Diperbaharui pada Minggu, 18 September 2022 | 12:35

Samsung Galaxy Z Flip4, Makin Mudah Ngonten dengan FlexCam

Samsung Galaxy Z Flip4 FlexCam

Samsung Galaxy Z Flip4 hadir sebagai suksesor Samsung Galaxy Z Flip3 lengkap dengan beragam fitur baru, salah satunya adalah FlexCam. FlexCam merupakan istilah yang digunakan Samsung untuk penggunaan kamera Galaxy Z Flip4 ketika ponsel dilipat di antara sudut 75-115 derajat.

Di Samsung Z Flip3, mode penggunaan kamera dalam sudut pelipatan tersebut masuk dalam fitur Flex Mode. Kini di Samsung Galaxy Z Flip4 fitur tersebut lebih terintegrasi menjadi FlexCam. Lewat FlexCam, pengguna bisa melakukan berbagai hal dengan kamera Samsung Z Flip4, salah satunya adalah menyulap ponsel lipat tersebut menjadi mirip alat perekam video genggam alias handycam.

Ketika dalam mode FlexCam dan ponsel sedang dioperasikan dalam mode landscape, bagian bawah ponsel bisa digenggam tangan, sehingga bagian atas layar akan menghadap ke depan untuk mengambil video. Adapun bagian bawah layar yang digenggam tersebut nantinya akan menampilkan beberapa fitur kamera seperti tombol shutter, pengaturan video, rasio video, dan lain sebagainya.

FlexCam di Hp Samsung Galaxy Z Flip4 5G

Samsung Galaxy Z Flip4 FlexCam

Kamera memang menjadi salah satu fitur yang diunggulkan Hp Samsung Galaxy Z Flip4 5G. Dengan sensor kamera yang lebih jernih dan lebih tajam, membuat pengguna lebih leluasa dalam mengabadikan momen.

Samsung Galaxy Z Flip4 5G hadir dengan Ultra Wide Camera 12MP dan Wide Camera 12MP di bagian Cover Screen serta Selfie Camera 10MP yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dan video dari berbagai angle dengan mudah.

Ternyata tidak hanya itu saja keunggulan dari kamera di Hp Samsung Galaxy Z Flip4 5G. Smartphone lipat ini juga menyediakan cara berbeda dalam penggunaan yang tidak dimiliki smartphone lainnya. Cara ini dinamakan FlexCam.

Biasanya ketika ingin melakukan foto atau video shoot secara selfie atau wefie, pasti sibuk mencari sandaran untuk meletakkan smartphone. Tapi tidak perlu repot-repot lagi jika menggunakan Samsung Galaxy Z Flip4 5G. 

Memiliki bentuk yang bisa dilipat dalam berbagai sudut, smartphone terbaru ini memungkinkan untuk diletakkan secara stabil untuk digunakan untuk selfie atau wefie.

Perbandingannya dengan Flex Mode pada Z Flip3?

Samsung Galaxy Z Flip4 FlexCam

Ini bukan pertama kalinya kami melihat kata "Flex" digunakan bersama dengan perangkat Samsung Flip. Faktanya, FlexCam menjadi update terbaru dari bentuk Flex Mode Samsung Galaxy Z Flip3 yang secara khusus diterapkan pada aplikasi kamera Samsung Galaxy Z Flip4 terbaru. 

Pada Galaxy Z Flip3 , Flex Mode mengacu pada perubahan tata letak otomatis yang terjadi di UI saat ponsel dilipat setengah untuk membuat bentuk-L. Untuk aplikasi Kamera, ini berarti bahwa opsi pemotretan yang biasanya di bagian atas layar akan dipindahkan ke bagian bawah untuk kontrol yang lebih mudah saat ponsel dilipat setengah.

Sementara di Galaxy Z Flip4 terbaru, Anda dapat memegang telepon layaknya camcorder untuk merekam video dan bagian bawah layar berubah menjadi trackpad untuk mengoperasikan perekaman video. Mode ini tentunya belum ada di Galaxy Flip3 dan merupakan satu pembaruan yang membuat Galaxy Flip4 makin terasa unik disamping desainnya.

Cara Menggunakan FlexCam

Samsung Galaxy Z Flip4 FlexCam

Membuat konten sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan di keseharian generasi muda saat ini. Apapun aktivitasnya, seperti selfie bare face setiap bangun tidur, foto makanan dan minuman di restoran, merekam keseruan momen saat nongkrong, hingga groufie setelah kumpul dengan keluarga dan teman.

Kebutuhan mengambil foto dan video sembari tetap berkegiatan membuat kita memerlukan cara merekam video dengan hp yang lebih praktis.

