Daftar Harga Daftar Harga Router WiFi Wireless Termurah September 2020 Termurah Juli 2020

Model Harga Termurah
TP-LINK TL-WR840N Rp 120.000
Tenda N301 Rp 119.900
MikroTik RB941 Rp 300.000
MikroTik RB750 Rp 565.000
TP-LINK TL-MR3420 Rp 221.000
TOTOLINK N300 Rp 74.000
D-Link DIR-612 Rp 125.000
Huawei WS331C Rp 100.000
MikroTik RB750Gr3 Rp 623.100
Huawei B315 Rp 850.000

Deskripsi Router WiFi Wireless

Router

Apabila anda adalah seorang yang senang bermain dengan jaringan, tentu mengetahui apakah fungsi utama dari router. Router merupakan sebuah peralatan jaringan yang berfungsi untuk mengirimkan paket-paket data menuju beberapa kelompok jaringan yang berbeda. Router menghubungkan beberapa jaringan yang berbeda agar bisa saling melakukan pertukaran data dan transmisi data dengan mudah. Ketika sebuah paket data datang dari satu jalur, router akan membaca alamat tujuan dari paket data tersebut untuk menentukan tujuan akhir dari alamatnya.

Router bekerja dalam dua fungsi, yang pertama adalah Control plane. Control plane berfungsi sebagai pengatur dan pengarah dari alamat paket data yang hendak dikirimkan. Kemudian terdapat juga Forwarding plane yang berfungsi untuk mengirimkan data antara data yang masuk dan yang keluar. Untuk masalah keamanan datanya, router perlu memiliki sebuah firewall, pengaturan VPN dan keamanan yang lain. Masalah keamanan data ini akan diatur secara terpisah dan tidak terpusat pada satu perangkat saja. Router juga secara otomatis akan mengatur antrian paket data yang akan dikirimkan jika terdapat banyak antrian secara bersamaan. Sebagai contoh untuk memastikan kualitas suara dari VOIP tidak berkurang, router juga akan memberikan prioritas yang paling tinggi untuk memastikan paket datanya untuk tetap berada pada 150ms.

Selain dari perangkat jaringan router standalone, saat ini ada perangkat lain yang memiliki fungsi router didalamnya. Modem router contohnya, memiliki fungsi utama sebagai perangkat modulator dan demodulator jaringan internet, perangkat ini berfungsi juga sebagai penghubung jaringan lokal ke jaringan yang terbentuk oleh modem. Perangkat lainnya yang memiliki fungi router adalah wireless router. Wireless router merupakan perpaduan antara access point dengan router. Kemudian ada juga perangkat yang lebih banyak fungsinya, contohnya wireless ADSL/GSM router. Perangkat tersebut memiliki fungsi yang menggabungkan modem (ADSL atau GSM), router dan access point. Dari segi harga, harga router standalone dan modem router pun berbeda, harga modem router lebih murah dibandingkan dengan harga router standalone.

Varian lain dari router yang banyak digunakan di Indonesia adalah router yang dilengkapi dengan bandwith limiter. Salah satu contoh dari router jenis ini adalah perangkat router dari brand Mikrotik. Mikrotik seri RB750 sebagai contohnya, perangkat ini selain memiliki fungsi router standar dilengkapi juga dengan fitur bandwith limiter atau pembatas kecepatan. Pembatas kecepatan berfungsi untuk mengatur trafik data sisi pengguna yang melewati router ini. Ada beberapa cara dalam melakukan ini, yang paling dasar adalah melakukan konfigurasi antrian secara manual untuk setiap ip addess penggunanya dan untuk harga router Mikrotik pun terbilang cukup murah.

Untuk anda yang masih awam dalam masalah jaringan, memilih perangkat jaringan seperti router menjadi sangat repot. Sebelum anda menentukan pilihan, ada baiknya anda mencari referensi harga router murah dan contoh konfigurasi jaringan yang anda butuhkan. Untuk referensi harga router, situs Pricebook menyediakan informasi yang sangat lengkap. Informasi pada Pricebook dapat sangat membantu anda dalam mencari harga router murah yang sesuai untuk anda karena Pricebook memiliki daftar harga router murah dari berbagai toko pilihan.