bahkan penjualan smartphone ini bisa melebihi penjualan smartphone dari Vivo, Oppo dan Apple. Huawei pun semakin memperkuat posisinya dengan terus dirilisnya smartphone baru penuh inovasi dan teknologi baru.

Seperti baru-baru ini, Huawei dikabarkan telah merilis dua buah smartphone Android terbaru bernama Huawei Honor V9 dan Huawei Nova Lite. Kedua smartphone ini hadir dengan sejumlah spesifikasi yang cukup unggul guna bersaing di pasaran. Yang menarik, kedua smartphone Android terbaru ini mengusung RAM besar dan kamera berkualitas tinggi. Lalu, seperti apa detail dari dua ponsel Android terbaru Huawei ini?

Huawei Honor V9

Smartphone Android Huawei ini resmi diperkenalkan di Cina. Smartphone ini hadir dengan sejumlah desain yang cukup mewah dan kompak. Smartphone ini menggunakan bodi metal dengan tebal hanya 6,9 mm dan berat 184 gram. Dimensi ini tentu nyaman digenggam. Dibagian bodi belakang, Huawei menghadirkan tombol sensor sidik jari yang mudah dijangkau.

Untuk bagian layar, Huawei Honor V9 menggunakan layar berukuran 5,7 inci. Layar ini disokong panel TFT dan resolusi tinggi QHD 1440 x 2560 pixels. Hal ini membuat pengguna bisa mengoperasikan smartphone dengan lebih leluasa. Pengguna bisa browsing, bermain game dan menonton video dengan nyaman karena lebih detail dan jernih.

Image via AndroidPolice.com

Beralih ke bagian mesin, Huawei menggunakan dapur pacu kelas premium dalam seri ini. Huawei menggunakan chipset yang serupa pada Huawei Mate 9 yakni HiSilicon Kirin 960. Prosesor ini akan disokong GPU Mali G71 yang menghadirkan grafis lebih detail. Menariknya, ponsel Android terbaru ini akan menggunakan RAM 4 atau 6 GB. Ini tentu membuat smartphone ini kian cepat kala digunakan multitasking. Apalagi, smartphone terbaru Huawei ini menggunakan sistem operasi Android 7.0 dengan user interface EMUI 5.0.

Untuk penyimpanan data, Huawei menyediakan memori internal 64 dan 128 GB. Guna memuaskan pecinta fotografi, Huawei Honor V9 dibekali oleh dual kamera utama 12 MP dengan Dual LED. Kamera belakang ini dibekali teknologi 3D Modeliing Camera hingga laser autofocus. Pengguna bisa memotret sebuah benda dengan detail 3D yang lebih jelas menggunakan ponsel Android Huawei ini. Untuk kamera selfie, Huawei mengandalkan kamera 8 MP.

Tidak lupa, Honor V9 dibekali dengan baterai 4000 mAh yang membuat perangkat bisa tahan lama digunakan. Namun sayangnya, Layar resolusi QHD pada ponsel ini akan membuat daya baterai ponsel berkurang cepat dibanding ponsel layar Full HD.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 5.7 inch
Detail Prosesor Kirin 960
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.8 GHz
GPU -
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Resolusi Kamera Depan 8 MP
Kapasitas Baterai 4000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Huawei Nova Lite

Seperti yang diperkirakan sebelumnya, Huawei juga merilis Huawei Nova Lite di Jepang. Menariknya, Smartphone ini mengusung desain dan spesifikasi yang mirip dengan Huawei P8 Lite 2017.

Dari sisi desain, Huawei Nova Lite mengusung desain yang cukup segar dan mewah dibanding varian Huawei sebelumnya. Huawei menggunakan bodi metal yang kompak. Bodi metal membuat smartphone lebih kuat dan nampak mewah. Ponsel Android terbaru ini juga mengusung sensor sidik jadri yang terletak di tengah bodi belakang sehingga mudah dijangkau. Smartphone ini akan hadir dengan pilihan warna hitam, emas dan putih.

Untuk sektor layar, Huawei memasang layar berukuran 5,2 inci. Layar kompak ini mengusung panel IPS dan resolusi Full HD 1920 x 1080 pixels. Tentu layar ini nyaman untuk pengoperasian harian khususnya browsing media sosial, bermain game hingga menonton video. Layarnya juga sudah dilindungi lapisan anti gores. Pengguna juga dimanjakan dengan hadirnya tombol on screen. Desain ini membuat smartphone nampak lebih minimalis.

Beranjak ke bagian mesin, Huawei Nova Lite mengusung mesin kelas menengah yang standar. Huawei memasang chipset Kirin 655. Prosesor ini sama dengan yang terpasang pada varian Huawei Honor 6X. Prosesor ini akan disokong RAM 3GB dan GPU Mali T830. Tentu dengan spek mesin ini membuat smartphone tidak mudah lag saat digunakan multitasking. Untuk sistem operasi, Huawei menyediakan sistem Android Nougat yang diklaim lebih cepat dan kaya fitur.

Untuk memori penyimpanan, ponsel Android 4G LTE ini menggunakan memori internal 16GB disokong slot microSD. Meski tidak terlalu besar, hadirnya memori tambahan slot microSD membuat pengguna bisa menyimpan banyak file lebih mudah. Pada bagian kamera, ponsel Android Huawei ini menggunakan kamera utama single 12 MP dengan Aperture f/2.0 dan LED Flash. Untuk kamera depan, Huawei menyediakan kamera selfie 8 MP. Terakhir, ponsel Android kelas menengah ini menggunakan baterai 3000 mAh.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 5.2 inch
Detail Prosesor Kirin 655
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2.1 GHz
GPU -
RAM 3 GB
Memori Internal 16 GB
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Resolusi Kamera Depan 8 MP
Kapasitas Baterai 3000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kedua ponsel juga sudah menggunakan fitur 4G LTE, Dual SIM hingga USB Type C. Port USB ini membuat ponsel bisa memindahkan data dan mengisi baterai lebih cepat.

Kabarnya Huawei Honor V9 dan Huawei Nova Lite akan dipasarkan mulai akhir Februari 2017.

Baca juga artikel:
Huawei Honor 8 Lite Dirilis Andalkan Android 7.0 dan RAM 3GB
Huawei Honor 8 Kalahkan Apple iPhone 7 Dalam Uji Ketahanan Baterai
Bagaimana Nasib Huawei Honor 6x Ketika Digores dan Dibengkokkan?
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts