Diperbaharui pada Selasa, 24 Oktober 2023 | 17:21

TP-Link EasyMesh Permudah Integrasi Mesh dari Berbagai Merek Router Berbeda

router tp-link easymeshFoto: TP-Link

Teknologi internet dan WiFi memudahkan kita untuk terkoneksi secara real time, mengakses hiburan, mendukung kegiatan kerja di kantor, hingga belajar. Namun banyaknya perangkat dalam satu lokasi yang digunakan secara bersamaan dapat membuat sinyal WiFi melemah.

Perangkat mesh hadir sebagai solusi untuk masalah tersebut, karena dapat menciptakan jaringan yang luas dan stabil di setiap ruangan. Teknologi ini menggabungkan beberapa router menjadi satu jaringan, bahkan di area yang sulit dijangkau oleh sinyal WiFi.

Salah satu kendala yang kerap dihadapi pada perangkat mesh adalah, pada umumnya hanya dapat digunakan oleh merek router dan extender yang sama. EasyMesh memungkinkan perangkat-perangkat berbeda mereka tersebut untuk saling terhubung.

TP-Link Indonesia telah mengintegrasikan EasyMesh ke beberapa model produk router WiFi, range extender, dan adaptor WiFi powerline milik mereka. TP-Link EasyMesh dapat digunakan secara fleksibel, sehingga pengguna dapat menghubungkan beberapa perangkat beda merek.

Menurut Defrie D Gunawan, Marketing Manager TP-Link Indonesia, “EasyMesh memberikan kemudahan bagi pengguna dengan meningkatkan fleksibilitas dalam menggabungkan berbagai merek router berbeda, membentuk jaringan yang handal, mudah beradaptasi, dan mudah diatur.”

Selain menggabungkan berbagai merek router berbeda, TP-Link EasyMesh juga dibekali dengan whole home seamless roaming yang memungkinkan semua perangkat dapat berbagi satu nama WiFi, sehingga tetap terhubung di setiap ruangan.

Beberapa perangkat mesh yang dimiliki TP-Link saat ini di antaranya adalah EasyMesh yang diperuntukkan bagi pengguna router atau perangkat lain yang sudah mendukung EasyMesh dalam membentuk jaringan terpadu.

Selain itu ada DecoMesh dengan Professional AI-Driven Mesh yang dirancang untuk pengguna yang mengutamakan seamless roaming dengan jumlah perangkat terkoneksi yang banyak, seperti smart home (rumah pintar).

TP-Link juga menyediakan TP-Link OneMesh yang dapat digunakan untuk memperluas jaringan WiFi dengan teknologi Whole Home Mesh pada router dan extender TP-Link. Lalu ada juga perangkat Omada Mesh yang diperuntukkan bagi pelaku usaha dan perkantoran.

Defrie berharap adanya EasyMesh pada sejumlah router dan extender TP-Link dapat memberikan kenyamanan dan fleksibilitas bagi pengguna dalam mengatur perangkat WiFi.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1496 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.