Diperbaharui pada Rabu, 6 Desember 2023 | 15:35

Resmi Rilis, Ini Perbedaan Sharp Aquos R8s dan Aquos R8s Pro

Resmi Rilis, Ini Perbedaan Sharp Aquos R8s dan Aquos R8s Pro-0
Setelah menghadirkan Aquos R7s, hari ini (6/12) Sharp kembali membawa hp flagship terbaru ke Indonesia. Ada dua hp Sharp yang diperkenalkan yaitu Aquos R8s dan Aquos R8s Pro.

Secara spesifikasi, kedua hp Sharp ini membawa banyak peningkatkan dari generasi sebelumnya. Sharp mengklaim jika Aquos R8s dan Aquos R8s Pro sukses mencuri perhatian pasar Jepang.

Yang menarik, kedua produk yang dibawa ke pasar Indonesia tidak memiliki perbedaan dengan yang dirilis di Jepang. 

“Aquos R8s dan Aquos R8s Pro yang kami bawa tidak memiliki perbedaaan sama sekali, baik dari spesifikasi maupun desain dengan produk di Jepang,” ujar Shinji Teraoka, Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia.

Meski berada di model seri yang sama, namun keduanya mempunyai beberapa perbedaan. Nah, apa saja perbedaannya?

Perbedaan Aquos R8s dan Aquos R8s Pro

Resmi Rilis, Ini Perbedaan Sharp Aquos R8s dan Aquos R8s Pro-1Sharp Aquos R8s Pro vs Aquos R8s

Layar

Sharp Aquos R8s hadir dengan layar Pro IGZO OLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi FHD+. Layar ini sudah mendukung refresh rate 240Hz, Dolby Vision, dankecerahan hingga 1.300 nits.

Sedangkan Aquos R8s Pro nengusung layar lebih besar yaitu 6,6 inci, namun menggunakan panel yang sama yaitu Pro IGZO OLED. Untuk resolusinya WUXGA+ dengan refresh rate 240Hz dengan tingkat kecerahan 2.000 nits.

Performa

Secara performa, baik Aquos R8s Pro maupun Aquos R8s sama-sama ditenagai dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 2 yang sangat mumpuni untuk semua aktivitas berat. 

Bedanya, Aquos R8s di topang dengan memori RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB. Sedangkan Aquos R8s Pro di sokong dengan kapasitas RAM 12 GB dan memori internal dengan kapasitas yang sama yaitu 256 GB.

Penyimpanannya bisa diperluas menggunakan microSD hingga 1TB.

Kamera

Kamera masih menjadi salah satu kekuatan Aquos R8s series. Meski demikian, kekuatan kamera keduanya agak sedikit berbeda.

Aquos R8s dibekali kamera utama 50 MP dengan sensor berukuran 1/1,55 inch dan kamera ultrawide 13 MP. Sementara kamera belakang Aquos R8s Pro menggunakan sensor 1 inci hasil kolaborasi dengan Leica dengan resolusi 47 MP.

Kamera utama di Aquos R8s Pro akan dipadukan dengan depth sensor 1,9 MP dan spectrum sensor yang bisa menghasilkan foto dengan warna lebih akurat.

Untuk kamera depannya, Aquos R8s menawarkan resolusi 8 MP, sedangkan Aquos R8s Pro mengusung kamera selfie 12 MP.

Baterai

Lanjut ke sumber daya. Sharp Aquos R8s mendapatkan daya dari baterai berkapasitas 4.570 mAh dengan pengisian cepat 15W, sementara Aquos R8s Pro memiliki baterai 5.000 mAh dengan pengisian cepat 27W.

Keduanya juga mendukung wireless charging dan reverse wireless charging untuk mengisi daya perangkat lain.

Fitur Lain

Meski berbeda, namun ada juga sejumlah kesamaan Aquos R8s series. Seperti berjalan dengan sistem operasi Android 13, jack audio 3,5 mm, mengantongi sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan air dan debu (Aquos R8s sudah bersertifikasi MIL-Standard yang membuat bodinya lebih tahan banting).

Harga Sharp Aquos R8s Series

Sharp Aquos R8s hadir dalam pilihan warna Blue dam Cream, sementara R8s Pro hanya tersedia dalam pilihan warna Black. 

Untuk harga Aquos R8s dibanderol Rp 12.999.000 dan harga Aquos R8s Pro dipasarkan Rp 15.999.000. Jika tertarik, pembelian secara pre order bisa dilakukan mulai 6 - 12 Desember 2023 dengan beberapa tawaran menarik.

Pembelian Aquos R8s Pro di Erafone dan toko resmi akan mendapatkan voucher Traveloka senilai Rp 3 juta dan voucher Gopay Rp 1 juta serta clear case dan filter lensa (untuk 100 pembeli pertama).

Sedangkan pembelian di Cocoro Life atau ecommerce lain mendapatkan voucher Traveloka senilai Rp 3 juta dan voucher Gopay Rp 500 ribu dan cashback Rp 500 ribu.

Sementara setiap pembelian Sharp AQUOS R8s di Erafone ataupun toko resmi akan mendapatkan voucher Traveloka senilai Rp 2 juta ditambah dengan voucher Gopay senilai Rp 500 ribu.

Sedangkan pembelian melalui Cocoro life atau  Ecommerce lain akan mendapatkan voucher gopay senilai Rp 300.000 dan cashback sejumlah Rp 200.000.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2420 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.