Diperbaharui Pada Senin, 19 Feb 2024 | 18:26

ASUS ExpertBook B9 OLED, Laptop Bisnis 14 Inci Paling Ringan di Dunia

ASUS resmi memperkenalkan salah satu laptop Expert Series terbarunya di Indonesia, yakni ExpertBook B9 OLED (B9403) yang diklaim sebagai laptop bisnis paling ringan dan tangguh di dunia, karena telah dibekali dengan sistem keamanan paling modern, dengan standar militer.

Menurut Jimmy Lin yang menjabat sebagai ASUS Southeast Asia Regional Director, ASUS ExpertBook B9 OLED (B9403) adalah salah satu inovasi ASUS yang dihadirkan untuk menjawab kebutuhan dan tantangan bisnis di era modern, dengan fitur baru yang akan membuat pengguna lebih produktif.

Ringan dan Berstandar Militer

ASUS ExpertBook B9 OLED (B9403) memiliki bobot 990 gram. Untuk standar laptop bisnis 14 inci, bobotnya ini bahkan diklaim lebih ringan dari sebagaian besar laptop 13 inci yang ada di pasaran saat ini. Wajar saja, karena bodi laptop ASUS terbaru ini dibuat dari bahan magnesium-lithium yang merupakan paduan logam paling ringan di dunia.

Selain menggunakan bahan logam yang ringan, bodi laptop ASUS ini juga diproduksi menggunakan teknik khusus sehingga tidak mengurangi durabilitasnya. Bermodalkan durabilitas tinggi ini, ASUS ExpertBook B9 OLED (B9403) mengantongi sertifikasi US Military Grade (MIL-STD-810H).

Standar militer tersebut diberikan setelah laptop berhasil melewati serangkaian uji ketahanan dengan standar yang ketat. Lebih lanjut, ASUS ExpertBook B9 OLED (B9403) juga telah terverifikasi Intel Evo, dan memiliki baterai yang diklaim bisa tahan hingga 11 jam penggunaan dalam sekali pengisian daya.

Proses produksi ASUS ExpertBook B9 OLED (B9403) menggunakan teknik khusus yaitu Thixomolding yang memberikan manfaat berupa peningkatan durabilitas dan membuat proses produksi menjadi lebih efisien. 

Proses produksi tersebut berhasil mengurangi limbah material sebanyak 29% sekaligus memangkas waktu produksi hingga 75%. Laptop ini juga diproduksi menggunakan logam daur ulang yang proporsinya mencapai 70%.

Dilengkapi Fitur Keamanan Berlapis

Karena dirancang khusus untuk kebutuhan di dunia bisnis, maka ASUS ExpertBook B9 OLED (B9403) dilengkapi fitur keamanan yang memastikan bahwa data di dalamnya tetap aman. 

Didukung platform Intel vPro yang menawarkan perlindungan kelas entreprise, laptop ASUS terbaru ini dibekali sistem keamanan berlapis mulai dari mitigasi ancaman, perlindungan identitas dan akses, serta perlindungan data dan aset. 

Platform vPro juga memungkinkan pengelolaan perangkat dari jarak jauh lewat sistem virtualisasi yang aman, sehingga dapat mengurangi biaya administrasi sekaligus memastikan keamanan data.

ASUS ExpertBook B9 OLED (B9403) juga menawarkan perlindukan biometrik melalui sensor sidik jari terintegrasi dan kamera inframerah (IR) yang didukung oleh teknologi ASUS Adaptive Lock untuk login wajah. 

Selain itu terdapat juga perlindungan tingkat perangkat keras terhadap malware dan serangan siber yang canggih, didukung oleh chip TPM 2.0.

Performa Intel Core i7 Generasi ke-13

ASUS ExpertBook B9 OLED (B9403) ditenagai oleh prosesor Intel Core i7 vPro Generasi ke-13 serta memori LPDDR5x 64 GB yang cepat dan efisien. Layar OLED-nya tidak hanya sekadar dapat menghasilkan warna yang kaya dan akurat, tetapi juga melindungi mata dari radiasi sinar biru yang telah diminimalisir.

Untuk sistem pendingin, ASUS ExpertBook B9 OLED (B9403) dibekali sistem pendingin dengan dua kipas untuk mengurangi suhu operasional hingga 27% dibandingkan generasi sebelumnya, serta mengurangi tingkat kebisingan hingga 32%, dan menurunkan konsumsi daya secara keseluruhan. 

Touchpad di ASUS ExpertBook B9 OLED (B9403) juga telah di-upgrade, dengan area permukaan 26,8% lebih besar sehingga dapat memberikan ruang navigasi yang lebih nyaman. 

Sebagai laptop penunjang aktivitas bisnis, ASUS ExpertBook B9 OLED (B9403) telah dilengkapi dengan fitur two-way AI noise-cancelling serta ASUS AI sense camera sehingga memastikan setiap pertemuan bisnis dapat berjalan tanpa gangguan, serta dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja

Content Writter

1502 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.