Diperbaharui pada Kamis, 30 Mei 2024 | 17:30

Intel AI Summit 2024: Inovasi AI dan Aksesibilitas

Intel AI Summit 2024: Inovasi AI dan Aksesibilitas-0Jen Baile, VP of the Sales and Marketing Group of Intel Southeast Asia, Australia, and New Zealand

Intel resmi menyelenggarakan AI Summit perdana di Jakarta, mempertemukan para pemimpin industri, vendor software independen (ISV), dan kreator konten untuk mengeksplorasi tema “Bringing AI Everywhere”.

Strategi AI Intel berkomitmen pada pendekatan terbuka di mana engagement yang mendalam dengan ekosistem pengembang sangat penting untuk mengurangi hambatan dalam pengadopsian AI dan melahirkan inovasi-inovasi bagi para pengembang dan pelanggan untuk mendorong AI yang etis, bertanggung jawab, dan benar-benar dapat diakses.

Intel juga membangun platform dan teknologi untuk konvergensi AI dan keamanan bagi pelanggan, yang mampu membantu mengamankan data dan model AI di seluruh pusat data, cloud, PC, dan Edge.

“Di dunia di mana setiap negara dan setiap industri berlomba menuju AI, Intel adalah satu-satunya perusahaan yang punya spektrum penuh platform hardware dan software, menawarkan solusi terbuka dan modular untuk total biaya kepemilikan yang kompetitif dan time to value yang dibutuhkan oleh pelanggan untuk meraih keberhasilan di era pertumbuhan eksponensial dan AI di mana-mana,” kata Jen Baile, VP of the Sales and Marketing Group of Intel Southeast Asia, Australia, and New Zealand.

“Kami baru saja mulai membuka potensi AI yang sangat besar untuk meningkatkan kehidupan semua orang, di mana saja.”

Meraih Masa Depan yang Didukung AI

Intel AI Summit 2024: Inovasi AI dan Aksesibilitas-1
Summit yang berlangsung seharian ini mengetengahkan berbagai keynote, demonstrasi teknologi, dan diskusi yang menampilkan portofolio AI Intel di seluruh portofolio Edge AI Solutions, Open Scalable Solutions, dan AI Software. Termasuk prosesor mobile Intel® Core™ Ultra, Intel® Gaudi® 3 AI Accelerator, dan prosesor 5th Gen Intel® Xeon®.

Prosesor mobile Intel® Core™ Ultra adalah prosesor pertama yang dibangun di atas teknologi proses Intel 4 dan yang pertama menggunakan teknologi pengemasan canggih Foveros 3D.

Prosesor ini memiliki kemampuan akselerasi AI tersendiri di arsitektur central processing unit (CPU), graphics processing unit (GPU), dan neural processing unit (NPU), dan merupakan prosesor client Intel yang paling berkemampuan AI dan paling hemat daya.

Intel® Gaudi® 3 AI Accelerator menghadirkan komputasi AI empat kali lipat lebih besar untuk BF16, peningkatan bandwidth memori 1,5 kali lebih besar, dan peningkatan bandwidth jaringan dua kali lipat.

Sehingga menghasilkan peningkatan sistem yang masif dibandingkan dengan pendahulunya - sebuah lompatan yang signifikan dalam hal performa dan produktivitas untuk pelatihan dan inferensi AI pada large language models (LLM) dan model multimodal yang populer.

Ia dibangun di atas Intel® Gaudi® 2 AI Accelerator yang memiliki kinerja dan efisiensi yang telah terbukti - satu-satunya alternatif yang telah di-benchmark oleh MLPerf untuk LLM di pasaran - memberikan pelanggan pilihan dengan software berbasis komunitas terbuka dan jaringan Ethernet berstandar industri untuk mengembangkan sistem mereka secara lebih fleksibel.

Prosesor 5th Gen Intel® Xeon® memberikan kinerja yang lebih baik bagi pelanggan yang menerapkan kemampuan AI di seluruh kasus penggunaan cloud, jaringan, dan edge.

Ia menghasilkan peningkatan kinerja per watt dan total biaya kepemilikan yang lebih rendah di seluruh workload yang penting untuk AI, komputasi berkinerja tinggi, jaringan, penyimpanan, basis data, dan keamanan.

Prosesor ini kompatibel, baik secara software maupun platform, dengan prosesor 4th Gen Intel® Xeon®, sehingga pelanggan bisa melakukan upgrade dan memaksimalkan investasi infrastruktur mereka dalam jangka waktu lebih lama sekaligus mengurangi biaya dan emisi karbon.   

Menyingkapkan PC AI

Intel AI Summit 2024: Inovasi AI dan Aksesibilitas-2
Summit ini juga menghadirkan pendalaman tentang AI PC, teknologi yang menghasilkan PC generasi baru dengan kemampuan akselerasi AI tersendiri, yang tersebar di seluruh arsitektur central processing units (CPU), graphics processing units (GPU), dan neural processing unit (NPU).

Pengoptimalan di ketiga komponen tersebut memanfaatkan CPU Intel untuk memberikan fleksibilitas maksimum bagi para pengembang dalam hal kinerja, yang memungkinkan platform ini mendukung metode AI terbaru dengan cepat dan memberdayakan para ISV untuk segera menggunakan teknologi mutakhir di basis instalasi X86 yang luas.

Pada saat yang sama, GPU Intel Arc memenuhi kebutuhan akan inferensi throughput yang tinggi untuk mendukung kebutuhan gaming dan kreatif, dan NPU memenuhi kebutuhan akan inferensi berkinerja tinggi dan berefisiensi tinggi, untuk kebutuhan kolaborasi, konsumsi konten, produktivitas, dan kebutuhan OS di masa depan.   

Hasilnya, AI PC yang ditenagai oleh Intel® Core™ Ultra menjadi lebih produktif, kreatif, dan aman bagi pengguna di seluruh lanskap digital.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2496 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.