Hadirnya fitur FlexCam pada Hp Samsung Galaxy Z Flip4 5G ini kami yakini cukup mampu memperingkas cara membuat video TikTok maupun video YouTube dan streaming lebih nyaman. Cukup lipat perangkat sebagian, pelanggan bisa leluasa ambil foto dari berbagai angle dan merekam video layaknya menggunakan camcorder, bikin pengalaman mengabadikan momen jadi lebih hidup apa pun kegiatan yang sedang dilakukan.

FlexCam juga memungkinkan pengguna untuk membuat konten secara hands-free dengan mudah–cukup atur sudut pelipatan perangkat, letakkan di permukaan datar dengan angle sesuai keinginan, lalu ambil foto atau video dengan gesture atau timer

Cara penggunaan FlexCam juga terhitung sangat mudah. Hanya dengan menekuk bodinya pada sudut 90 derajat dan meletakannya pada permukaan yang datar, Anda sudah dapat menggunakannya untuk merekam video ala TikTok lebih baik.

Pengalaman Berbeda dengan FlexCam

Samsung Galaxy Z Flip4 FlexCam

Desain FlexCam juga menghadirkan fitur yang berbeda pada layar smartphone ini. Dengan FlexCam memungkinkan layar dalamnya memberikan dua tampilan berbeda sekaligus tersebut.

Misalnya saat mengaktifkan layar dalam posisi bodi smartphone ini ditekuk, bisa melakukan berbagai pengaturan kamera di bagian bawah layar sambil melihat preview hasil tangkapan kamera di bagian atas layar. Selebihnya, pengguna tinggal pencet tombol shutter.

Selain itu juga memungkinkan untuk menangkap foto selfie unik secara hands-free dengan FlexCam. Caranya mudah, saat kamera aktif cukup tekuk smartphone dengan sudut yang sesuai, lalu letakkan di tempat yang datar. Selanjutnya, cukup melambaikan tangan dari kejauhan tanpa harus menggenggam smartphone ini.

FlexCam juga mampu membuat akses ke beberapa aplikasi menjadi lebih beda. Saat dalam kondisi ditekuk, bisa meikmati cara baru untuk menikmati konten. Misalnya bisa menikmati video yang tampil di di bagian atas layar, sambil bisa melakukan pengaturan, seperti tingkat kecerahan dan volume, di bagian bawah layar.

FlexCam Bisa Untuk Aplikasi Lain

Samsung Galaxy Z Flip4 FlexCam

Kabar baiknya, Fitur FlexCam ini bahkan bisa digunakan pada beragam aplikasi favorit yang membutuhkan fungsi kamera sebagai format utamanya. Terlebih, kolaborasi Samsung dengan Meta menjadikan FlexCam mampu bekerja lebih optimal di berbagai social platform terpopuler seperti Instagram, WhatsApp, dan Facebook. Dengan demikian, pengguna bisa lebih ekspresif dan kreatif saat memproduksi story, reels, hingga feed.

Masih soal kamera, pengguna Samsung Galaxy Z Flip4 juga bisa memanfaatkan fitur kamera lebih bebas ketika Samsung Z Flip4 sedang dilipat sepenuhnya. Hal itu bisa dilakukan dengan mengandalkan fitur Quick Shot yang bisa diakses dengan menekan tombol power sebanyak dua kali.

Setelah itu, aplikasi kamera akan dimunculkan di layar mungil (Cover Screen) berukuran 1,9 inci yang berada di sebelah modul kamera belakang. Selain memotret, fitur Quick Shot juga kini mendukung fitur perekaman video yang bisa langsung dilakukan melalui Cover Screen.

Layar mungil Hp Samsung Galaxy Z Flip4 terbaru ini juga sudah mendukung fitur pemotretan dengan efek bokeh pada mode Portrait dengan karakter gambar yang sangat baik. Uniknya, pengguna langsung akan melihat efek bokeh yang diterapkan oleh kamera langsung melalui Cover Screen sebelum mereka menekan tombol shutter.

Dengan begitu, pengguna bisa melihat terlebih dahulu apakah efek bokeh yang diterapkan rapi atau tidak. Dengan keberadaan Cover Screen ini, pengguna bisa langsung melihat hasil foto terlebih dahulu sebelum foto tersebut dijepret. Lalu, pengguna juga bisa langsung merekam video berkualitas tinggi melalui layar kecil tersebut.

Nah, tertarik? Sudah bersiap ingin mengganti Hp Android lamanya dengan Hp Samsung Galaxy Z Flip4 terbaru? bagi Anda yang ingin menjajal fitur FlexCam dan Quick Shot di Galaxy Z Flip4, Anda sudah bisa memesan dan membeli Hp Lipat Samsung ini langsung di situs Samsung.com.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1172 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.