Diperbaharui pada Kamis, 8 September 2016 | 08:29

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus Resmi Dirilis dengan Desain dan Kamera Baru Hingga Fitur Anti Air

Setelah menanti cukup lama, Apple akhirnya resmi memperkenalkan varian iPhone terbarunya. Dalam sebuah acara, CEO Apple, Tim Cook resmi mengumumkan varian Apple iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Tidak hanya itu, Tim Cook juga mengumumkan bahwa Apple telah berhasll menjual lebih dari 1 miliyar unit iPhone. Cook juga mengklaim bahwa iPhone 7 merupakan smartphone versi terbarik yang pernah dibuat oleh Apple.

Kedua ponsel premium Apple ini pun hadir dengan sejumlah fitur baru. Apple kini telah menggunakan sistem operasi baru iOS 10. Sistem operasi ini telah mendapat sejumlah pembaharuan fitur seperti fitur Siri dan Navigasi yang lebih baik, hingga keyboard yang lebih nyaman dan interaktif digunakan.

iPhone terbaru ini hadir dengan desain bodi yang lebih baru. Apple bahkan menghadirkan varian warna baru yang membuat ponsel iOS ini kian menarik. Tidak hanya itu, Apple juga menghadirkan teknologi tombol home baru dengan teknologi Force touch dan Taptic Engine. Dengan tombol home baru, pengguna bisa mengoperasikan iPhone baru dengan lebih mudah.

Yang menarik, ponsel premium Apple ini menggunakan sektifikasi IP67 artinya, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus hadir dengan fitur tahan air dan debu. Hal ini membuat pengguna iPhone tak khawatir lagi bila iPhone kehujanan atau terjatuh ke air.

Lalu seperti apa detail spesifikasi hingga fitur baru yang diusung kedua produk Apple ini?

Layar

Secara garis besar kedua ponsel ini tidak mengalami perubahan berarti. iPhone 7 hadir dengan layar 4,7 inci teknologi retina display, sedangkan iPhone 7 plus hadir dengan layar lebar 5,5 inci. Dari sisi resolusi pun tidak ada perubahan berarti yakni 750 x 1334 pixels dan 1080 x 1920 pixels. Namun, kalau diperhatikan lebih jauh, ternyata kedua layar ponsel ini lebih terang dibanding seri iPhone sebelumnya, Hal ini terjadi karena Apple menghadirkan Cinematic P3 Color Gamut. Selain itu, kedua iPhone terbaru juga hadir dengan teknologi 3D Touch.

Mesin A10

Untuk pertama kalinya, Apple mengunakan prosesor quad-core dalam ponsel miliknya. Prosesor ini hadir dengan performa yang lebih cepat dan hemat daya. Selain itu, prosesor ini juga meningkat dari sisi GPU sehingga grafis yang ditampilkan kian detail. Prosesor ini diklaim memiliki performa 40 persen lebih kencang dibanding iPhone 6s hingga 2 jam lebih lama penggunaannya dibanding iPhone 6s.

Kamera Revolusioner

iPhone menghadirkan kamera utama 12 MP dalam iPhone 7 dan dual kamera 12 MP pada iPhone 7 Plus. Kamera ini hadir dengan fitur Optical Image Stabilization dan aperture f1.8. Aperture ini membuat pengguna bisa memotret dalam kondisi gelap dengan lebih jelas. Kamera ini juga hadir dengan Truetone 4 LEDS yang menawarkan cahaya lebih terang.

yang menarik dalam kamera iPhone 7 Plus hadir dengan fitur dual kamera baru. Kamera utama 12 MP bekerja sama seperti kamera iPhone 7. Sedangkan dalam kamera kedua hadir lensa 2x optical zoom dan 6x digital zoom. Hal ini membuat pengguna bisa memotret subjek jauh dengan lebih detail.  Dual kamera ini bahkan bisa memotret dengan efek bokeh dengan sempurna.

Dibagian depan. Apple juga sudah menggunakan kamera depan baru. Berbeda dengan seri iPhone 6s plus yang mengggunakan kamera depan 5 MP, dalam iPhone terbaru hadir kamera depan 7 MP dengan wide color reproduction. Selfie pun kian mudah dan kian jelas menggunakan iPhone 7 dan iPhone 7 plus.

Memori Internal yang Besar

iPhone 7 plus kini hadir dengan memori penyimpanan yang lebih besar. Untuk varian basic terdapat pilihan memori 32 GB. Kemudian terdapat versi 128 GB dan 256 GB. Dengan memori yang besar, Apple tidak perlu memasang slot microSD. Selain itu, muncul kabar bahwa iPhone 6s dan 6s plus juga akan mendapat update memori internal yakni 32 dan 128 GB.

Support LTE Terbaru

iPhone 7 plus hadir dengan fitur support 25 LTE. Hal ini membuat iPhone terbaru ini bisa digunakan untuk banyak jaringan 4G diseluruh dunia. Perangkat ini juga mengalami peningkatan kecepatan LTE.

Stereo Speakers

Apple memang resmi menghilangkan audio jack untuk menghadirkan ruang komponen lain dalam iPhone 7 Plus. Dan benar, Apple kini menggunakan stereo speakers. Suara yang dihasilkan juga cukup menggelegar untuk sebuah ponsel. Sebagai penggantinya, Apple menghadirkan port lightning sebagai penghubung perangkat audio.

iPhone 7 dan iPhone 7 plus sudah bisa dipesan mulai 9 September mendatang dan akan dipasarkan resmi pada 16 September mendatang. Sementara untuk harga, iPhone 7 dipasarkan dengan harga 650USD dan iPhone 7 plus hadir dengan harga 770 USD.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 4.7 inch
Detail Prosesor A10 Fusion
Jumlah Core Quad Core
Kecepatan CPU 2.2 GHz
GPU (six-core graphics)
RAM 2 GB
Memori Internal 128 GB
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Resolusi Kamera Depan 7 MP
Kapasitas Baterai 1960 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 5.5 inch
Detail Prosesor A10 Fusion
Jumlah Core Quad Core
Kecepatan CPU 2.2 GHz
GPU (six-core graphics)
RAM 3 GB
Memori Internal 128 GB
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Resolusi Kamera Depan 7 MP
Kapasitas Baterai 2900 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan  

Baca juga artikel:
Apple Rilis iOS 10 versi Beta terbaru dan Update iOS 9
Duel Ponsel Premium, Samsung Galaxy Note 7 dan iPhone 6s Plus
Drop Test Note 7 vs Note 5 vs iPhone 6S, Manakah yang Masih Berfungsi?
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts